Review Acer Liquid Z330, Ponsel Mungil Nan Cantik

Satu hape lagi mampir ke “meja redaksi” BOY, yaitu Acer Liquid Z330, sebuah hape mungil nan cantik dari Acer. Acer sepertinya masih tetap setia menyasar pasar entry level dengan prinsip value for the money. Ponsel cantik ini adalah penyempurnaan dari seri Acer Liquid Z320 yang kebetulan juga pernah diulas di sini. Berikut review Acer Liquid Z330 tersebut.

Design

Dari sisi body, tak ada perbedaan mendasar antara Acer Liquid Z320 dengan Acer Liquid Z330. Keduanya memiliki dimensi sama persis, yaitu 136.00 mm x 66.50 mm x 9.60 mm. Bobotnya pun sama, 142 gram. Jadi kalau kebetulan ada orang serumah yang memiliki baik Acer Liquid Z320 dan Acer Liquid Z330, awas hati-hati jangan sampai tertukar.

Acer Liquid Z330

Keunggulan dari dimensi body yang menampung layar 4.5 inci ini adalah kenyamanan digenggam, terasa pas saat dioperasikan, bahkan saat dioperasikan dengan hanya satu tangan. Tata letak tombol Acer Liquid Z330 ini lebih bersahabat dengan tangan kanan. Letak tombol power di atas kiri jadi lebih mudah dijangkau dengan jari telunjuk dan tombol volume di sisi kanan mudah dijangkau dengan jempol.

Dilihat dari belakang, speaker yang berbentuk bulat dan terletak di bawah memberi efek kamuflase, seolah kameranya ada dua.

Acer Liquid Z330

Yang mempercantik tampilan Acer Liquid Z330 ini adalah “sabuk” silver yang mengelilingi tepian body dan cover belakang yang memiliki corak garis-garis horisontal.

Acer Liquid Z330

Acer Liquid Z330 juga dilengkapi dengan LED notifikasi yang akan menyala apabila ada notifikasi, misalnya saat ada pesan baru di Facebook, ada mention Twitter, saat berada dalam keadaan dicharge, dan lain-lain.

 

Layar

Acer Liquid Z330 memiliki layar berukuran 4.5 inci dan resolusi 480 x 854 pixel. Resolusi yang cukup ideal untuk ukuran layar 4.5 inci. Tingkat keterbacaan dan kecerahannya juga baik karena mengusung teknologi IPS Wide View angle with BluelightShield. Namun untuk bisa nyaman digunakan outdoor, setidaknya pasanglah tingkat kecerahan pada angka 50%.

Hanya saja sejauh informasi yang saya dapat, layarnya belum dilapisi oleh Gorilla Glass. Jadi sepertinya pengguna Acer Liquid Z330 kudu memasang anti gores supaya lebih merasa aman dalam menggunakannya.

Yang menyenangkan, layar Acer Liquid Z330 responsif saat dioperasikan. Kesan yang saya dapat ini jauh lebih baik ketimbang kesan yang saya dapat saat mencoba generasi sebelumnya, Acer Liquid Z320.

 

Multimedia

Kemampuan multimedia Acer Liquid Z330 benar-benar membuat jaw drop. Saat digunakan untuk memutar video, hmmm okay dari sisi visual memang biasa saja mengingat ukuran layar dan resolusi, namun suara yang dihasilkannya sangat baik. Semua berkat teknologi DTS Studio Sound yang disematkan pada ponsel mungil nan cantik ini. Apalagi jika earphone-nya dipasang.

Jika Anda suka mendengarkan musik, Acer Liquid Z330 ini cocok digunakan sebagai pengganti MP3 player. Yang sedikit mengganjal barangkali adalah ruang simpannya yang hanya 8 GB, namun tak perlu khawatir karena tersedia slot kartu MicroSD yang siap memperluas ruang simpan hingga 32 GB.

