Asus selalu memberi kejutan buat saya. Saat saya butuh power bank, eh kok mendadak ada bapak kurir datang bawa kiriman power bank dari Asus. Mungkin habis ini saya harus berpikir bahwa saya butuh notebook ROG Series. *eh (ngacir)

Power bank yang saya terima ini berbeda dengan power bank Asus ZenPower yang terdahulu. Kali ini namanya ada embel-embel “Pro”-nya. Namun kelebihan yang ditawarkan bukan sekadar embel-embel belaka.

Nah, apa sajakah keunggulan Asus ZenPower Pro ini?

Kalau dari sisi kapasitas, Asus ZenPower Pro memiliki kapasitas energi sebesar 10.050 mAh, sama seperti kakaknya. Dari sisi fisik, meski ukurannya kurang lebih sama, namun pasti akan langsung terlihat bedanya.

Asus ZenPower Pro

Ya, Asus ZenPower Pro ini memiliki dua port USB sebagai gerbang untuk mengeluarkan daya serta 1 port mini USB untuk jalan pengisian ulang, plus sebuah LED besar yang bisa difungsikan sebagai senter, selain tentu saja empat buah LED kecil sebagai indikator kapasitas power bank.

Asus ZenPower Pro

Salah satu dari dua port USB tersebut memiliki feature fast charging, yaitu port sebelah luar. Secara kasat mata, port yang memiliki feature fast charging tersebut didesain seolah memiliki bingkai di sekeliling lubang port-nya.

Bukti bahwa feature fast charging tersebut berfungsi adalah munculnya notifikasi fast charging pada Zenfone 2 yang diisi dayanya menggunakan Asus ZenPower Pro.

PowerBank Dengan Feature Fast Charging

Ketika diuji untuk mengisi daya dari keadaan penuh, Asus ZenPower Pro ini mampu “menghidupi” Lumia 540 dalam 2 siklus pengisian dan Zenfone 2 dalam sekali siklus pengisian, sebelum akhirnya diisi ulang kembali.

Pengisian ulang Asus ZenPower Pro menggunakan charger Zenfone 2 membutuhkan waktu antara 4-6 jam hingga penuh.

Untuk menyalakan senternya, tekan dan tahan tombol power hingga LED menyala. Dalam keadaan LED menyala, tekan tombol power dua kali secara cepat untuk mengubah tingkat terangnya. Ada dua tingkat terang yang dimiliki oleh LED Asus ZenPower Pro.

Asus ZenPower Pro

Dari berbagai feature yang dimiliki oleh Asus ZenPower Pro ini, feature fast charging-nya lah yang paling sering saya manfaatkan. Maklum, kalau ngecharge Zenfone 2 pake power bank biasa membutuhkan waktu yang agak lama, bisa sampai 4 jam. Dengan Asus ZenPower Pro ini, cukup 2 jam seperti halnya menggunakan charger originalnya.

Oh ya, bagaimana tak sengaja mengisi ulang ponsel yang tidak memiliki feature fast charging melalui port fast charging yang dimiliki Asus ZenPower Pro ini? Tenang saja, Asus ZenPower Pro ini cukup cerdas untuk mengenali bahwa ponsel yang di-charge tidak memiliki feature fast charging sehingga meskipun menggunakan port fast charging tapi feature fast charging-nya tidak menyala.

 

Asus ZenPower Pro ini tersedia dalam berbagai warna unik, sehingga cocok juga dijadikan koleksi. (lol)

FYI, harga Asus ZenPower Pro ini adalah Rp 399.000,- dan bisa dibeli di Asus Store Indonesia. Untuk mengunjungi Asus Store Indonesia, bukalah asus.com/id dan klik menu Store.

Follow me on social media:

6 Comments

Jarwadi MJ · 29/04/2016 at 2:05 pm

mungkin saya juga harus berpikir tentang butuh asus pro notebook b8430

    Oom Yahya · 03/05/2016 at 12:24 pm

    (lol)

arman · 10/05/2016 at 9:52 pm

untuk harganya brp ya om?
trus yg jual originalnya dimana?

    Oom Yahya · 10/05/2016 at 10:26 pm

    Maaf saya kelupaan menuliskan harganya.
    Sudah saya update di tulisan di atas
    “FYI, harga Asus ZenPower Pro ini adalah Rp 399.000,- dan bisa dibeli di Asus Store Indonesia. Untuk mengunjungi Asus Store Indonesia, bukalah asus.com/id dan klik menu Store.”

Noni · 03/06/2018 at 3:25 am

Saya beli zenpower duo kok buat chas dizenfone 2 ram 4gb kok notif fast chargingnya ga keluar

    Oom Yahya · 03/06/2018 at 7:25 pm

    Colokannya udah pake yang pinggir khan? Bukan yg tengah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *