Gadget

ASUS ZenFone 8 ZS673KS Segera Hadir di Indonesia

Ada kabar bahagia bagi para ZenFans alias penggemar ZenFone, tak lama lagi ASUS ZenFone 8 ZS673KS hadir di Indonesia.

Kok tahu?

Ya tahu lah, di situs Kemenperin sudah muncul informasi bahwa sebuah device ASUS dengan kode I006D telah lulus TKDN.

Dengan modal googling saja, langsung ketemu bahwa device tersebut adalah ASUS ZenFone 8 Mini.

Soal namanya mengandung kata mini atau tidak, nanti bakal terjawab jika sudah benar-benar masuk ke Indonesia.

Yang jelas, pada saat launching 12 Mei 2021 kemarin, ASUS hanya menyebutnya sebagai ZenFone 8 saja.

Kapan ASUS ZenFone 8 ZS673KS Hadir di Indonesia?

Nah, soal kapan persisnya ASUS ZenFone 8 ZS673KS hadir di Indonesia, hanya ASUS dan Tuhan yang tahu. Jujur, saya pun tidak tahu.

ASUS ZenFone 8 ZS673KS hadir di Indonesia

Kalau kalian memperhatikan media sosial ASUS belakangan ini, kayaknya tak lama lagi ROG Phone 5 bakal diluncurkan. Jadi bisa dipastikan ASUS ZenFone 8 ZS673KS hadir di Indonesia tak lama setelah itu.

Sambil menunggu saatnya ASUS ZenFone 8 ZS673KS hadir di Indonesia, kita intip dulu yuk seperti apa ASUS ZenFone 8 ZS673KS itu.

Performa Besar, Ukuran Kompak

Pada peluncurannya secara global, ASUS mengusung tagline Big on Performance, Compact in Size. Performa besar, ukuran kompak.

ASUS ZenFone 8 ZS673KS hadir di Indonesia

Kalian merasa gak sih, kalau ukuran smartphone itu makin lama makin bongsor saja? Buat nonton video barangkali memang enak, tapi kan penggunaan smartphone tidak hanya untuk nonton video.

Bahkan mungkin saja nonton video itu hanya “memakan” porsi yang sangat kecil dibandingkan penggunaan yang lain seperti media sosial, browsing, chatting, dan penggunaan aplikasi-aplikasi spesifik lainnya.

Saat mengoperasikan smartphone berukuran besar, apalagi dengan satu tangan, pasti ada kesulitan-kesulitan yang bakal muncul, khususnya karena jempol sulit menjangkau area tertentu.

ASUS menyadari benar hal ini, ditambah pula dengan berbagai masukan dari penggunanya, makanya kemudian mereka merancang smartphone yang berdimensi kompak, dengan diagonal layar berukuran 5,9 inci saja.

Supaya bisa membayangkan seperti apa kira-kira ukuran ASUS ZenFone 8 ZS673KS itu, peganglah iPhone 11 Pro, nah kira-kira segitulah ukurannya.

Duh saya jadi makin tidak sabar memegang ASUS ZenFone 8 ZS673KS yang kompak itu.

Nah, selama ini, di dunia Android muncul anggapan bahwa smartphone berukuran kompak itu bukanlah smartphone flagship. Ya Android sih gitu, padahal iPhone 11 Pro kurang flagship apa coba.

ASUS sekali lagi menjungkirbalikkan anggapan seperti itu dan membekali ASUS ZenFone 8 ZS673KS dengan prosesor Snapdragon 888, prosesor mobile terkencang saat ini.

Udah gitu, baterainya besar pula, 4000 mAh. Jangan khawatir ngecharge-nya bakal lama karena dilengkapi dengan HyperCharge 30 Watt.

Layar AMOLED Memukau

Tak bisa dipungkiri, sebuah smartphone akan dicap flagship salah satu adalah jika menggunakan layar AMOLED.

Jelaslah ASUS ZenFone 8 ZS673KS bakal menggunakan layar AMOLED juga, bahkan dengan refresh rate lumayan tinggi, 120 Hz.

Untuk menjaga layar cantik ini dari goresan, ASUS melapisinya dengan Gorilla Glass Victus, pelindung layar paling kuat saat ini.

