Sejak kecil, saya punya impian bisa pergi ke luar negeri, yach, setidaknya bisa ke negeri tetangga. Apalagi bisa bareng sama keluarga. Tapi ada daya, saya bukan orang kaya. Dapat duit dari mana? Eh, berima. (hassle)

Thanks to AirAsia karena mereka memiliki program free seat sehingga impian saya ke luar negeri bisa kesampaian. Berkat program free seat itu pula, tahun kemarin saya bisa ke Singapore bersama dua orang teman, ceritanya untuk”survey” dulu. Dan akhirnya tanggal 4-7 April 2011 kemarin, saya bisa mengajak keluarga ke Singapore.

Nah, seperti paragraf pertama tadi, saya bukan orang kaya, jadi perjalanan ke Singapore tersebut harus benar-benar direncanakan dengan baik, khususnya mengatur agar kantong tidak “bocor”.

Untuk penginapan, ada beberapa alternatif yang bisa dipilih. Di Lucky Plaza, ada cukup banyak kamar yang disewakan dan banyak orang Indonesia di sana. Ratenya berkisar antara SGD 80-100 per malam. Keuntungannya adalah dekat dengan pusat kota dan dekat stasiun MRT. Kelemahannya, kamar mandi tidak di dalam kamar, tapi di luar kamar. Jadi bergantian dengan penghuni/penyewa yang lain.

Alternatif lain adalah Fragrance Hotel. Hotel itu punya banyak cabang dan sebagian diantaranya memiliki tarif yang cukup murah, mulai dari SGD 63an per malam. Saya dan keluarga kemarin menginap di Fragrance Hotel-Crystal. Cuma setelah sampai di sana, saya baru tahu kalo lingkungan sekitarnya ternyata kurang baik, yaitu daerah “lampu merah”. (doh) So kalo memang mau menginap di sana, sebaiknya jangan keluyuran malam-malam (kecuali memang itu yang Anda cari :mrgreen: )

Oh ya, kalau di Lucky Plaza, salah satu keuntungan lain adalah Anda tidak perlu membawa converter colokan listrik dari kaki 3 ke kaki 2 karena hampir pasti tersedia di sana. Kalau di hotel, sebaiknya bawa sendiri atau Anda bakal tidak bisa ngecharge gadget Anda.

Soal transportasi, Anda bisa memilih untuk naik MRT atau bus untuk menghemat biaya. Taksi masih OK lah, asal jaraknya gak terlalu jauh. Saya dan keluarga kemarin memilih untuk selalu menggunakan MRT. Rutenya relatif mudah dipelajari dan dimengerti kok.

Tempat wisatanya bagaimana? Nah, inilah yang paling berpotensi bikin kantong bocor. Universal Studio Singapore jelas sangat recommended untuk dikunjungi, tapi siapkan duit SGD 66 per orang dewasa dan SGD 48 per anak di bawah 12 tahun. Angka itu bisa membengkak hingga SGD 72 dan 52 bila Anda datang ke sana pas weekend.

Masih di pulau Sentosa, ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, antara lain pantai, taman bunga, patung Merlion raksasa, 4D Theater, dan museum. Beberapa di antaranya bayar bila hendak masuk. Dan yang tak boleh dilewatkan adalah pertunjukkan Song of The Sea yang tiket masuknya SGD 10 per orang.

Tempat lain yang bisa dikunjungi adalah Zoo, Snow City, Science Centre, dan Chinese Garden. Ada juga patung air mancur Merlion di dekat Marina Bay. Di patung air mancur Merlion ini, sebenarnya saya dan anak-anak sudah merencanakan hendak berfoto-foto di situ dengan pose unik, misalnya mulut menganga seolah minum air mancur. Tapi sayang sekali, sedang ada event Singapore Biennale di situ, patung Merlion disulap jadi hotel Merlion. Jadi gak bisa foto-foto. (idiot)

Untuk belanja dan beli oleh-oleh, silakan datang ke mal-mal di Orchard Road, pasar Bugis, Chinatown, atau Little India.

Perjalanan saya kemarin total hanya menelan Rp 8.500.000,- sudah termasuk bagasi dan airport tax, gak mahal khan? Hehe :mrgreen:

Oh ya, foto-foto saya dan keluarga selama di Singapore bisa dilihat di sini.

