Mengaktifkan Instagram Dark Mode pada Hape Xiaomi – Mode gelap Instagram atau Instagram dark mode menjadi tren yang akhir-akhir ini sedang banyak dibahas. Maklum, Instagram baru saja meluncurkan fitur tersebut melalui update mutakhir aplikasi pamer foto itu.

Ada yang tiba-tiba saja Instagram-nya menjadi langsung berwarna hitam setelah mendapatkan update tapi ada juga yang bolak-balik melakukan update Instagram-nya untuk mendapatkan mode gelap tersebut tapi tidak kunjung mendapatkannya.

Soal siapa yang bakal segera mendapatkannya, itu adalah misteri dari pengembang Instagram. Namun sebenarnya ada trik yang bisa dilakukan supaya kamu bisa segera mendapatkan Instagram dark mode.

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode Pada Hape Xiaomi Mi 8 Lite

Kali ini, saya akan bahas cara mengaktifkan Instagram dark mode pada hape Xiaomi. Cara untuk mendapatkan Instagram dark mode ini saya coba pada hape Xiaomi Mi 8 Lite yang menggunakan antarmuka MIUI 10.

Rahasia untuk mengaktifkan Instagram dark mode pada hape Xiaomi ini ternyata terletak di settings MIUI, bukan di aplikasi Instagram itu sendiri.

Mula-mula, masuklah ke Settings (settings MIUI ya, bukan settings Instagram) lalu ketuk Display.

Mengaktifkan Instagram Dark Mode pada Hape Xiaomi

Nah, di dalam halaman Display ini ada opsi Dark mode, silakan aktifkan opsi tersebut.

Mengaktifkan Instagram Dark Mode pada Hape Xiaomi

Setelah opsi Dark mode diaktifkan, seketika tampilan Settings MIUI akan menjadi gelap, jadi latar belakangnya gelap dan teksnya terang.

Mengaktifkan Instagram Dark Mode pada Hape Xiaomi

Mode gelap pada settings MIUI ini ternyata berefek langsung ke tampilan Instagram. Jadi setelah Dark mode pada MIUI kamu aktifkan, secara otomatis Instagram dark mode juga akan akan aktif.

Jadi silakan setelah itu kamu buka Instagram untuk membuktikan apakah dark mode-nya sudah aktif atau belum.

Mengaktifkan Instagram Dark Mode pada Hape Xiaomi

Jika ternyata tidak suka dengan Instagram dark mode bagaimana? Yang gampang saja, tinggal non aktifkan lagi Dark mode yang berada di settings MIUI tadi.

Yang repot adalah jika kamu suka dengan dark mode MIUI tapi tidak suka dengan dark mode di Instagram karena kedua hal tersebut tidak bisa dipisahkan.

Konon, di Android 10 nanti, kedua hal tersebut bisa dipisahkan. Jadi meskipun dark mode Android diaktifkan, Instagram dark mode-nya bisa diaktifkan secara terpisah. Semoga ini benar karena saya juga belum pernah memang hape yang menggunakan Android 10.

Dark mode di MIUI 10 sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak berpengaruh terhadap aplikasi lain. Bisa dibilang, hanya Instagram saja yang terpengaruh. Selain itu, praktis hanya halaman Settings, papan notifikasi, serta widget Google Search yang masuk ke mode gelap. Ya barangkali ada hal lain lagi yang lepas dari pengamatan saya, tapi intinya tidak banyak.

Mengapa Harus Dark Mode?

Sebenarnya apa sih yang mau dicapai dengan mode gelap ini? Jadi begini, menurut para ahli, mata akan lebih nyaman memandang background gelap dan teks terang dibanding sebaliknya. Dengan demikian, kesehatan mata akan lebih terjaga saat menggunakan mode gelap.

Selain itu, “kesehatan” layar hape juga akan lebih optimal karena warna hitam membutuhkan energi yang lebih sedikit. Ujung-ujungnya berpengaruh juga terhadap keawetan baterai.

Apalagi jika layarnya menggunakan teknologi AMOLED karena warna hitam di AMOLED berarti sel di bagian yang menampilkan warna hitam tersebut benar-benar mati, bukan nyala yang menampilkan warna hitam.

Nah, semoga dengan trik ini, kamu bisa mengaktifkan Instagram dark mode pada hape Xiaomi dan mencoba-cobanya. Menurut beberapa orang sih, Instagram dark mode ini tidak senyaman Twitter dark mode.

Sudah ketinggalan, kalah nyaman pula, tapi jika banyak yang komplain, pastinya Instagram akan mendengar keluhan penggunanya dan memperbaiki tampilan dark modenya hingga lebih cantik.

Follow me on social media:
Mengaktifkan Instagram Dark Mode pada Hape Xiaomi
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.