Wujud Zenfone 5 2018 – Di ajang Mobile World Congress 2018, Barcelona, Spanyol, pada tanggal 27 Februari 2018 malam waktu setempat atau 28 Februari 2018 di hari WIB, CEO ASUS Jerry Shen memperkenalkan jajaran lengkap generasi terbaru Zenfone, yaitu ZenFone 5 2018 pada sebuah event khusus di Italian Pavilion.

Sejatinya, nama Zenfone generasi terbaru ini adalah Zenfone 5 (dan beberapa variannya) namun untuk menghindari kekeliruan dengan Zenfone 5 generasi pertama, banyak orang menyebutnya Zenfone 5 2018.

Jajaran Zenfone terbaru ini mencakup ZenFone 5Z, Zenfone 5, dan ZenFone 5 Lite.

Zenfone 5Z dan Zenfone 5 merupakan smartphone dual-kamera dengan layar 6.2 inci berkinerja tinggi yang merupakan generasi ZenFone pertama yang memanfaatkan kekuatan kecerdasan buatan (AI).

Sedangkan ZenFone 5 Lite merupakan smartphone stylish dengan layar 6 inci dengan empat biji kamera! Smartphone quad cam pertama yang diumumkan secara global, dengan kamera beresolusi tinggi dan kamera wide-angle 120° baik untuk kamera depan dan kamera belakang.

 

Zenfone 5Z dan Zenfone 5

Kedua varian ini memiliki model nyaris sama, menampilkan layar all-screen dengan rasio screen-to-body 90% alias berbezel sangat tipis. Alhasil, meskipun ukurannya 6,2 inci, namun sebanding dengan smartphone berlayar standar 5,5 inci.

Keduanya adalah model ZenFone pertama yang memanfaatkan kekuatan Mobile Platform Snapdragon 845 terbaru dengan AIE, yang menampilkan platform AI Generasi ke-3 yang mencakup Hexagon 685 Vector DSP, Adreno 630 Graphics, dan CPU Kryo 385.

Baca Juga
Oleh-oleh Dari Zenfestival

Smartphone ini juga memanfaatkan modem LTE Snapdragon X20 Gigabit, memberikan jaminan kecepatan kencang saat terkoneksi ke jaringan LTE, serta Wi-Fi 2×2 802.11ac terintegrasi, dan Bluetooth 5.

Kinerja ekstrim ZenFone 5Z didukung oleh RAM hingga 8GB dan ROM 256GB, plus keseimbangan antara kinerja menakjubkan dengan efisiensi energi yang luar biasa, sehingga baterainya tahan lama.

ZenFone 5 memiliki desain yang indah, sistem dual-camera yang menakjubkan, dan didukung oleh Platform Seluler Snapdragon 636 terbaru.

Untuk peningkatan performa secara instan, ASUS AI Boost eksklusif – tersedia di ZenFone 5 dan ZenFone 5Z – mengoptimalkan kinerja untuk gaming dan tugas berat lainnya. Wah, bakal ada Zenfone rasa ROG ini, hehe.

Bukan cuma otaknya yang cerdas, “mata” Zenfone 5Z dan Zenfone 5 ini juga cerdas.

Kamera kedua ponsel ini dilengkapi dengan sensor Sony IMX363 andalan terbaru dengan besar piksel 1,4μm, bukaan lensa f/1.8, plus kamera sekunder wide angle 120°.

Supaya stabil, kamera Zenfone 5Z dan Zenfone 5 dilengkapi dengan four-axis optical image (OIS) dan fitur kamera AI – termasuk AI Scene Detection untuk 16 scene dan objek yang berbeda, AI Photo Learning, Potret Real-time, dan Real-time Beautification.

Kamu yang merasa tak pandai memotret, tak perlu minder lagi karena segudang fitur tadi bakal membuat hasil potretmu jadi bagus.

Baca Juga
Cara Legal Unlock Bootloader Xiaomi

 

Zenfone 5 Lite

Zenfone 5 Lite hadir dengan empat buah kamera, sehingga bisa dipastikan fitur potret juga menjadi andalan smartphone ini.

ZenFone 5 Lite mampu menembus batas kreativitas fotografi, dengan kamera utama beresolusi tinggi, yaitu 20MP Sony di bagian depan dan 16MP di bagian belakang. Keduanya memiliki “asisten” berupa kamera sudut lebar 120°.

