Laptop ZenBook Berbasis AMD – Ada banyak laptop yang beredar di pasaran dengan berbagai model dan rentang harga, sehingga kamu tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan.

ASUS adalah penguasa pasar laptop di Indonesia sehingga di mana-mana pasti bakal kamu temui laptop dengan merk ASUS.

Lalu jika kamu membuka laptop tersebut, sebagian besar akan memiliki stiker Intel di dalamnya. Ya, Intel juga merajai sektor prosesor dari berbagai laptop yang beredar di tanah air.

Namun belakangan ini, dominasi Intel mulai goyah dengan bermunculannya laptop berkualitas yang menggunakan AMD sebagai prosesornya.

ASUS sebagai pemimpin pasar laptop di Indonesia sudah tentu juga menawarkan laptop dengan prosesor AMD.

Baru-baru ini, mereka meluncurkan laptop ZenBook berbasis AMD, yaitu ZenBook 14 UM425, menyusul saudara kembarnya yang berbasis Intel, yaitu ZenBook 14 UX425, sekaligus melengkapi jajaran laptop ASUS yang mengusung Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor, setelah sebelumnya muncul pada jajaran laptop gaming ASUS.

Sambutan ASUS dan AMD

Menyambut diluncurkannya laptop ZenBook berbasis AMD ini, berikut sambutan dari ASUS yang diwakili oleh Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia:

“Misi utama ASUS adalah memberikan pengalaman penggunaan terbaik melalui teknologi terkini. Dengan hadirnya ZenBook 14 (UM425), konsumen Indonesia kini punya pilihan untuk memiliki laptop premium yang ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor.

“Kombinasi antara ZenBook dengan prosesor 7nm terkini AMD menghasilkan sebuah laptop yang tidak hanya ringkas, ringan dan premium, tetapi juga memiliki performa kencang.”

Laptop ZenBook Berbasis AMD

Sedangkan dari AMD, sambutan dari Paige Shi, APJ Head of Consumer, adalah sebagai berikut, “AMD terus berkomitmen untuk menghadirkan komputasi performa tinggi kepada para pengguna kami, dan kami senang bermitra dengan Asus dalam menghadirkan laptop super tipis dan premium, ZenBook 14 ke pasar Indonesia.

“Dengan ditenagai AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor, ZenBook 14 memberikan komputasi performa tinggi dengan efisiensi daya yang superior. Prosesor AMD Ryzen™ 7 4700U yang memperkuat ZenBook 14 ini memiliki 8 core Zen 2 yang dibangun dengan proses teknologi industri terdepan 7nm dan menghadirkan pemrosesan multi-threaded yang bertenaga serta performa grafis yang memukau”.

Kinerja yang Sangat Mumpuni

Prosesor AMD yang menjadi jantung komputasi ZenBook 14 (UM425) ini adalah Ryzen™ 5 4500U dan Ryzen™ 7 4700U.

Laptop ZenBook Berbasis AMD

Prosesor jenis ini dikenal kencang tapi tidak boros daya. Jumlah core-nya yang banyak memastikan kegiatan multitasking menjadi lancar. Apalagi dilengkapi dengan RAM LPDDR4X terbaru berkapasitas hingga 16 GB.

Prosesor tersebut juga sudah lengkap dengan prosesor grafis AMD Radeon, jadi kamu bakal bisa menikmati konten multimedia dengan khidmat.

Supaya tidak menjadi biang penyumbat, ruang simpan yang digunakan oleh laptop ini adalah SSD dengan teknologi NVMe PCIe 3.0 x2 M.2 berkapasitas 512 GB.

Oh ya, omong-omong soal irit daya, laptop ini memiliki baterai 67Whr yang dapat bertahan hingga 16 jam. Daya tahan tersebut selain dicapai dengan kapasitas baterai yang lumayan besar, juga karena prosesor AMD yang irit daya tadi.

ZenBook UM425 Telah Dilengkapi Office Pre-Installed

Salah satu aplikasi yang hampir pasti dibutuhkan oleh pengguna laptop adalah aplikasi perkantoran, khususnya yang memiliki merk Microsoft. Ya, Microsoft Office begitu populernya sehingga nyaris tak ada yang tak menggunakannya.

Laptop ZenBook Berbasis AMD

Nah, kamu tak perlu lagi keluar uang ekstra untuk membeli lisensi Microsoft Office (apalagi beli CD bajakannya, haram itu) karena laptop ZenBook berbasis AMD ini telah dilengkapi dengan Microsoft Office Pre-Installed.

Lisensi yang diberikan juga merupakan lisensi lifetime, jadi bukan lisensi berlangganan gratis sekian bulan lalu kelak harus diperbaharui dan bayar.

Versi Microsoft Office yang disertakan adalah Microsoft Office Home & Student 2019.

Mewah dan Premium

ZenBook merupakan lini laptop ASUS yang didesain sebagai sebuah produk flagship. Sebagai sebuah produk flagship, ZenBook memiliki kualitas desain dan material terbaik.

Laptop ZenBook Berbasis AMD

Dari sisi desain, ZenBook 14 (UM425) ini kembali hadir dengan ciri khas ZenBook, yaitu lingkaran Zen yang ada pada bagian punggungnya. Desain ini dibuat melalui proses panjang dengan finishing khusus agar benar-benar nampak spektakuler.

Dari sisi material, ZenBook 14 (UM425) dibuat menggunakan bahan aluminium alloy yang dibentuk dengan desain diamond-cut yang tidak saja membuatnya terlihat mewah dan premium, tapi juga sangat presisi.

Bahan aluminium alloy ini memungkinkan ZenBook 14 (UM425) ini berbobot sangat ringan, hanya 1,22 kg saja. Ketebalannya hanya 14,3 mm. Sungguh sangat kompak dan ringkas, sangat nyaman dibawa bepergian.

Tak cuma cantik, ZenBook 14 (UM425) ternyata strong! Jadi laptop ini memiliki sertifikasi lolos uji standar militer AS (MIL-STD 810G). Pengujian yang dilakukan antara lain adalah uji fungsional di ketinggian hingga lebih dari 15.000 kaki, uji jatuh dari ketinggian 100mm dalam keadaan hidup dan diuji di setiap sudut jatuh, hingga uji operasional di suhu rendah yaitu hingga -33 derajat Celcius.

Nyaman Digunakan

Laptop yang berukuran imut, biasanya dipertanyakan kenyamanannya, khususnya saat mengetik. Namun ASUS sudah sigap dengan menghadirkan fitur edge-to-edge keyboard.

Jadi keyboard-nya benar-benar dari tepi sampai ke tepi. Dengan demikian, keyboard-nya lebih luas dengan ukuran tombol yang lebih besar, sehingga nyaman digunakan untuk mengetik.

Pas layarnya dibuka, bagian engselnya akan mengangkat bagian belakang body laptop setinggi 3 derajat sehingga kemiringan ini memberikan kenyamanan saat mengetik.

Ruang yang dihasilkan berkat pengangkatan tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk membuang panas.

Engsel yang dapat mengangkat body laptop ini dikenal dengan nama ErgoLift.

Nah, meskipun selebar-lebarnya keyboard, biasanya pengguna komputer desktop bakal tetap merasa kehilangan numpad saat pakai laptop. Tak perlu khawatir karena touchpad laptop ini bisa disulap menjadi numpad berkat fitur NumberPad 2.0.

Kali ini bahkan NumberPad 2.0 tersebut hadir dengan tombol pengatur tingkat kecerahan sekaligus untuk membuka aplikasi kalkulator yang ada di Windows 10.

Kenyamanan lain yang ditawarkan oleh laptop ZenBook berbasis AMD ini adalah 3D IR camera yang mendukung fitur Windows Hello. Dengan demikian kamu bisa login ke Windows 10 menggunakan fitur pengenalan wajah.

Konektivitas Lengkap

Sekali lagi, meskipun imut, laptop ini ternyata “luas” karena memiliki port yang cukup lengkap.

Port yang tersedia adalah dua buah port USB Type C, sebuah port USB Type A, sebuah port HDMI, dan sebuah pembaca kartu SD.

Port USB Type C yang tersedia sudah mendukung USB Power Delivery, sehingga pengisian daya bisa dilakukan melalui port USB Type C tersebut.

Sedangkan untuk koneksi nirkabel, ZenBook 14 (UM425) dilengkapi dengan WiFi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.0.

WiFi 6 merupakan WiFi generasi terbaru yang memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi serta latensi yang lebih rendah, dikelola oleh fitur ASUS WiFi Master yang memungkinkan ZenBook 14 (UM425) menangkap sinyal WiFi dengan lebih baik.

Spesifikasi

Main Spec. ZenBook 14 (UM425)
CPU AMD Ryzen™ 7 4700U Processor 2.0 GHz (8M Cache, up to 4.1 GHz) AMD Ryzen™ 5 4500U Processor 2.3 GHz (8M Cache, up to 4.0 GHz)
Operating System Windows 10 Home with Office Pre Installed
Memory 16GB LPDDR4X (Ryzen ™ 7 variant) 8GB LPDDR4X (Ryzen ™ 5 variant)
Storage 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 x2 SSD
Display 14.0″ (16:9) IPS FHD (1980 x 1080), 100% sRGB, Anti-glare, NanoEdge Display
Graphics AMD Radeon™ Graphics
Input/Output 1x HDMI 2.0a, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-C, Micro SD card reader
Camera HD camera with IR function to support Windows Hello
Connectivity Intel Wi-Fi 6(Gig+)(802.11ax)+Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Smart Amp Technology, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery 67WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 31.90 x 21.00 x 1.43 ~ 1.43 cm
Weight 1,22Kg
Colors Pine Grey, Lilac Mist
Warranty 2 tahun garansi global

Harga ZenBook 14 (UM425) adalah sebagai berikut:

  • Varian Ryzen 7 Rp14.299.000
  • Varian Ryzen 5 Rp12.299.000

Follow me on social media:
Categories: Gadget

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *