4 Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Update Nougat

Setelah sekian lama menunggu dalam ketidakpastian, pengguna Zenfone 3 akhirnya boleh bernafas lega karena akhirnya update Android Nougat terbit juga.

Kalau sudah update, lalu ngapain? Berdasarkan pengalaman saya, setidaknya ada 4 hal yang perlu dilakukan setelah update Nougat. Apa sajakah itu?

1. Cek Versi

Setelah proses update selesai dan ponsel restart, coba masuk ke Settings > About. Di item About itu harusnya tertulis Android 7.0. Lebih jauh lagi, jika item About tersebut diketuk, akan muncul halaman Device Status dan di dalamnya terdapat info Android version yang seharusnya tertulis 7.0.

Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Update Nougat

Ya siapa tahu khan ternyata update-nya bukan update ke Nougat melainkan cuma update firmware saja. Jadi bila ternyata pada ponsel Anda masih tertulis Android 6.x, ya berarti update yang dilakukan hanya perbaikan minor, bukan update versi. Mungkin bisa dicek sekali lagi apakah update versi telah tersedia atau belum.

 

2. Factory Reset

Ada beberapa kasus, update menyebabkan “kekacauan” pada sistem, misalnya membuat baterai menjadi boros, ponsel menjadi panas, kamera gak beres, dan mungkin hal yang lain. Tak perlu khawatir, biasanya hal tersebut hanyalah soal miskonfigurasi saja. Cara untuk menyembuhkannya adalah dengan melakukan factory reset. Cara melakukan factory reset cukup mudah, yaitu dengan mengetuk menu Settings > Backup & reset > Factory data reset. Ada alternatif cara lain yang bisa dilakukan, cek di sini. Tulisan tersebut meskipun dibuat dengan Zenfone 5, namun kemungkinan besar tetap berlaku untuk Zenfone 3.

Satu hal yang harus diperhatikan, sebelum melakukan factory reset, pastikan data penting sudah dibackup.

Apakah factory reset mutlak harus dilakukan? Tidak sih, kalau setelah update, Zenfone 3 Anda baik-baik saja ya sudah tidak perlu factory reset.

 

3. Cek Aplikasi

Setelah update, apakah semua aplikasi yang Anda butuhkan dapat berjalan dengan baik? Aplikasi-aplikasi yang up-to-date seperti WhatsApp, Twitter, Chrome, Instagram, kemungkinan besar tidak akan bermasalah. Namun aplikasi yang sifatnya spesifik bisa saja bermasalah.

Salah satu solusi adalah mengupdate aplikasi tersebut ke versi terkini. Bila tetap bermasalah, sebaiknya Anda menghubungi pengembangnya.

 

4. Mengaktifkan Tombol Multi-Window

Salah satu fitur baru yang diusung oleh Android Nougat adalah Multi-Window. Pada kebanyakan ponsel Android, cara mengaktifkan Multi-Window adalah dengan menekan dan menahan tombol Recent. Namun pada Zenfone, menekan dan menahan tombol Recent berarti menangkap tampilan layar (screenshot).

Lalu bagaimana caranya agar menekan dan menahan tombol Recent bisa digunakan untuk mengaktifkan Multi-Window? Begini, masuklah ke Settings > ASUS customized settings > Recent apps key, pilih Tap and hold to activate Multi-Window.

Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Update Nougat

Nah, gantian sekarang bingung kalau mau screenshot. Gimana dong? Ya gak usah bingung, pake cara yang hampir semua ponsel Android mengenalinya, yaitu tekan kombinasi tombol Power+Volume down.

 

Semoga setelah melakukan empat hal di atas, Zenfone Anda (atau bisa juga ponsel yang lain sih) menjadi lebih lancar dan menyenangkan dengan sistem operasi Android Nougat.

Follow me on social media:

Similar Posts

7 Comments

  1. Sudah om, kecuali factory reset hehehehe… yah katanya sih bisa lebih optimal, cuma saya males instal ulang aplikasi2 yang ada plus males mindah2 data hehehe 😀

  2. Oom info donk untuk zenfone 2 ze551ml ram 4gb bisa di aupdate ke android N kagak?? Info caranya juga kalau bisa. Terimakasih

    1. Kalau untuk Zenfone 2, kelihatannya belum ada update ke N dan belum tentu juga nanti bakal tersedia

  3. kalo zenfone 5 saya suka restart sendiri kalo tidak dicolokin sama casan. itu gimana ya.. saya sudah ugrade ke Nougat masalhnya ttap sama.
    makasih

    1. Zenfone 5 ada update Nougat? Apa benar? Setahu saya kalau firmware resmi tidak ada, berarti kemungkinan besar itu custom ROM, kalau custom, memang kadang2 ada bug yang tak diduga seperti itu. Saran saya sih sebaiknya balik ke ROM resmi saja

  4. asus zenfone max 3 sudah diupgrade ke nougat tetapi ada aplikasi yang tidak bisa berjalan contohya line, instagram padahal saya sudah mengupgrade semua apps tapi tetap saja tidak bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.