Review Acer Liquid Z320

Beberapa hari yang lalu saya sudah memberikan kesan awal saya terhadap Acer Liquid Z320. Sekarang, setelah beberapa hari menggunakannya, saya pikir sudah saatnya memberikan review yang lebih dalam.

Langsung saja ya biar gak kepanjangan.

 

Body

Mulai dari body terlebih dulu. Bentuk body Acer Liquid Z320 sangat manis, dengan lengkungan di keempat sudutnya serta frame tipis yang mengelilinginya. Speaker, baik speaker phone maupun speaker untuk sound, dibuat dengan desain bundar, menyaru dengan bentuk lensa kamera yang juga bundar.

Cover belakang memiliki motif garis-garis horisontal yang menambah kesan premium. Membuka cover belakang untuk keperluan pemasangan baterai dan kartu SIM (plus SD Card bila ada) juga relatif mudah.

Tombol power berada di bagian atas kiri dan tombol volume ada di samping kanan.

Layar belum dilengkapi dengan Gorilla Glass sehingga Anda mesti menggunakan anti gores supaya merasa lebih aman.

Acer Liquid Z320

Acer Liquid Z320

 

Penggunaan

Dengan dimensi tinggi x lebar x tebal adalah 136 x 66.5 x 9.6 mm serta bobot 142 g, Acer Liquid Z320 sangat nyaman digenggam dengan satu tangan saja. Hanya saja, bila tangan yang digunakan untuk mengoperasikan adalah tangan kiri, tombol power jadi jauh dari jari telunjuk sehingga untuk menekannya, jari telunjuk harus bergerak jauh ke kiri.

Layar sentuhnya cukup nyaman dioperasikan, namun terasa sensitivitasnya agak sedikit kurang. Bagi mereka yang sangat peka, mungkin akan terasa ada lag sedikit saat melakukan scrolling. Keyboard virtualnya relatif kurang nyaman digunakan karena kecil-kecil, apalagi bagi mereka yang jarinya jempol semua.

Namun jangan khawatir, semuanya terbayar dengan tampilan layar yang ciamik. Di tempat terangpun layar Acer Liquid Z320 cukup nyaman dilihat.

Acer Liquid Z320 dilengkapi dengan LED notifikasi yang akan menyala apabila ada notifikasi, misalnya ada pesan baru di Facebook, mention twitter, saat berada dalam keadaan dicharge, dan lain-lain.

Jika digunakan untuk melakukan panggilan, Acer Liquid Z320 ini akan bergetar jika pihak yang dipanggil mengangkat telponnya.

Bagaimana dengan panas yang ditimbulkan? Sepanjang sinyal operator atau WiFi bagus, Acer Liquid Z320 tidak akan menimbulkan panas berlebih. Oh ya, meski RAM-nya hanya 1 GB, Acer Liquid Z320 termasuk gegas jika digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi standar seperti aplikasi untuk chatting, browsing, dan media sosial.

 

Baterai

Kekuatan baterai yang memasok daya bagi Acer Liquid Z320 adalah 2000 mAh dan sangat cukup untuk penggunaan normal. Sejauh ini, Acer Liquid Z320 saya gunakan untuk chatting, browsing, media sosial (Twitter dan Facebook), dan sesekali melakukan panggilan telpon, baterai mampu bertahan hingga 24 jam sebelum akhirnya minta dicharge. Walaupun saya akui frekuensinya tidak terlalu intensif karena saya memiliki ponsel lain yang lebih sering digunakan.

Bila baterai habis (atau mendekati habis), waktu yang dibutuhkan untuk isi ulang adalah sekitar 90-120 menit.

 

Audio

Penggemar musik pastilah akan puas bila menggunakan Acer Liquid Z320. Dengan feature DTS Studio Sound, suara musik yang dihasilkan sangat jernih dan bisa diatur bass, treble, serta equalizer-nya.

 

Acer Liquid Z320

Kamera

Acer Liquid Z320 telah diperlengkapi dengan kamera depan dan belakang. Barangkali untuk menekan harga, kamera belakang hanya memiliki resolusi 5 MP, 2592 х 1944 pixel, sedangkan kamera depannya 2 MP. Namun ternyata hasilnya tidak boleh diremehkan. Berikut adalah beberapa contoh foto yang diambil dengan Acer Liquid Z320.

Acer Liquid Z320

Acer Liquid Z320

Acer Liquid Z320

Satu keunikan yang dimiliki oleh Acer Liquid Z320 adalah, aplikasi kameranya mendukung perintah suara. Jadi dengan mengatakan “capture” atau “cheese”, maka proses pengambilan gambar akan dilakukan. Pemindahan posisi kamera ke depan atau belakang juga bisa dilakukan dengan mengatakan “rear camera” atau “front camera”.

Hanya saja saat saya mencoba fitur ini, gagal total karena rupanya logat saya sangat kental jawanya. *keplak diri sendiri

 

Benchmark

Hasil benchmark terhadap Acer Liquid Z320 menggunakan Antutu adalah sebagai berikut:

Antutu Acer Liquid Z320

Antutu Acer Liquid Z320

 

Kesimpulan

Ponsel ini melebihi ekspektasi saya untuk soal audio dan tampilan layarnya. Yang menjadi sedikit pengganjal adalah ukuran layarnya yang “hanya” 4.5 inch sehingga kurang maksimal saat digunakan untuk mengetik. Selain ruang tersita untuk keyboard, keyboardnya itu sendiri juga kecil-kecil. Namun untunglah hal tersebut tidak terlalu vital dan hanya butuh sedikit waktu saja untuk menyesuaikan diri.

