Review Xiaomi Redmi 5A – Seperti telah saya “bocorkan” beberapa hari yang lalu melalui akun Instagram saya serta sebuah artikel pemanasan, kali ini saya persembahkan tulisan review Xiaomi Redmi 5A.

Xiaomi Redmi 5A ini adalah produk yang luar biasa karena harganya berani tampil beda, yaitu Rp 999.000,-

Meskipun harganya bahkan tak tembus 1 juta, Xiaomi Redmi 5A ini sama sekali tak bisa dipandang remeh dan jauh dari kesan barang murah.

 

Body

Dimulai dari body. Pertama kali membuka box kemasan Redmi 5A dan melihat dengan mata kepala sendiri penampakannya, saya berdecak kagum. Ini mah hape dua jutaan.

Ketika dipegang dan digenggam, body Redmi 5A terasa solid dan tidak licin. Dengan ukuran layar 5 inci, ponsel ini pas sekali digenggam.

Buat saya yang terbiasa menggunakan ponsel berukuran 5.5 inci, Redmi 5A jadi terasa kecil. Namun hal tersebut hanya masalah kebiasaan saja. Malahan justru nampak mungil menggemaskan.

 

Masuk ke saku baju juga jadi relatif tidak takut jatuh.

Seperti kebanyakan ponsel Android lain, tombol power dan volume Redmi 5A terletak di sisi kanan. Letak tombol-tombol ini cukup ergonomik buat saya.

Di sisi kiri terdapat dua slot kartu yang bisa digunakan untuk dua kartu SIM plus satu kartu SD. Ini adalah kelebihan yang cukup signifikan di tengah serbuan ponsel berslot SIM hybrid.

Baca Juga
Acer Aspire E11, Gantinya Tablet

Redmi 5A hanya memiliki satu kamera di belakang dan satu kamera di depan. Ya maklumlah, masa harga sejuta kurang mau minta macam-macam.

Speaker Redmi 5A terletak di bagian belakang body, bukan di bagian bawah. Di bagian bawah hanya ada lubang charger dalam bentuk port micro USB biasa, bukan USB Type C. Oh ya, di bagian bawah ini tentu saja ada lubang mikrofon.

Body Redmi 5A ini ternyata kuat juga loh, saya pernah tidak sengaja menjatuhkannya dari ketinggian sekitar 30 cm dari lantai dan ternyata tidak satu goresanpun muncul.

 

Pengalaman Pakai

Redmi 5A menyenangkan saat dipakai. Asal pengguna tahu diri dengan spesifikasi yang dimiliki oleh Redmi 5A, gak bakalan ada trouble saat digunakan.

Apa maksudnya tahu diri? Jadi gini, prosesor Redmi 5A ini adalah Snapdragon 435 RAMnya Cuma 2 GB, rada kebangetan kalau dia dituntut untuk bisa bermain game dengan mulus atau katakanlah untuk olah multimedia.

Selama saya gunakan, mayoritas penggunaannya adalah untuk komunikasi chat seperti WA dan telegram, membuka media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, serta sesekali telpon.

Baca Juga
15 Alasan Memilih Zenfone 3 Max ZC553KL

Pernah saya coba untuk membuka Youtube dan keluhannya hanyalah pada ukuran mungil layarnya. Itupun terlalu subjektif karena bisa saja buat orang lain tidak masalah.

Saat memutar video Youtube, tidak menjadi masalah bila Redmi 5A diletakkan di atas meja meskipun speakernya ada di bagian belakang body karena suaranya tetap terdengan dengan baik.

 

Hanya memang kualitas speakernya terus terang kurang begitu bagus.

Satu lagi yang saya rasakan sedikit kurang nyaman adalah sensor cahayanya. Sensor cahaya Redmi 5A kurang responsif menangkap perubahan cahaya.

Hal tersebut membuat tingkat terang layarnya seringkali terlambat mengikuti perubahaan terang saat keluar dari ruangan menuju ke tempat yang lebih terang.

 

Performa dan Baterai

Hanya menggunakan prosesor kelas entry level plus RAM yang hanya 2 GB, performa Redmi 5A tentu biasa saja. Namun seperti yang sudah saya bilang tadi, asal “tahu diri”, dijamin Redmi 5A bakal bisa melayanimu dengan baik.

Skor Antutu Redmi 5A adalah 36521. Tidak terlalu buruk, bukan?

 

Untuk pemakaian yang didominasi chatting dan browsing, bateri Redmi 5A sanggup bertahan dua hari sebelum minta diisi ulang.

Baca Juga
Xiaomi Redmi 4A, Pertama Kalinya Xiaomi Lulus TKDN

Dengan kapasitas baterai 3000 mAh (untuk memberi daya spesifikasi yang tidak terlalu tinggi), tetap saja kemampuannya bertahan selama dua hari cukup mengagumkan.

Waktu pengisian ulang baterai dari kapasitas sekitar 30% hingga penuh memakan waktu kurang lebih 2.5 jam.

 

Kamera

Redmi 5A dipersenjatai dengan dua kamera, satu di depan dan satu di belakang. Kamera belakang sebagai kamera utama memiliki resolusi 13 MP dan apperture f/2.2, spesifikasi yang sangat lumayan.

 

Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP.

Kualitas hasil foto kamera Redmi 5A tidak bisa dibilang super tapi juga tidak sekadar ada kameranya.

Silakan dilihat sendiri hasil potretnya di bawah ini.

 

Kesimpulan

Xiaomi Redmi 5A merupakan ponsel yang cocok digunakan oleh mereka yang butuh komunikasi, baik dalam bentuk chat maupun telpon, serta bonus media sosial.

Baterainya yang cukup irit membuatnya bisa diandalkan saat sewaktu-waktu kita butuh berkomunikasi.

 

Rating

Performa
Desain
Baterai
Kelengkapan
Fotografi
Skor Total 3.6

 

Catatan: Harga Redmi 5A Rp999.000,- adalah harga pada saat flash sale Lazada

Follow me on social media:

6 Comments

deddyhuang.com · 23/01/2018 at 3:19 pm

Wah kamu menjatuhkan unit review om, untung gak lecet.

Aqied · 24/01/2018 at 12:47 pm

Kurang lebihnya hampir mirip mirip 4A lah ya. Tapi lebih murah. Hehe.

Eddy Fahmi · 24/01/2018 at 11:22 pm

Software bawaan pabrik banyak nggak oom? Saya agak benci samsung karena banyak bloatware yg minta diroot dulu supaya bisa uninstall.

Yurmawita · 25/01/2018 at 9:06 am

Harganya mupeng deh, aku termasuk penggemar xiaomi deh karena kamera yg bagus.

Tanjungbungo · 27/01/2018 at 6:30 am

Keren dengan harga yg cukup murah, kunbal ya

matriphe! personal blog · 02/02/2018 at 9:27 am

Mencoba Xiaomi Redmi 5A

Mencoba Xiaomi Redmi 5A, ponsel entry level seharga Rp 999.000 terbaik dari Xiaomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.