5 Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Beli Redmi 5A – Xiaomi bikin gebrakan lagi. Kali ini mereka memproduksi sebuah ponsel yang memiliki harga ajaib, di bawah satu juta rupiah, tepatnya Rp 999.000,-

Segera saja ponsel ini menjadi primadona karena banyak sekali orang yang berminat. Maklum, meski murah, tapi kualitasnya jauh dari murahan. Reviewnya menyusul ya, dalam waktu dekat pasti saya tulis.

Kali ini, sebelum menulis review, sebagai “makanan pembuka” saya akan menulis tentang 5 hal yang perlu dilakukan setelah beli Redmi 5A.

Ingat, yang saya tulis adalah “perlu”, bukan “wajib”, jadi kalau kamu tidak merasa perlu, ya tidak apa-apa juga sih. Cuma memang biasanya hal-hal ini bakal segera dilakukan oleh para pemilik Redmi 5A.

Apa saja itu?

1. Pasang Anti Gores atau Tempered Glass

Xiaomi Redmi 5A hadir tanpa perlindungan Gorilla Glass. Meskipun bukan Gorilla Glass, namun sebenarnya layar Redmi 5A ini sudah cukup tahan terhadap goresan.

Ya tapi bagi sebagian orang, tidak adanya Gorilla Glass ini mengkhawatirkan. Jadi kalau kamu termasuk yang rada-rada paranoid terhadap keselamatan layar Redmi 5A milikmu, boleh saja memasang lapisan anti gores atau tempered glass.

Baca Juga
Mau Kuliah? Install Kooliah Dulu

Yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa lapisan anti gores atau tempered glass tersebut memang didesain untuk Redmi 5A. Jika tidak, ada kalanya lapisan tambahan tersebut justru mengganggu kinerja ponsel.

Hal yang umum terjadi apabila lapisan tambahan tersebut tidak benar-benar cocok adalah rotasi layar yang macet atau layar ponsel blank saat menelepon dan tidak bisa nyala sendiri secara otomatis.

 

2. Tampilkan Persentase Baterai

Notifikasi baterai yang ada di Redmi 5A (dan juga kebanyakan ponsel Xiaomi lainnya) ditampilkan berupa sebuah bar tanpa adanya angka persentase.

Jika hanya mengandalkan tanda bar saja, seringkali agak sulit “menebak” sebenarnya masih ada berapa kapasitas baterainya.

Untuk itu, saya pikir nilai persentase baterai perlu untuk ditampilkan saja.

Cara menampilkan angka persentase baterai tersebut relatif mudah. Buka Settings > Notifications & status bar > Battery indicator. Pilih Percentage dan angka persentase baterai akan segera muncul di kanan atas.

Baca Juga
Selamat Tinggal, Lumia 950

 

3. Aktifkan Double Tap to Wake

Xiaomi Redmi 5A tidak memiliki sensor sidik jari. Ya rada kebangetan sih kalau protes, orang harganya aja gak sampai sejuta.

Nah, berhubung tidak ada sensor sidik jari, maka tombol power akan sangat diandalkan untuk membuka layar.

Untuk mengurangi beban tombol power, sebaiknya feature double tap to wake diaktifkan. Jadi untuk membuka layar, kamu tinggal mengetuk layar dua kali secara cepat di titik yang sama.

Cara mengaktifkan double tap to wake adalah dengan masuk ke Settings > Display, lalu aktifkan opsi Double tap screen to wake.

 

4. Aktifkan Pengaman Lock Screen

Pengaman lock screen adalah pola, PIN, atau password yang harus dimasukkan sebelum layar dapat dibuka dan dioperasikan.

Umumnya, pada saat setting awal sudah ada permintaan dari MIUI untuk mengaktifkan pengaman ini. Namun seringkali pada saat setting awal hal ini kurang diperhatikan atau bisa jadi setting awal bukan kita sendiri yang melakukannya.

Jika pengaman lock screen belum aktif, ada baiknya segera diaktifkan. Selain menjaga agar layar ponselmu tidak mudah dibuka oleh orang lain, juga mengurangi potensi terbuka secara tidak sengaja saat ditaruh di saku atau di tas.

Baca Juga
Review Huawei P9 Lite

Cara mengaktifkan pengaman lock screen adalah dengan masuk ke Settings > Lock screen & password > Set Screen Lock > Turn on Lock screen password, kemudian pilih salah satu dari Pattern (pola), PIN, atau Password.

Saran saya, gunakan PIN saja. Pattern terlalu mudah dibaca oleh orang lain, sedangkan Password akan menyusahkan kamu sendiri saat hendak membuka layar ponsel.

 

5. Cek Update

Xiaomi termasuk produsen ponsel yang relatif rajin memberikan update terhadap produknya. Untuk itu, setelah melakukan pembelian dan mengaktifkan Redmi 5A, tak ada salahnya untuk memeriksa apakah ada update tersedia.

Caranya adalah dengan mengaktifkan aplikasi Updater dan sistem akan memeriksa apakah tersedia update. Jika ada, maka disarankan untuk segera diunduh dan diterapkan.

 

Selamat menikmati Xiaomi Redmi 5A

Follow me on social media:

8 Comments

deddyhuang.com · 11/01/2018 at 10:51 am

Kayaknya disemua hape baru juga dilakukan hal yang sama 😁 gak hanya xiaomi aja om, misal aku dapat hape review pun juga gitu.

Eh tapi aku belum pernah review xiaomi om yahya, moga nanti kesampaian buat review juga.

jacobian cool · 11/01/2018 at 11:06 am

beli dimana ya redmi semurah itu?

didut · 11/01/2018 at 3:27 pm

Aku malah baru tau kalo sidik jari itu penting buat banyak orang. Aku pake Mi 6 malah gak pernah pake fiturnya, males hahahahahaha.

Slamet Riyadi · 11/01/2018 at 3:48 pm

Jangan lupa dikasih TPU case super thin, om. Kayanya perlu juga ditambahkan
Selain prosentase baterai, keluarin juga data speednya. biar ketahuan koneksinya

hengky nong · 12/01/2018 at 11:50 pm

Mat malam om yahya..
Aku mau nanya agak melenceng dr dikit dr yg d ulas, hehehe
Aku makr senfone asus 2 yg ram 4 gb, baru2 ini aku uninstal (updatetannya FB bawaan Hp, trus aku coba update lagi malah nga mau ke update lg om..
Ada solusi om ?

YAHONSU · 19/01/2018 at 3:01 pm

hebat om yahya beli hp baru lagi ….

dyan · 22/02/2018 at 5:38 pm

Mantap, dapat flashsale 999rb Lazada, kalo di BL rata2 dijual 1,3jt thanks infonya..

dedee · 19/04/2018 at 10:40 pm

Nah point ke 4 kelewat.. Soalnya yg ngaktifin pertama bukan ane 😭 kang konternya ampe lama entah ngapain mencet apa gatau hhhh..
Point ke 5 udah ku cek tuh ada update.. Terus ada tulisan stabil 500an mb.. Itu size file updatenya kah? 🤔 besar juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.