Ada Apa Di Balik Update WhatsApp?

Beberapa hari belakangan ini, pengguna WhatsApp akan menerima update aplikasi pengirim pesan tersebut. Hanya saja, tidak seperti beberapa update sebelumnya yang hanya diumumkan melalui panel notifikasi, update kali ini diikuti dengan pembaharuan Term and Privacy Policy seperti terlihat pada gambar ini. Kok beda ya? Ada apa di balik update WhatsApp kali ini?

Ada apa di balik update WhatsApp

Sudah tentu Anda harus menekan tombol Agree untuk bisa melanjutkan penggunaan WhatsApp. Intinya, pada update kali ini, nomor WhatsApp akan dikoneksikan dengan Facebook sehingga Facebook bisa “mempelajari” perilaku penggunaan WhatsApp Anda dan dengan demikian bisa memberikan saran yang relevan kepada Anda, entah itu dalam bentuk iklan atau menyarankan pertemanan sesuai dengan kontak yang ada di ponsel.

Lhaaa kok gituuuuu? Trus bagaimana ini?

Bila Anda tidak suka dengan kebijakan ini karena seolah WhatsApp mengintip dan melanggar privacy Anda, tak perlu khawatir karena Anda bisa memilih untuk keluar (opt out) dari kebijakan tersebut.

Caranya gampang saja, yaitu:

  1. Buka WhatsApp
  2. Ketuk menu tiga titik di sisi kanan atas, pilih Settings > Account.
  3. Perhatikan bahwa ada tanda centang di sebelah kanan opsi Share my account info, ketuk tanda centang tersebut untuk menghilangkannya.
  4. WhatsApp akan menampilkan peringatan seperti terlihat pada gambar. Jika Anda memang yakin untuk menonaktifkan fitur ini, ketuk Don’t Share. Ingat, begitu Anda memilih Don’t Share, fitur ini tidak dapat diaktifkan lagi.

 

Update WA - 2Update WA - 3

OK, cukup itu saja. Sekarang WhatsApp tidak lagi memberikan info perilaku Anda ke Facebook.

Follow me on social media:

Similar Posts

18 Comments

  1. Tidak saya update.

    Biasanya proses update jika terpaksa, yaitu saat WA tidak bersedia dibuka karena versi aplikasi sudah obsolet, minta harus ganti baru.

    1. Not now sih cuma menunda aja kalau saya pikir 😀
      Nanti juga pasti harus update juga

      1. kemarin saya tekan ‘not now’ dari pesan kebijakan whatsapp, trs saya harus gmn ommmm? panik anjir :”

  2. Udah ku praktekin. Makasih Om!
    Tanpa konek ke WA aja Facebook udah ngebom dg iklan2 yg sebenernya sdh sesuai dg profilku, banyak iklan casual fashion, pernik interior dan tiket murah yg cukup mendistraksi (baca: menggoda).

Leave a Reply

Your email address will not be published.