Firefox 4 Membawa Masalah

Sebagai seorang pemerhati dunia IT, saya berusaha untuk selalu menggunakan peranti lunak yang up-to-date. Nah, sebagai bagian dari dunia IT, tentu saya juga akrab dengan internet. Dan untuk menjelajah internet jelas dibutuhkan browser.

Beberapa hari yang lalu saya sukses upgrade IE8 ke IE9, meskipun saya pakai IE hanya untuk keperluan internet banking. Dalam waktu relatif bersamaan, saya juga update Chrome dan Opera ke versi terbaru.

Ketika akhirnya Firefox 4 resmi dirilis pada 22 Maret 2011 (atau 23 Maret 2011 WIB), tentu saja saya juga ingin menggunakannya. Proses download dan instalasi Firefox 4 berjalan lancar. Lalu saya browsing situs-situs favorit dengan Firefox 4. Tiba-tiba … blink! Monitor saya berkedip. (bigeyes) Dan itu terjadi beberapa kali.

Wajar dong kalau saya menduga Firefox 4 sebagai biang keladinya, wong sebelum install Firefox 4 gak pernah ada masalah. (idiot)

Melalui twitter seorang teman memberitahu bahwa memang ada issue driver VGA dengan Firefox 4. Dari hasil googling, ternyata memang benar. Untuk bisa menggunakan Firefox 4 dengan baik, Anda harus mengupdate driver VGA Anda. Infonya bisa diperoleh di sini.

Karena blinkingnya makin sering, saya uninstall Firefox 4. Lha kok ternyata sami mawon. (doh) Firefox sudah hilang pun monitor tetap berkedip. Akhirnya saya putuskan update driver nVidia terbaru (versi 266.58). Gak sembuh juga. (angry)

Benar-benar pembawa bencana Firefox 4 ini. Sampai-sampai avatar saya di Twitter saya ganti dengan logo Firefox disilang. Eh, kalo nengok akun Twitter saya, sekalian follow ya. (ngacir)

Akhirnya saya melakukan operasi penyelamatan driver VGA saya dengan menginstall kembali driver lama (versi 191.07) sebelum update. Langkah-langkah yang saya lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Uninstall driver sekarang (versi 266.58).
  2. Reboot ke safe mode.
  3. Membersihkan sisa-sisa instalasi driver sekarang dengan Driver Sweeper.
  4. Reboot kembali.
  5. Install driver lama (versi 191.07).

 

Sampai di sini selamat. Monitor tidak lagi berkedip.

Tapi saya tak puas. Mosok kalah sama software. Nah, saya upgrade lagi drivernya, tapi sekarang cuma ke versi 257.21, syarat minimal untuk menjalankan Firefox 4 tanpa masalah. Update berjalan lancar dan monitor tidak mengalami blinking. Lalu dengan perasaan was-was saya install lagi Firefox 4. Dan sejauh ini lancar. Monitor tidak lagi mengalami blinking.

OK, saya mungkin sudah mendapatkan solusi. Tapi tetap saja, Firefox 4 sudah membuat saya kecewa. Mestinya saat instalasi, ada scanning terlebih dahulu, kalau tidak memenuhi syarat, instalasi tidak bisa dilanjutkan. Photoshop saja begitu khan, kalau ada yang tidak terpenuhi, instalasi tidak bisa dilanjutkan.

Jadi buat kamu yang ingin install Firefox 4, pastikan dulu update driver VGA ke versi terbaru yang tidak bermasalah, baru install Firefox-nya. Atau bakal kecewa seperti saya.

Follow me on social media:

Similar Posts

37 Comments

  1. Masih mendhing cuman upgrade diver VGA… Lha kalo musthi upgrade VGA-nya lebih cilaka.. 😀

  2. Kalau boleh tahu, Om Yahya VGA dan OS-nya apa yang dibuat install Firefox 4? Saya sendiri pakai Lenovo G460 dengan VGA NVidia G310M. Di Windows 7, pertama drivernya versi 258.. berapa saya lupa. Installasi berjalan baik, hardware acceleration jalan. Dipakai browsing jalan, tapi kadang2 driver VGA crash dan direcover sama Windows. Saya update ke versi 266, lancar jaya belum ada masalah sampai sekarang.

    Driver Windows saya download di nvidia.com.

    Saya ngetik komentar ini pada laptop yang sama tapi OS Linux Ubuntu 10.10 dengan driver NVidia versi 270 dan Firefox 4. Syukurlah sampai sekarang belum ada masalah.

    1. Saya menggunakan nVidia 7300SE/7200GS di Windows 7. Soal driver saya memang jarang update karena driver lebih baru tidak menjamin lebih baik. Jadi kalau sudah mapan, ya sudah.

  3. Ow gitu ya.. Om, sory oot. Smadav versi terbaru 8.4 apa punya bug juga ya? kayanya komputer saya jadi bermasalah selepas nginstal itu (atau cuma perasan saya aja ya?) :p

  4. Wahihi….untung saya gak ikut-ikutan waktu itu *tertawa diatas penderitaan*

    Kesimpulannya, Firefox 4 itu sama seperti mencintai wanita yang memandang kasta, harus upgrade status dulu #eaaa

  5. Pingback: id-ubuntu blogs » Blog Archive » Nekat Install Firefox4
  6. Saya upgrade ke Firefox 4.0 gak ada masalah sejauh ini di Windows maupun Ubuntu Maverick Meerkat 🙂

  7. wkwkwkwkwk.. sama kayak aku dong kalo gitu..
    perasaan pake versi 4, sering “error” melulu..
    terutama displaynya itu.. kedap-kedip nggak jelas, ya.. walopun nggak parah sih..
    setelah dicek ke websitenya, ternyata kalo ati harus pake versi yang 10.6 or later..
    lha aku masih pake yang versi 9.7 (best driver version for hd 4850)..
    ya udah, berhubung males update driver vga (bisa bikin performa vgaku turun), balik aja deh ke firefox 3.6.. hahahaha

  8. oom, aku baruuuu aja (15:07 18/05/2011) donlot FF4, dan ternyata ngga ketemu masalah kaya oom… (mudah mudahan enggak, hehehehe)… oya, windows yang oom pake apa?? atau FF bentrok dengan program lainnya… ^_^ (hehehe, aku si bodoh sok pinter … padahal ngasal nulis)

  9. Iya neh bikin masalah aja. kasusnya sama yg aku alami. trus, IDM juga g bisa dijalankan ya??? Oia Mas, ada ga versi IDM yg bisa dijalankan di Firefox 4 ini? cara menjalankan menjalankannya gimana? Thanks sebelumnya

  10. MOzilla firefox 4 memang banyak celahnya….
    kemarin, setelah update MF secara online semua database website kami rusak, parahnya lagi……knapa anti virus KIS 2011 mendeteksi semua file di Program Files sebagai virus……

  11. saya mengalami hal yang sama..
    firefox ane bllinking…
    tapi hanya saat buka firefox
    selain itu tidak…
    kenapa ya oom?

  12. sama hal nya dengan saya..
    firefox ane bllinking…
    tapi hanya saat buka firefox saja
    selain itu tidak…
    kenapa ya oom?
    jadi selama ini, kalo ane pas males, ya ga pake FF
    pake chrome saja…..

Leave a Reply

Your email address will not be published.