Asus ZenWatch 2, Bukan Arloji Biasa

Selama ini saya selalu penasaran dengan wearable device karena belum pernah sekalipun menggunakannya. Jangankan menggunakannya, pegangpun belum pernah. Jadi betapa senangnya saya ketika Asus memberi kesempatan pada saya untuk menjajal Asus ZenWatch 2, sebuah arloji cerdas berbasis Android Wear.

Nah, buat yang kepingin tahu seperti apa sih Asus ZenWatch 2 itu, berikut kesan saya selama beberapa hari menggunakannya.

Penampakan Asus ZenWatch 2

Asus ZenWatch 2 yang memiliki kode model WI501Q ini memiliki penampakan yang tak jauh beda dari arloji biasa. Namun yang pasti, ZenWatch 2 lebih tebal dibandingkan arloji biasa. Tombol yang biasanya ada di sisi kanan arloji juga ada di ZenWatch 2 tapi jelas fungsinya bukan untuk memutar jarum, melainkan untuk tombol on/off atau menu.

Asus ZenWatch 2

Soal bobot, memang sedikit lebih berat daripada arloji biasa tapi mungkin masih jauh lebih ringan daripada arloji mewah, misalnya arloji yang menggunakan puluhan permata di sekelilingnya. *halah

Asus ZenWatch 2

Gelangnya terbuat dari kulit namun tidak berbau khas produk kulit seperti yang dikhawatirkan.

Asus ZenWatch 2 yang saya gunakan tentu saja adalah arloji model pria, dengan ukuran layar 1.63 inci atau sekitar 4.14 cm. Ternyata ZenWatch 2 tersedia juga model wanitanya loh, ukuran layarnya 1.45 inci atau sekitar 3.68 cm.

Karena merupakan aplikasi, “wajah” arloji ZenWatch 2 bisa diganti-ganti. Jadi serasa memiliki arloji baru setiap habis mengganti wajah arloji ZenWatch 2, hehe.

Asus ZenWatch 2

Bagaimana rasanya saat dipasang di pergelangan tangan? Ya kalau saya sih biasa saja. Bagian belakang Asus Zen Watch 2 cukup adem sehingga tidak menyebabkan pergelangan tangan terasa gerah.

 

Setting Awal

Untuk melakukan setting awal, Asus ZenWatch 2 kudu dalam keadaan dicharge. Kalau tidak, proses setting tidak akan dimulai. Proses setting awal ini intinya meminta pengguna untuk menginstal Android Wear di ponsel Android atau iPhone dan setelah itu melakukan pairing antara ponsel dan arloji via koneksi Bluetooth. Yes, tentu saja Bluetooth di ponsel juga kudu dinyalakan.

Setelah pairing berhasil dilakukan, Asus ZenWatch 2 akan melakukan sinkronisasi dengan ponsel. Supaya lebih maksimal, pada ponsel sebaiknya diinstall pula aplikasi ZenWatch Manager. ZenWatch Manager ini tidak hanya bisa digunakan pada ponsel merk Asus loh, saya coba pada vivo V3 Max juga bisa. (Soal vivo V3 Max ini nanti ada reviewnya tersendiri, hehe).

Dengan menggunakan ZenWatch Manager ini, kedua gadget ini bisa saling melakukan pencarian kalo yang satu nyelip entah di mana.

 

Fungsi Asus ZenWatch 2

Selain berfungsi sebagai penanda waktu, Asus ZenWatch 2 juga bisa digunakan untuk alarm, buku agenda, informasi cuaca, bahkan sebagai perpanjangan ponsel, misalnya untuk menerima telpon atau membuka pesan teks dan membalasnya melalui perintah suara.

Asus ZenWatch 2 juga bisa memberikan informasi sudah seberapa banyak langkah kaki penggunanya dalam satu hari.

Asus ZenWatch 2

Untuk mengoperasikan semua itu, Asus ZenWatch 2 selain mendukung sentuhan langsung ke layar, juga mendukung gestur gerakan pergelangan tangan tertentu. Cuma terus terang kalau pake gestur terus, capek euy tangannya.

 

Layar

Boleh khan kalau saya bilang bagian terpenting dari arloji Asus ZenWatch 2 ini adalah layarnya? Nah, sebagai bagian yang vital, layar Asus ZenWatch 2 dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3. Jadi lumayan bikin tenang karena tahan gores.

Dengan layar AMOLED, “gambar” yang ditampilkan Asus ZenWatch 2 memukau, cuma agak disayangkan kurang terlihat jelas saat berada di terik matahari. Kudu diset agar besar brightness-nya biar jelas tapi ya tentunya bikin baterai lebih boros.

 

Baterai Asus ZenWatch 2

OK, ngomongin soal baterai, sudah tentu ZenWatch 2 tidak seperti arloji biasa yang pake baterai pipih dan sekali pasang baru, tak perlu ganti hingga 1-2 tahun ke depan. Baterainya ya baterai yang bisa diisi ulang macam ponsel itu.

Colokan charger-nya tidak menggunakan model mikro USB seperti pada ponsel tapi model bikinan Asus sendiri. Lha kalo kebalik masangnya gimana tuh? Jangan khawatir, colokan chargernya itu dilengkapi magnet dan kutub yang berlawanan terpasang pada sisi yang benar, jadi misalnya Anda terbalik pas hendak memasang, gak akan bisa karena itu berarti menghadap kutub yang sama, sudah pasti akan “ditolak”.

Asus ZenWatch 2

Proses isi ulang baterai ZenWatch 2 ini cukup cepat, dari sekitar 20% hingga penuh membutuhkan waktu tidak sampai 1 jam. Dan itu bertahan selama 36 jam hingga nyaris 2 hari penuh, baru minta di-charge lagi.

 

Tahan Air

Tak seperti ponsel yang relatif jarang diajak ke tempat berair (paling-paling pas ritual pagi aja *eh), arloji bakal lebih sering berhadapan langsung dengan air, misalnya pas cuci tangan atau pas keluar dari mobil dalam keadaan hujan.

Supaya nyaman menghadapi kondisi-kondisi di atas, Asus ZenWatch 2 sudah tentu didesain tahan air. ZenWatch 2 memiliki kode IP67 yang berarti tahan debu dan mampu bertahan dalam air sampai kedalaman maksimal 1 meter selama 30 menit. Info lengkap soal kode IP tersebut bisa dibaca di sini.

 

Spek Lengkap & Harga

Spek lengkap Asus ZenWatch 2 dibaca langsung di situs resminya saja ya, hehe.

Kalau harganya, Asus ZenWatch 2 dijual pada rentang harga 2.3 juta hingga 2.9 juta rupiah, tergantung model pria atau wanita, tergantung jenis gelang yang digunakan.

Follow me on social media:

Similar Posts

13 Comments

  1. Beuh, larang tenan om, cuma jam wae. 😀
    Wes oleh hape siji… buat saya tidak cocok itu. Soalnya bukan orang lapangan.
    Tukang coding mosok arep jumpalitan nang kali? :v

  2. ASUS ZenWatch 2 tipe WI502Q, kenapa tidak bisa di gunakan untuk menelepon Dan menerima telpon ? Tolong bantuannya Mas

    1. Nah itu, saya sendiri juga kesuiltan mencari feature terima dan menelpon. Sepertinya memang belum bisa, ZenWatch hanya memberi notifikasi saja bila ada telpon

    2. Kalo model cowok bisa,kalo yang cewek engga bisa. Krn yg cowok ada speaker en mic internal,yg cewek cm mic aja. Lha kenapa? Ya..dah dari sononya gitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.