Tak cuma memukau dan kuat, layar ASUS ZenFone 8 ZS673KS juga menampilkan warna dengan sangat akurat dengan nilai color gamut DCI-P3 112% dan Delta-E<1.

Kualitas Kamera Jempolan

Buat apa ASUS ZenFone 8 ZS673KS memiliki layar yang begitu memukau jika kameranya sendiri tidak jempolan. Hasil potret yang keren tentu sewajarnya ditampilkan pada layar yang keren juga, bukan?

ZenFone selama ini memang dikenal sebagai salah satu smartphone dengan kamera terbaik dan tradisi itu diteruskan pada ZenFone 8 ini.

Tak seperti ZenFone 6 dan ZenFone 7 yang memiliki kamera flip, ZenFone 8 ini kembali ke model tradisional dengan kamera depan dan kamera utama terpisah.

Untuk kamera utamanya, ASUS membekali ZenFone 8 ZS673KS dengan dua buah kamera. Satu kamera wide-angle dengan resolusi 64 MP dan sensor IMX686, serta satu buah kamera ultrawide-angle dengan resolusi 12 MP dan sensor IMX363. Bahkan sensor kameranya saja kelas flagship loh.

Kamera depannya? Flagship juga loh, resolusinya 12 MP dan sensor IMX663. Kali ini diposisikan dengan melubangi layar di bagian kiri atas.

Keputusan ASUS untuk meninggalkan kamera flip pada ZenFone 8 ZS673KS ini sangat beralasan. ZenFone 8 adalah smartphone ASUS pertama yang memiliki sertifikasi IP68, sebuah hal yang nyaris mustahil dicapai jika menggunakan kamera flip.

Jadi kamu bisa sedikit tenang saat melakukan aktivitas outdoor, bertualang di sungai misalnya, karena cipratan air tidak akan merusakkan ZenFone 8 ini.

Audio Kelas Dunia

Sejak ZenFone 3, ASUS hobi menyematkan komponen audio kelas dunia pada produknya. Tentu saja ZenFone 8 juga demikian.

ASUS ZenFone 8 ZS673KS memiliki jack audio 3,5 mm karena kualitas audio tanpa kompromi harus diakui lebih bisa dicapai saat menggunakan kabel.

ZenFone 8 ini dilengkapi dengan speaker stereo dan sebagai pengolah audionya, digunakan amplifier Cirrus Logic CS35L45. Amplifier flagship ini mampu membuat ASUS ZenFone 8 ZS673KS mengeluarkan volume suara yang keras tapi tanpa distorsi.

Kamu bisa mengatur 4 profil suara pada sistem audio ZenFone 8, serta 10 customizable equalizer.

Berapakah Harga ASUS ZenFone 8 ZS673KS di Indonesia?

Nah ini yang belum jelas. Dugaan saya, ZenFone 8 akan hadir dengan beberapa varian RAM dan ruang simpan dan jelas harganya juga bakal berbeda-beda.

Ditunggu saja lah ya, saya juga penasaran dengan harganya. Semoga saja harganya relatif terjangkau, gak mahal-mahal amat.

Bagaimana Dengan ASUS ZenFone 8 Flip ZS672KS?

Sebenarnya, pada peluncuran ASUS ZenFone 8 ZS673KS, diluncurkan juga ASUS ZenFone 8 Flip ZS672KS. ZenFone 8 Flip inilah yang merupakan penerus ZenFone 6 dan ZenFone 7 dengan kamera flip-nya.

Hanya saja, tidak ada rumor seri ini bakal masuk ke Indonesia. Di situs Kemenperin juga belum ada info tentang TKDN perangkat lain selain ASUS I006D alias ZenFone 8 “biasa”.

Jadi jika kamu menggemari ZenFone dengan kamera flip-nya, sepertinya harus rela tidak menggunakan hape baru pada tahun 2021 ini.

Mari sama-sama berdoa supaya ASUS ZenFone 8 ZS673KS ini sukses besar di Indonesia, sehingga ASUS tergerak hatinya untuk memasukkan juga ZenFone 8 Flip.

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *