Mengaktifkan Dark Mode Instagram Pada Hape Vivo – Kalian ikut dalam keributan tentang dark mode Instagram gak? Kalau tidak ya berbahagialah, hehehe. Tapi kok saya rada yakin pasti sedikit banyak terganggu juga dengan ramainya orang yang membahas tentang dark mode Instagram ini. Terganggu dalam arti penasaran lalu ingin mencobanya, seperti apa sih dark mode Instagram itu.

Kalau kamu pengguna iPhone yang telah menggunakan iOS 13 atau pengguna Android yang telah menggunakan Android 10, beruntunglah kamu karena mengaktifkan dark mode instagram pada kedua macam hape tersebut tidak sulit. (Katanya lho ini, wong saya belum pernah pegang hape dengan kedua sistem operasi tersebut, hehehe).

Nah, bagaimana bila kamu adalah pengguna Android Pie alias Android versi 9? Tenang, dark mode Instagram sudah bisa dicoba kok pada Android Pie. Kalau versi Android yang lebih tua lagi kayaknya sih belum bisa, mau tidak mau kamu memang kudu memiliki hape Android yang sudah menggunakan Android Pie.

Salah satu hape yang sudah bisa digunakan untuk mengaktifkan dark mode Instagram adalah Vivo. Berikut akan saya paparkan cara mengaktifkan dark mode Instagram tersebut, dicoba pada hape Vivo V17Pro.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram pada Vivo V17Pro

Sebenarnya langkah untuk mengaktifkan dark mode Instagram pada hape Vivo tersebut relatif cukup mudah. Kamu tinggal mengaktifkan saja dark mode sistem, maka secara otomatis Instagram akan mengikutinya.

Cara mengaktifkan dark mode pada sistem Vivo V17Pro adalah sebagai berikut:

1. Buka Settings.

2. Ketuk Display and Brightness.

Mengaktifkan dark mode instagram pada hape vivo

3. Ketuk Dark Mode.

Mengaktifkan dark mode instagram pada hape vivo

4. Aktifkan opsi Dark Mode.

Dengan melakukan keempat langkah tersebut, secara otomatis Vivo V17Pro akan masuk ke mode gelap, ditandai dengan halaman Settings yang langsung menjadi gelap. Mode gelap berarti tampilan akan memiliki latar belakang hitam dan warna teks putih.

Vivo V17Pro juga menyediakan cara yang lebih cepat untuk mengaktifkan dark mode tersebut, yaitu melalui Shortcut Center. Shortcut Center dibuka dengan menyapukan jari dari ujung bawah layar ke atas atau dengan kata lain kebalikan dari Notification Center.

Kalau Notification Center dibuka dengan menyapukan jari dari ujung atas layar ke bawah, sebagaimana hape Android yang lainnya.

Setelah Shortcut Center terbuka, carilah tombol Dark mode dan ketuklah tombol tersebut, maka otomatis tampilan sistem Vivo V17Pro akan menjadi gelap, termasuk juga tampilan Shortcut Center tersebut.

Nah, setelah dark mode pada sistem aktif, sekarang bukalah Instagram. Naaaah, dark mode Instagram telah berhasil diaktifkan.

Untuk sementara ini, mode gelap Instagram akan mengikuti mode gelap sistem. Jadi jika dark mode pada sistem V17Pro kamu non aktifkan, maka dark mode Instagram juga akan ikut non aktif.

Kalau hanya suka dark mode Instagram tetapi tidak suka dark mode sistem atau sebaliknya bagaimana? Ya sementara ini tidak ada hal lain yang bisa dilakukan. Mudah-mudahan nanti di Android 10 bisa dilakukan.

Lalu mungkin kamu bertanya-tanya, untungnya apa sih mengaktifkan dark mode ini? Mengaktifkan dark mode Instagram (dan sistem) membuat mata kamu lebih nyaman, jadi penting untuk kesehatan mata.

Selain itu, baterai hape juga lebih irit karena warna hitam membutuhkan energi lebih sedikit untuk dipancarkan oleh layar. Apalagi jika layarnya AMOLED, karena warna hitam berarti sel pada bagian tersebut benar-benar mati.

Selamat menikmati dark mode Instagram pada hape Vivo V17Pro, sambil menunggu hape ini mendapatkan update Android 10.

Follow me on social media:
Mengaktifkan Dark Mode Instagram Pada Hape Vivo
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.