 

Kamera

Kedua kamera yang disematkan pada Acer Liquid Z330 memiliki resolusi 5 MP. Kamera depannya lebih baik ketimbang generasi sebelumnya, Liquid Z320 yang hanya 2 MP. Acer melengkapi kamera di ponsel ini dengan teknologi Brigth Magic yang menjamin hasil tangkapan kamera lebih terang, bahkan di kondisi minim cahaya sekalipun.

Baik kamera depan maupun belakang, memberikan kinerja yang sama baik. Ditambah beberapa fitur pendukung yang membuat pengalaman berfoto via ponsel makin seru, seperti Sound Shutter, dan mode Presentasi yang berguna untuk mengambil foto untuk presentasi. Selain fitur, ada empat pilihan scene, yaitu pemandangan, mode malam, dan mode portrait standard.

Kamera Acer Liquid Z330 ini juga didukung kemampuan perintah suara. Jadi dengan mengucapkan “capture” atau “cheese”, kamera akan mengambil gambar. Hanya perhatikan logatnya ya, pastikan benar-benar berbunyi capture atau cheese layaknya pada Bahasa Inggris. (lol)

Kamera pada Acer Liquid Z330 juga dilengkapi beberapa efek gambar, sehingga kita bisa lebih berkreasi dengan filter foto yang lebih bervariasi, seperti sepia, B&W, negative (klise fil seluloid) dan lainnya.

Berikut beberapa contoh foto yang diambil dengan Acer Liquid Z330.

Acer Liquid Z330

Acer Liquid Z330

 

Koneksi

Perbedaan paling signifikan antara Acer Liquid Z320 dan Z330 adalah soal koneksi. Acer Liquid Z330 telah mendukung koneksi 4G LTE, sedangkan Z320 mampu maksimal hingga HSDPA. Tentu saja untuk memanfaatkan koneksi 4G LTE ini, Anda harus menggunakan operator yang sudah mendukungnya.

Berikut hasil tes kecepatan salah satu operator seluler yang dilakukan dengan Acer Liquid Z330.

Acer Liquid Z330

 

Baterai

Koneksi yang lebih cepat sudah pasti kudu dibayar dengan konsumsi baterai yang lebih banyak. Jadi dengan kapasitas baterai 2000 mAh, Acer Liquid Z330 mungkin akan terasa boros. Namun jangan khawatir, untuk penggunaan normal, Acer Liquid Z330 masih sanggup digunakan untuk pemakaian normal seharian penuh.

 

Performa

Acer Liquid Z330 dibekali RAM 1 GB namun cukup mumpuni untuk mengerjarkan tugas-tugas harian. Hasil benchmark yang diberikan oleh Antutu adalah 20463, lebih unggul dari Acer Liquid Z320 di angka 17348.

Acer Liquid Z330

Acer Liquid Z330 dapat mudah ditemukan di berbagai gerai-gerai handphone seluruh Indonesia maupun online store dengan harga sekitar Rp 1 jutaan. Jika berminat, saat ini Acer sudah memiliki official e-store di Bhinneka.com, bisa kunjungi Acer e-Store di sini.

Follow me on social media:

Similar Posts

12 Comments

  1. Kang kalau jenis SIM nya micro dua-duanya? Terus kedua slot SIM nya ready 4G semua?

    Thanks.

    1. Iya micro-SIM keduanya.
      Soal 4G ready untuk SIM kedua, terus terang saya belum sempat mencoba, cuma sih kalo baca2 speknya, harusnya bisa

  2. Bagaimana hsil video kamera depan acer? gelap gak? sy pernah pakek acer tapi dipakek videocallan gelap banget.

    1. Saya sudah agak lama gak pegang hapenya, jadi agak lupa.
      Cuma seingat saya memang agak gelap

    1. Setahu saya untuk membuat animasi GIF itu levelnya di software, jadi dengan menginstal software yg tepat, harusnya sih bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.