Mengenal Lebih Dekat Advan S6 – Advan merupakan salah satu produsen ponsel yang berasal dari Indonesia. Bisa jadi memang komponen-komponennya bukan semua berasal dari Indonesia tapi hal tersebut harusnya tidak dipermasalahkan.

Brand smartphone besar seperti Apple atau Samsung juga seringkali memiliki pabrik di negara lain, misalnya Tiongkok. Bahkan Apple juga menggunakan komponen buatan Samsung, brand yang notabene kompetitornya.

Nah, kembali ke Advan tadi, belum lama ini mereka menelurkan sebuah produk baru yaitu Advan S6, bersamaan dengan Advan S50 4G Unlimited.

Advan selalu konsisten dengan produk-produknya yang menyasar pasar low end, memberikan opsi smartphone berkualitas bagi mereka yang memiliki dana relatif terbatas.

Advan S6 pun juga demikian. Harga barunya tidak mencapai satu juta Rupiah, cukup Rp870.000 saja.

Walau harganya relatif cukup murah, tidak berarti Advan abai terhadap kualitas dan spesifikasinya.

Nah, mari kita mengenal spesifikasi Advan S6 tersebut.

Prosesor

Sebagai jantung komputasi, Advan S6 menggunakan chipset Spreadtrum – SPM6424 – 21, dengan CPU SC9850KL 1.3G Quad-Core@28nm Cortex A7 dan GPU Mali-T820.

Kinerja prosesor tersebut dibantu oleh RAM dengan kapasitas 1 GB.

Baca Juga
Inilah Wujud Zenfone 5 2018

Ingat, smartphone ini merupakan produk low end, jadi penggunaan prosesor dan RAM tersebut di atas sudah cukup mumpuni.

Setidaknya jika hanya digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti chatting, browsing, nonton video YouTube, serta berinteraksi di media sosial, Advan S6 mampu untuk melayaninya. Apalagi Advan S6 sudah mendukung koneksi 4G.

Advan S6

 

Layar

Advan S6 hadir dengan rasio layar kekinian, yaitu 18:9. Mengapa tidak ditulis dengan 2:1 saja? Ya sebenarnya tidak masalah jika ingin ditulis 2:1, tapi penulisan 18:9 lebih lazim karena seragam dengan opsi rasio layar yang lain seperti 16:9, 19:9, dan lain-lain.

Resolusi layar Advan S6 adalah 960 x 480 dan ukuran diagonal layarnya adalah 5,34 inci.

Teknologi layar yang digunakan adalah IPS LCD dan bagian tepi layarnya sedikit melengkung sehingga bisa disebut layarnya memiliki bentuk 2.5D.

 

Body

Advan S6 tampil cantik dengan body crystal. Layarnya belum mengadopsi desain kekinian yang menggunakan poni, melainkan masih bertahan dengan model lama yang memiliki bezel tipis di kiri-kanan tapi tebal di bagian atas bawah.

Di bagian belakang terdapat lensa kamera yang dibingkai menjadi satu dengan lampu flash sehingga desainnya semakin cantik.

Baca Juga
Review Acer Liquid Z330, Ponsel Mungil Nan Cantik

Sensor sidik jari terletak di punggung dengan model bulat sehingga sesuai dengan desain keseluruhan.

Body Advan memiliki dimensi tinggi 151.5mm, lebar 73.9mm, dan ketebalan 8.9 mm. Bobotnya adalah 166 gram.

Dengan demikian, Advan S6 relatif nyaman berada dalam genggaman maupun dimasukkan ke dalam saku baju.

Advan S6

 

Kamera

Tidak ada smartphone modern yang tidak dilengkapi dengan kamera, termasuk smartphone low end sekalipun.

Advan S6 memiliki dua buah kamera, satu di depan dan satu di belakang.

Kamera belakang yang merupakan kamera utama memiliki resolusi 5 MP, bukaan f/2.2, sertai memiliki auto focus. Sensor kameranya menggunakan GC5025.

Sedangkan kamera selfie menggunakan resolusi 2 MP dan bukaan f/2.2. Lumayanlah buat selfie maupun untuk melakukan video call. Sensor kameranya menggunakan GC2385.

Dari kedua kamera tersebut, hanya kamera belakang saja yang memiliki lampu flash.

Oh ya sebelum lupa, kamera belakang mampu digunakan untuk mengambil video dengan resolusi 1080p@30fps.

 

Ruang Simpan

Advan S6 dilengkapi dengan ruang simpan sebesar 8 GB. Seandainya kurang, ruang simpan ini bisa ditambah hingga 32 GB menggunakan kartu memori SD.

Baca Juga
5 Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Redmi Note 5

Sedikit disayangkan, Advan S6 menggakan tray SIM model hybrid, itu berarti jika kamu menggunakan kartu memori SD, kamu tidak bisa menggunakan dua kartu SIM, hanya satu saja.

 

Baterai

Baterai yang memberi daya pada Advan S6 memiliki kapasitas 2200 mAh. Menilik spesifikasi Advan S6, kemungkinan besar baterai tersebut akan cukup untuk memberi daya selama sehari sepanjang digunakan dengan normal.

Baterai Advan S6 ini bisa dilepas, sehingga kalaupun toh sampai terjadi kerusakan, baterainya bisa dengan mudah dilepas dan diganti baru.

Pengguna tertentu juga menyukai baterai yang bisa dilepas karena mereka bisa menggunakan dua baterai atau lebih, saat sebuah baterai sedang diisi ulang, maka dia bisa menggunakan baterai yang lain.

Advan S6

 

Kesimpulan

Menilik harganya, memang nampak sekali jika Advan S6 ini diposisikan sebagai smartphone low end, jadi tentunya tidak boleh dituntut berlebihan, misalnya untuk bermain game yang membutuhkan sumber daya lumayan berat.

Dengan menilik pada spesifikasinya, Advan S6 sudah relatif cukup mumpuni pada kelasnya.

Follow me on social media:
Categories: Gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.