Jadi bila Anda memiliki dana di bawah 1.5 juta Rupiah, bolehlah Acer Liquid Z320 ini dilirik.

Follow me on social media:

Similar Posts

50 Comments

  1. Pingback: matriphe!
  2. Sebetulnya sayang Acer gak bernai masuk kancah smartphone premium, padahal hampir semua pemain besar masuk ke premium.

    1. Iya cuma sekitar 2 jam, ya memang gak persis 120 menit, bisa 135 menit, tapi yang jelas gak sampai 3 jam

  3. Om Yahya, di Z320, bisakah kita ngasih background untuk menu pesan? Tanpa harus ke SCnya

    1. Maksudnya ini gambar background untuk SMS ya? Coba ketuk gambar tiga titik, biasanya di kanan atas, trus cari menu settings > personalize > background (atau semacam itu). Di situ ada menu untuk menambahkan gambar latar belakang

      1. Iya, Om, background utk SMS. Sy lihat di fanpage acer, ada pengguna ponsel ni yg tak menemukan pengaturan gambar utk SMS & malah disuruh ke SC.
        Om, utk nyala led motif.nya terang, kan?

  4. om yahya, katannya layarnya seperti tenggelam, jauh dari kaca ya.
    itu ngaruh bgt gak ya buat kenyamanan pemakaian?

    1. Saya kok gak merasa seperti itu ya?
      Sensitivitasnya memang sedikit kurang saat disentuh tapi gak gitu2 amat kok.

    1. Mengatur apanya ya?
      Kalau warna kemungkinan besar tidak bisa karena sudah bawaan pabrik.
      Setingan led notif biasanya diatur dari masing2 apps

  5. Mas kenapa ya speaker belakang gak bunyi tpi speaker depan bunyi ?? Mohon kasih jawaban ny

  6. Kok saya pskai baru pemakaian setelsh dicharge ke 2 satu jam batre udah berkurang 20%. Dua jam 40%

  7. Maaf Kok saya pskai baru pemakaian setelsh dicharge ke 2 satu jam batre udah berkurang 20%. Dua jam 40%

    1. Sepertinya agak boros. Tapi pemakaiannya gimana? Kalau terus-menerus internetan ya wajar

  8. Misi om yahya, saya pengguna z320 juga
    mau tanya nih.
    1. Kalau mau pikih ringtone sms/telefon/alarm kan disediakan pilihan More Ringtone, tapi saya punya kalao di klik More Ringtonenya tidak ada perubahan (tidak bisa pilih ringtone dari sd card atau lagu download an), pertanyaan saya apa z320 om yahya juga begitu ?
    2. Notifikasi sosmed seperti line, snapchat suka tidak muncul, baru muncul ketika kita buka aplikasi tsb. Apakah z320 om yahya juga begitu ?
    3. Jika Lumiflex di z320 saya diaktifkan, akan sering terjadi perubahan warna (flashing) ketika sedang melihat gambar. Apakah z320 om yahya juga demikian ?

    Mohon tanggapannya om yahya, terima kasih
    Ditunggu balasannya 😉
    Salam Acer !

    1. Mas Gregorius, kebetulan saat ini saya tidak lagi pegang Z320 tapi ada teman saya yg pakai, coba saya tanyakan ke dia dulu ya

  9. gan, saya rencana beli hp z320 itu buat adik saya, itu Touchscreennya support berapa point multitouch???

    trus ScreenOnnya klo dipakai gaming tahan berapa lama???
    tolong dibalas gan..Thanks Before… ^_^

    1. wah, kalau spek semacam ini saya juga gak hafal, biasanya juga cuma googling (lol)
      maafkan saya

  10. saya mau ganti gembok layar dari pola ke tidak ada . tapi kok gabisa ya ? mohon bantuannya ya .

    1. Kebetulan saya sudah tidak pegang Z320. Tapi biasanya dicari di Settings > Lock Screen > Screen lock, pilih None

  11. Malem om yahya
    Saya mau nanya bagaimana cara memindahkan poto atau video dari internal ke eksternal di hp acer liquid tipe z320
    Mohon jawabannya
    Terima kasih

    1. Coba gunakan aplikasi file explorer, lalu pindahkan seperti halnya copy-paste biasa di komputer

  12. mas mao nanya, hp saya acer z320, knapa ya pas buka galeri atau kamera, brightness layar suka terang sendiri? dan satu lagi, kadang kadang klo pake hp pas buka bbm, line atau apalah layar suka kedip kedip sendiri?

    1. Brightness-nya diset auto atau tidak?
      Kalau tidak diset auto dan tetap seperti itu, sebaiknya ditanyakan ke service center. Termasuk tanyakan soal kedip2nya

  13. Om sya pengguna acer z320.
    Tolong informsinya dong.kok acer saya kalo app sosmed (whatsapp,line,bbm)ga dibuka dlu,pesan ga bisa masuk.jadi app nya di buka dulu baru pesan chat pada masuk. Yg paling parah app line.kalo WA sama BBM kada masih mau jalan sendiri. Mohon informasinya om

    1. Coba update firmwarenya.
      Trus coba cek permisson aplikasi tsb, apakah diijinkan running in background atau tidak.

  14. Saya juga pengguna acer z320 mau nanya, saat saya menyimpan hasil download kenapa tidak bisa langsung di simpan di kartu sd mohon bantuannya dong!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.