|

Menyibak Kemampuan Audio dan Kamera Asus Zenfone 5

Di tulisan sebelumnya saya sudah memberikan gambaran mengenai penampakan dan fitur dasar Zenfone 5. Satu hal yang belum sempat saya singgung adalah kemampuan multimedianya, khususnya dua hal yang bakal paling sering digunakan oleh penggunanya, yaitu audio dan kamera.

Sebelumnya, saya ingin menambahkan sedikit info bahwa layar bening Zenfone 5 ternyata nyaman dipakai di tempat terang. Saya menggunakan automatic brightness dan fitur itu cukup cerdas menyesuaikan diri dengan lokasi. Saat di tempat yang terang, brightness-nya cukup β€œkuat” sehingga nyaman untuk digunakan.

Laju kecepatan download/upload yang diuji dengan aplikasi Speedtest juga cukup mengagumkan, relatif jauh meninggalkan beberapa ponsel cerdas kompetitornya.

OK, mari kembali ke pokok bahasan, soal audio dan kamera Asus Zenfone 5 ini. Oh ya, ada beberapa contoh foto yang saya tampilkan pada post ini, jadi mungkin rada berat. (upss) Tapi tenang, udah diresize kok fotonya.


Untuk audionya, Zenfone 5 diperlengkapi dengan Asus SonicMaster. Teknologi SonicMaster ini dikembangkan oleh ahli audio Asus bekerja sama dengan Bang&Olufsen dan memberikan kualitas suara yang jernih, jangkauan frekuensi luas, suara vokal dan bass yang jelas. Aplikasi pemutar musiknya juga sudah diperlengkapi equalizer pula.

Jangan lupa, di Zenfone 5 ini juga ada aplikasi Radio FM nya. Tinggal colok earphone, maka aplikasi ini bisa digunakan. Earphone hanya dibutuhkan untuk memutar Radio, sedangkan untuk memutar musik tidak harus menggunakan earphone.

Nah, sekarang, inilah yang ditunggu-tunggu. Soal kameranya.

Asus Zenfone 5 menggunakan teknologi PixelMaster Camera yang mengkombinasikan penggabungan pixel dan algoritma optimasi gambar yang mampu meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya dan mengurangi noise. Sayang sekali tidak ada tombol shutter fisik. Tombol di bagian samping Zenfone 5 hanyalah tombol power dan volume up/down.

Foto yang diambil selain bisa disimpan di lokasi penyimpanan “lokal”, bisa juga diunggah ke Asus WebStorage. Pembeli Zenfone akan mendapatkan ruang gratis sebesar 5 GB, berlaku seumur hidup.

Untuk keperluan pengambilan gambar, kamera Zenfone 5 diperlengkapi dengan berbagai aplikasi dan efek, di antaranya adalah Time Rewind, Smart Remove, Beautification, Selfie, dan Low Light Mode. Beberapa aplikasi yang tersedia mungkin tidaklah terlalu istimewa karena beberapa ponsel cerdas lain juga memilikinya. Namun satu keunggulan Zenfone 5 adalah pada Low Light Mode yang bisa mengambil gambar dalam kegelapan dengan memberikan hasil 400% lebih terang.

Bagi yang penasaran dengan Low Light Mode ini, berikut adalah beberapa contohnya.

Mode Auto dan menggunakan Flash
Mode Auto dan menggunakan Flash
Mode Auto tanpa menggunakan flash
Mode Auto tanpa menggunakan flash
Menggunakan mode Low Light dan menggunakan Flash
Menggunakan mode Low Light dan menggunakan Flash
Menggunakan mode Low Light tanpa flash
Menggunakan mode Low Light tanpa flash

Sebagai pembanding, saya sertakan foto yang diambil dengan Nokia Lumia 520 dan Canon IXUS 80 IS. Nokia Lumia 520 tidak memiliki flash light sedangkan foto yang diambil dengan IXUS tanpa flash hanya memberikan warna hitam saja.

Foto diambil dengan Nokia Lumia 520
Foto diambil dengan Nokia Lumia 520
Foto diambil dengan Canon IXUS 80 IS
Foto diambil dengan Canon IXUS 80 IS
Follow me on social media:

Similar Posts

450 Comments

      1. om hasil kamera zenfone 5 kalo di perbesar ko kaya ada semut semut gtu seperti pecah
        itu gmn om?

        1. Ini memang suka dikeluhkan beberapa pengguna Zf yg lain. Coba update ke firmware terbaru.

          1. updatenya d sistem update itu ya??
            tadi ada pemberitahuan suruh update apk bawaan zenui..apkah lbih baik d update??

          2. Om. Sory melenceng. Ini aku punya keluhan menegenai contak telepon. Kadang kok munculnya lama banget ya? Padahal itu nomor tlp nya udah saya pindah ke sim semua. Mohon bantuanya om

        1. Ya seperti Android pada umumnya. Gampang kok.
          Kekurangannya apa ya? Lihat aja yg paling banyak mengeluh di sini (lmao)
          Yg paling banyak komplain itu baterai boros. Lha saya heran, wong saya pake bisa 12 jam kadang lebih kok

          1. Coba setingannya, apakah memang no flash? Kalau sudah auto atau always on flashnya tapi tetap gak mau nyala, ya bawa ke service centre

          2. download pakek 3g langsung cepet berkurang om…ni baru beli kemaren…kalau hp baru di cas berapa jam dulu ya om?
            Terimakasih

          3. Kalau pake 3G tergantung kestabilan sinyalnya. Kalau ngecharge hape secukupnya saja, begitu penuh cabut, berlaku baik hape masih baru atau sudah berkali-kali dicharge

        2. Knp kamera zf5ku tdk mau mengambil gambar n warna layarx hitam aja gimana cara kembali’innya?

      2. Kok saya coba jepret di dalam ruangan terang hasilnya kurang memuaskan ya? Hasilnya banyak bintik2nya tidak bening seperti yg agan share. Ada pengaturan tambahan atau gmna? Jujur saya kurang puas sama performa d kameranya

        1. Wah, saya juga tidak bisa menjawab ini.
          Faktornya banyak dan terus terang saya sendiri tidak terlalu ngerti soal kamera.
          Mungkin cuma perlu diatur setingannya saja

  1. udah bisa dikai GPS blm sih ya??? masih ragu mau beli klo blm jelas ada GPS. jawab dunk..mksih ya

  2. om yahya… minta saran nih..antara z5 dgn moto g lebih bagus mna?
    penggunaan sering sosmed,brwsing, dan kamera?