|

Problem Dengan Windows 8: Low Disk Space

Saya sudah lama sekali tidak menjumpai problem dengan sistem operasi Windows. Problem terakhir terjadi saat masih menggunakan Windows 7 dan itupun sudah lupa apa problemnya.  (hassle)

Selama sebulan saya menggunakan Windows 8, semua berjalan lancar jaya. Sampai tiba-tiba kemarin (2 Desember 2012) muncul warning bahwa space di harddisk saya sudah habis. Ketika saya cek, sungguh ruar biasa karena sisa space cuma 100an MB saja. (doh)

Aneh bin ajaib, padahal baru tiga hari sebelumnya saya cek masih ada sisa 17an GB dan saya tidak melakukan download file apapun yang ukurannya sampai 100MB. Hasil pencarian file dengan ukuran besar dan file yang dimodifikasi dalam beberapa hari terakhir nihil.

Analisis saya, ini pasti perbuatan virus, walau ragu juga karena Windows 8 sudah diperlengkapi dengan Windows Defender yang sebenarnya cukup ampuh. Tapi adanya file yang sangat besar dan tidak bisa ditemukan menyiratkan file tersebut dikunci oleh sistem. Karena itu saya langsung mengambil aksi untuk reboot ke Linux dan mencari file mencurigakan itu.

Tak butuh waktu lama, ketemulah biang keroknya. Ternyata di dalam folder C:ProgramData ada folder bernama Application Data yang melakukan link ke C:Program Data. Tentunya fatal karena akan terjadi rekursi. Folder Application Data itu nantinya akan memuat dirinya sendiri secara berulang-ulang dan tentunya memakan tempat di harddisk.

Saya hapus folder Application Data tersebut melalui Linux. Apesnya, entah apa yang terjadi, seluruh isi folder C:ProgramData ikut terhapus. Ya sudah, jadilah apa jadinya.

Ketika saya boot kembali ke Windows, yang langsung nampak nyata hilang dari halaman Start adalah ikon Dekstop dan Windows Store. Beberapa shortcut aplikasi juga hilang. Lebih parah lagi, aplikasi yang hilang shortcutnya itu sebagian juga “rusak”. Mau tidak mau harus saya install ulang. Untunglah sebagian besar aplikasi itu adalah freeware, malah sekalian saja saya upgrade ke versi terbaru.

Sementara untuk mengembalikan ikon Dekstop dan Windows Store, setelah saya cari info ke sana kemari akhirnya saya temukan bahwa itu harus dilakukan melalui Command Prompt dengan perintah sfc /scannow. Perintah tersebut digunakan untuk mengembalikan file-file Windows yang memang rusak.

Selamat, semua sudah normal kembali. Semua? Nanti dulu. Ternyata Windows Store masih belum berfungsi sempurna. Ketika mencoba melihat review sebuah software, muncul peringatan “Something happened and the Windows Store is no longer working”. Cari ke sana kemari, akhirnya dapat info bahwa ada folder di dalam C:ProgramData yang berhubungan dengan Windows Store, yaitu C:ProgramDataMicrosoftWindowsAppRepository.

Karena folder tersebut termasuk yang terhapus, maka saya buat kembali saya manual. Dan ternyata Windows Store langsung sembuh dan berjalan normal kembali. (dance)

Semoga sharing ini bermanfaat bagi yang juga mengalami masalah serupa di Windows 8.

Follow me on social media:

Similar Posts

14 Comments

    1. Bukan virus dan bukan sepenuhnya bug sih. Folder Application Data itu memang sengaja dibuat untuk menjaga kompatibilitas dengan aplikasi lawas yang dulunya jalan di Windows XP.
      Jika memang tidak dibutuhkan, dihapus saja. Kemarin saya menghapusnya dari Linux, tapi dugaan saya mestinya bisa dihapus dari Windows. Biarkan masuk ke Recycle Bin dulu, kalau ada apa2 masih bisa direstore

      1. Oom Yahya, saya juga mengalami hal yang sama. Kalau mau hapus Application Data dari Windows gimana caranya ya? Saya ubek-ubek direktori nya kok ga ada ya?
        Mohon dibantu oom 🙂

        1. Coba buka File Explorer, klik tab View > Options, lalu pada Folder Options masuk ke tab View, non aktifkan pilihan Hide Protected operating system files.
          Nanti folder itu akan nampak. Cuma hati2 ya kalo hapus folder itu, resikonya besar.

          1. Thanks for fast response om. Tapi sepertinya penyebab Low Disk di saya berbeda dgn om Yahya, karena kalau lihat disk usage menggunakan TreeSize, SSD yang dipakai hanya 46.2GB, tapi kalau di MyComputer 0 byte free of 104 GB. Saya menggunakan Ultrabook Win8 SSD 128GB tanpa partisi. Ada solusi lain kah om? Terima kasih banyak sebelumnya yaa

  1. Om Yahya saya menggunakan Modem Smartfren C682UI di Windows 8 tiba-tiba dalam Minggu ke 3 Internet tidak dpt jalan lagi … dengan catatan : Ur Modem not Found
    Kenapa ya ??? pdhal kupakai skr di Windows 7 masih bisa ; di Install ulang tidak Running ??? bgm solusinya ??
    Tolong ya ?? Terima kasih.

    1. Mbak Maria, saya akan coba carikan dulu solusinya ya soalnya saya belum pernah pakai modem untuk Windows 8 saya.
      Sembari menunggu, coba mention twitter @MSHelpsIndo

  2. sorry, boleh tanya
    kemarin setelah saya install win8, selama 2-3 minggu windows berjalan normal. lalu setelah itu apps desktop dan store tiba-tiba menghilang dan hilangnya secara tiba-tiba, itu karna apa ya?. dan mungkin bisa di beri solusi nya…
    thank’s…

    1. ma’af, mau nambahin sedikit
      dan banyak dari aplikasi- aplikasi saya yang not rasponding ketika di jalankan.

  3. liotonis tsasma shglidzeiat, tumca agnishnuli geli ver uzrunvelyofs arsebuli venebis an kapilarebis gakrobas da ver sheaperxebs momavalshi mati raodenobis zrdis albatobas. tkveni problemis mogvareba sheidzleba sxva metodebit. amastan dakavshirebit shglidzeiat damikavshirdet saitze mititebul teleponebze , kalakis nomerze kovel dge 2 saatamde, mobilurze nebismier dros

Leave a Reply

Your email address will not be published.