Follow me on social media:
Categories: Sharing

19 Comments

arya · 08/04/2011 at 9:44 pm

mantap mas! oo jadi ini sebabnya 4 hari ga baca milis hihih

nonadita · 08/04/2011 at 9:54 pm

Waaah aku juga mauuuuu…. bentar lagi (>,<)
*gak sabar*

Riza Ramadan · 08/04/2011 at 11:03 pm

Pak, kalo boleh tanya, pak di immigran itu ditanyain akan menginap dimana ga Pak? saya berencana ke singapure dengan sodara saya berdua, dan hendak menginap di apartement teman saya yang di singapure. Terima kasih sebelumnya Pak

    Oom Yahya · 09/04/2011 at 6:30 am

    Tergantung petugas imigrasinya sih. Kadang ada petugas yang tanya detil sekali tapi ada juga yang tanya cuma sambil lalu

Dian · 08/04/2011 at 11:24 pm

Waaaa, ini baru namanya smart travelling ya pak :D

jensen99 · 09/04/2011 at 10:55 am

Pengalaman saya ke negeri tetangga cuma naik mobil ke perbatasan, lalu nyebrang sebentar, liat2 pemandangan (yang tak indah juga) dan merhatiin kendaraan yang dipake di negara sebelah, trus balik lagi ke RI, trus pulang. :))

Anyway, makasih infonya. Saya juga pengen ke S’pore nih. Bukan soal jalan2, tapi kopdar. Ada temen2 blogger disana juga. Mestinya lebih murah kalau nginep di apartemen temen ya..?

Herman Saksono · 09/04/2011 at 1:18 pm

Gimana Mas, seneng nggak anak-anaknya dibawa ke Universal :D

    Oom Yahya · 09/04/2011 at 1:25 pm

    Tentu saja mereka senang Mon, tapi mereka gak berani naik Battlestar Galactica, lagipula yang bungsu belum cukup tinggi :D

      Herman Saksono · 09/04/2011 at 2:36 pm

      Mas Yahya nyoba Battlestar nggak? Serem nggak?

        Oom Yahya · 09/04/2011 at 3:13 pm

        Wah, enggak Mon, kasihan anak2 kalo aku nyoba sendiri

andriansah · 09/04/2011 at 2:19 pm

Apart di lucky plaza bukannya ada jg yg km mandi di dalam?

Berarti brktnya 2 dewasa 2 anak2 yah? boleh juga nih sharingnya bisa buat referensi.

Antyo Rentjoko · 10/04/2011 at 9:52 pm

Soal colokan, hotel di Batam pun meniru Singapura. Orang dari Jakarta jadi kerepotan :D
BTW Geylang memang huahahaahahah, bukan untuk anak kecil :D

ngodod · 11/04/2011 at 9:25 am

waaahhhh, terbayar sudah perjuangan ngubek2 imigrasi ngurus paspor kemarin….
jadi pengen sepedaaan keliling backpaker-an.

Fiz · 11/04/2011 at 4:00 pm

Dana segitu lumayan lah buat dipakai beli mas kawin Om :)

Zippy · 12/04/2011 at 10:12 pm

Whoooa…murah banget mas.
Itu 8.5jt untuk berapa orang mas?
Ah..andai aja Jayapura-Jakarta dekat, saya udah ke Singapor juga :D
Nah ini, tiket Jayapura-Jakarta aja udah hampir 6 jutaan sendiri untuk PP, belum ke Singapurnya :D

    Oom Yahya · 12/04/2011 at 10:39 pm

    Itu 8.5 juta dari Jogja ke Singapore, 4 orang.
    Saya dapat promo free ticket AirAsia, jadi bisa murah.

disty · 28/10/2011 at 3:54 pm

Wah seru banget ya liburannya.. Singapore emang jagonya nyajiin one stop entertainment vacation ya.. Bikin kita ketagihan mau ksana lagi dan lagi..
Oooo yaa buat temen2 yang mau liburan hemat di singapore bs cek http://www.clubsg.sip.sg/diskon mengingat hotel disana yang smakin lama smakin mahal ga ada ruginya loh join ClubSG biar bs dapet diskon 30-40% di 200 hotel di spore dan diskon di resto dan juga tempat2 wisata kaya sentosa..
Jadiii klo bs hemat di singapore knp engga..

nina korda · 29/11/2013 at 4:27 pm

Oom Yahya, mhn infonya y… Om area Lucky plaza yang apart 1 kmr isi ber 3 ada gk ? around SGD 60-80 /mlm. Kami rencana 29 Jan – 4 Peb’14. Bisa tolong rekomend gk dmn kami bs stay ? tentu saja yang private bathroom n AC is a MUST heheee…. Klo gk around lucky plaza, around Bugis, Chinatown, Mustafa ato near MRT jg gpp. Tks y sblmnya.

    Oom Yahya · 29/11/2013 at 8:22 pm

    Wah, kebetulan saya baru 2x ke Singapore dan baru sekali di Lucky Plaza. Sekitar 4 tahun lalu aja sudah 80an SGD loh per malam untuk kamar isi 3 orang.
    Kalau yg lain terus terang saya ndak tau, saya dulu juga cuma googling pas cari penginapan :mrgreen:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.