Trik Jeli Memilih Laptop – Dari tahun ke tahun, perkembangan laptop baru selalu menunjukkan tren yang positif walaupun tidak meningkat dengan tajam. Dalam memilih laptop terbaru, umumnya seseorang memilih dengan pertimbangan spesifikasi prosesor dan memori (RAM) yang dimiliki oleh laptop tersebut.

Hal ini wajar karena dua poin tersebut adalah di antara hal utama yang akan menjadi penentu dari performa laptop ketika nanti digunakan. Kapasitas ruang simpan malahan kadang tidak terlalu diperhatikan, mengingat sekarang ini banyak alternatif penyimpanan di cloud.

Fokus pada dua item spesifikasi di atas bukan berarti salah, tetapi untuk pemakaian jangka panjang (misalnya, lebih daripada lima tahun), ada spesifikasi sekunder yang perlu juga untuk diperhatikan, supaya tidak menyesal di kemudian hari.

Luput dalam memperhatikan spesifikasi sekunder ini terkadang mengakibatkan masalah yang relatif sepele namun menyebalkan, dan itu bisa membuat seseorang memilih untuk menjual laptopnya, padahal mungkin baru satu tahun digunakan. Terkadang untuk membeli yang baru, harus menabung lagi agar bisa membeli laptop dengan spesifikasi terkini.

Spesifikasi sekunder yang dimaksud ini umumnya terkait dengan bagian hardware yang ada di sisi laptop tersebut. Apa sajakah itu?

Charger

Beberapa laptop tertentu memiliki bentuk port charger yang tidak biasa. Bentuk tidak biasa ini menjadikan charger laptop tersebut juga memiliki colokan yang bentuknya tidak biasa.

Baca Juga
Bikin Lumia Jadi Remote Control PowerPoint

Ini kadang merepotkan bagi sebagian pengguna ketika charger tersebut bermasalah. Mencari charger pengganti yang serupa bisa jadi hal yang cukup sulit.

Pilihannya adalah membeli charger orisinal. Masalahnya, charger orisinal biasanya memiliki harga yang lumayan tinggi, belum tentu ramah bagi pemilik laptop. Belum lagi jika harus inden.

Itu masih lumayan. Ada yang lebih buruk lagi, yaitu charger-nya sudah discontinue dari lini produksi karena alasan penjualan yang rendah sehingga menjadi barang yang langka ketika dibutuhkan.

Oleh karena itu, pilihlah laptop yang memiliki port charger standar, serupa untuk kebanyakan laptop dari merk yang sama.

Bisa juga memilih laptop dengan port charger yang menggunakan standard terbaru dan berlaku universal, misalnya port USB type-C.

Standar seperti ini biasanya berlaku untuk waktu yang lama, sehingga jika laptop ingin dipergunakan dalam jangka waktu panjang, kamu tak perlu khawatir mencari charger pengganti bila terjadi kerusakan.

 

Display

Display laptop tidak hanya mengenai besar ukuran layar dalam satuan inchi, tapi juga soal resolusi dan aspek rasio layar.

Pada beberapa kasus, sebuah laptop terbaru dirilis dengan memiliki hanya sedikit pilihan konfigurasi pada aspek rasio layar.

JIka kamu sering menggunakan laptop untuk melakukan presentasi, hal ini akan terasa sedikit mengganggu saat laptop disambungkan dengan proyektor atau monitor lain.

Baca Juga
Mengapa Facebook Saya Posting Hal Porno?

Misalnya saja, saat laptop hendak disambungkan pada proyektor tradisional dengan aspek rasio layar bawaan 4:3, tentunya tampilan laptop yang memiliki konfigurasi aspek rasio 16:9 harus bisa menyesuaikan dengan menurunkan konfigurasinya.

Sebagian laptop gagal dalam melakukan konfigurasi ini, sehingga untuk keperluan tersebut laptop hanya akan memberikan konfigurasi terdekat yang bisa kompatibel dengan proyektor.

Pada kasus terburuk, laptop akan kesulitan dalam memberikan konfigurasi terbaik sehingga menghasilkan tampilan hasil proyeksi yang tidak bisa utuh satu layar atau bahkan tidak bisa ditampilkan dengan baik sesuai harapan.

Biasanya kasus ini terjadi pada laptop kategori low dan mid entry.

Jadi, jika kamu sering melakukan presentasi, pastikan memilih laptop dengan kemampuan display yang baik. Nampaknya memang sepele namun bisa menyelamatkan kamu dari kemungkinan gangguan teknis di masa depan.

 

Port/Slot Khusus

Beberapa jenis laptop terbaru di desain secara minimalis sedemikian rupa sehingga hanya memiliki sedikit port dan slot yang secara khusus bisa digunakan oleh pengguna.

Ada laptop premium yang didesain sangat tipis sehingga slotnya hanya sedikit. Biasanya yang diutamakan hanyalah USB dan HDMI saja. Slot yang dianggap tidak mendesak, misalnya pembaca kartu memori SD, tidak disediakan.

Baca Juga
Obatapa, Sebuah Aplikasi Informasi Obat

Bagi pengguna laptop yang sering memanfaatkan kartu memori SD, katakanlah seorang fotografer, slot ini sangatlah praktis dan berguna.

Ketika slot ini dihilangkan, meskipun alasannya sangat masuk akal, yaitu demi mendapatkan bentuk laptop yang lebih ramping, mungkin saja akan bermasalah bagi sang fotografer.

Dia harus menambahkan aksesoris tambahan lagi yang dapat membaca SD Card. Padahal aksesori ini biasanya juga ditancapkan pada slot USB yang jumlahnya terbatas, yang sudah terpakai untuk memasang aksesoris yang lain seperti misalnya mouse dan keyboard eksternal.

Sebagian orang kelewatan tidak mempertimbangkan hal-hal diatas dan hanya memikirkan masalah spesifikasi utama dan bentuk laptop.

Jadi ketika laptop mulai digunakan untuk berbagai keperluan, masalah demi masalah yang kelihatan sepele tapi menyebalkan mulai bermunculan keluar.

Untungnya, kamu bisa mencari berbagai jenis laptop baru dengan berbagai spesifikasi sekunder yang sesuai dengan kebutuhan di Bukalapak.

Di Bukalapak ada banyak pilihan laptop terbaru dengan berbagai jenis dan spesifikasi untuk berbagai kebutuhan.

Ada juga aksesoris komputer yang bisa didapatkan untuk menunjang performa dari laptop baru tersebut. Dapatkan laptop yang sesuai dengan kebutuhan anda dan hindari momen-momen menyebalkan tersebut dengan membeli laptop di Bukalapak.

Follow me on social media:

4 Comments

arif · 29/11/2018 at 1:21 pm

storage juga harus jadi bahan pertimbangan

miQ · 29/11/2018 at 2:17 pm

portabilitas sebuah laptop buat saya jadi bahan pertimbangan utama

Adhi Hermawan · 29/11/2018 at 5:07 pm

Wah bener juga ya!… Aku dulu juga kesel banget pas presentasi tau2 resolusi layar dan proyektornya gak sesuai.. yah mau gak mau dijalanain aja…

Informasinya bermanfaat juga! thanks gan

https://www.youtube.com/watch?v=Wxc80rF0BTU · 01/12/2018 at 3:54 pm

yahyakurniawan.net is my top 1 site now !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.