Tidak seperti sistem milik kompetitor, setiap kamera Zenfone 5 Lite bekerja secara independen setiap saat untuk setiap kegiatan berbeda, entah itu selfies, wefies, landscapes, portrait, atau group shot, dan memberikan hasil yang sempurna.

Layarnya berukuran 6 inci, menggunakan teknologi IPS, memiliki resolusi Full HD, dengan rasio aspek Full View 18:9, dan bezel ultraslim. Itu semua menjadikan ZenFone 5 Lite berukuran kompak layaknya smartphone dengan layar 5,5 inci.

Zenfone 5 Lite menggunakan prosesor Snapdragon 630 yang mampu menggabungkan kinerja luar biasa dan efisiensi daya yang optimal, meskipun baterainya hanya 3300mAh.

Fitur keamanannya canggih, menggunakan pengenalan wajah dan sidik jari, yang memberikan pengalaman berbeda dibandingkan Zenfone generasi sebelumnya.

 

ZenFone Max (M1)

Di samping Zenfone 5 Series, ASUS juga meluncurkan ZenFone Max (M1), yaitu model terbaru ZenFone Max Series – satu-satunya rangkaian smartphone berkapasitas baterai besar di dunia.

ZenFone Max M1 memiliki tampilan full view 5,5 inci dalam tubuh yang sangat compact yang tidak lebih besar dari smartphone standar 5 inci, namun dilengkapi dengan baterai berkapasitas tinggi 4000mAh.

Baca Juga
Enam Notebook Keluaran Terbaru ASUS

Fitur yang diunggulkan oleh Zenfone Max M1 antara lain adalah area tampilan yang diperluas, ukuran kompak, kamera belakang ganda dengan lensa wide angle 120°, dan sistem penguncian berbasis sidik jari.

Semua itu dikemas dalam body bergaya desain metalik yang ergonomis dan nyaman untuk dipegang.

 

ASUS NovaGo

Selain meluncurkan smartphone, ASUS juga meluncurkan sebuah produk laptop, yaitu NovaGo.

ASUS NovaGo adalah laptop Gigabit LTE pertama di dunia yang dirancang untuk mobilitas dan bakal selalu terkoneksi (ke internet), sesuai dengan slogan always-on, always-connected.

Laptop ultrathin dan convertible ringan ini didukung oleh Snapdragon 835 Mobile PC Platform dan dilengkapi dengan modem Snapdragon X16 Gigabit LTE yang memiliki kecepatan download hingga 3-7 kali lebih cepat daripada kecepatan broadband rata-rata, serta memiliki 2×2 11ac Wi-Fi dan Bluetooth 5 terintegrasi.

Laptop ini memiliki masa pakai baterai hingga 22 jam dengan masa siaga modem lebih daripada 30 hari, plus eSIM built-in yang menjamin konektivitas tanpa batas.

Baterainya memiliki fungsi pengisian cepat yang dapat memberi NovaGo daya tahan hingga lima jam hanya dengan waktu pengisian 15 menit saja.

 

Follow me on social media:

8 Comments

Askar Juara · 28/02/2018 at 11:42 am

Awalnya ragu karena melihat desainnya yang mirip buah…tapi setelah sekilas melihat spesifikasi teknisnya, kok Zenfone 5 ini menggoda ya hehehe

    Oom Yahya · 28/02/2018 at 11:43 am

    Huehehe, Zenfone selalu menggoda kok

Hilman · 28/02/2018 at 11:43 am

Menurutku sih, Zenfone 5 ini desiannya emang terlihat hape itu. Kalau di Indonesia, Zenfone 5 Lite kayaknya bakal lebih di push penjualannya. Zenfone 5 juga bakal dibawa

entah kalau Zenfone 5z

    Oom Yahya · 28/02/2018 at 11:46 am

    Sepakat, kayaknya Zenfone 5Z agak meragukan dibawa ke sini

Zam · 03/03/2018 at 9:01 pm

tinggal menunggu kapan masuk Indonesia, ini~

    Oom Yahya · 09/03/2018 at 12:25 pm

    Semoga dalam waktu tidak terlalu lama

Fina · 09/03/2018 at 10:23 pm

Kira-kira zenfone 5 lite berapaan ya? Klo 5 dan 5z mah, gak kuat kantong 😁

    Oom Yahya · 09/03/2018 at 10:24 pm

    Harga belum dipastikan. Nanti setelah resmi diluncurkan akan segera saya update info harganya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.