|

Kalau XAMPP Ngadat di Windows 8

Namanya juga barang baru, tentu masih senang-senangnya dioprek. Beberapa hari yang lalu saya mengoprek Windows 8 saya dengan menambahkan menu Start ala Windows 7. Ada beberapa yang menarik dan hasil oprekan tersebut saya tulis di tabloid PCplus.

Puas ngoprek, entah kenapa tiba-tiba saya ingin mengganti tema blog saya ini. Sebelum saya terapkan ke blog, selalu saya coba dulu di localhost, apakah berjalan baik atau tidak.

Anehnya, localhost tidak jalan. Padahal baru beberapa hari sebelumnya berjalan baik. Proses upgrade ke Windows 8 jelas bukan tersangka karena pasca upgrade, saya sudah mencoba localhost dan berjalan dengan baik. Oh ya, web server yang saya gunakan adalah Apache yang berasal dari paket XAMPP.

Ketika saya mencoba menjalankan server Apache secara manual, hasilnya nihil. Kecurigaan langsung mengarah pada port 80 yang diblokir oleh sistem dan tidak bisa digunakan oleh Apache. Siapakah yang menggunakan port 80 tersebut?

Untuk mencarinya, saya menggunakan perintah netstat (dari Command Prompt) sebagai berikut:

netstat -aon | findstr 0.0:80

Hasilnya kurang lebih adalah sebagai berikut:

TCP    0.0.0.0:80             0.0.0.0:0              LISTENING       4

Di situ terlihat bahwa yang melakukan listening ke port 80 adalah sebuah service dengan PID 4. Saya membuka task manager dan melihat bahwa service dengan PID 4 adalah ntoskrnl.exe. (bigeyes)

Task Manager - Services

Bagaimana mungkin mampu melawan ntoskrnl.exe? (biyayakan)

Ternyata dari hasil pencarian via Google, service tersebut adalah IIS. (doh) Jadi kemudian saya membuka Control Panel > Programs > Programs and Features > Turn Windows feature on or off. Dari sana, saya mematikan World Wide Web Services. Daaaaan, kini Apache bisa dijalankan kembali. (dance)

Sepertinya memang yang mengaktifkan IIS itu adalah salah satu menu Start yang saya install sebelumnya. Tersangka utama adalah Power8. (hassle)

Follow me on social media:

Similar Posts

12 Comments

  1. Maaf pak saya menggunakan win 8 tapi AppServ kok ngak jalan,padahal sy sudah matikan Wordl Wide web pada windows featured, kenapa ya..?

    1. Wah, mohon maaf saya belum pernah pake AppServ, mungkin ada konfigurasi yg agak beda dengan XAMPP yg saya tidak tau.

  2. waahh pantesan aku install joomla di localhost lama banget ga jalan2… ternyata ngadat di port 80 nya toh… dan tersangkanya adl skype… dan korbannya adl xampp baru aja di-uninstall *terlanjur* -_-

    gitu nggeh om gegara skype?

  3. saya mo nanya..
    saya udah install xampp..udah jaln xamp ny..
    tp pasa masuk ke localhost ko blank y..?
    npa seperti..?
    udah saya ketik: localhost/meco
    tpi tdak mncul/tampil

    1. Coba bikin file info.php yang isinya di direktori htdocs, lalu jalankan localhost/info.php.
      Kalau tidak jalan juga ya berarti instalasinya belum sempurna

Leave a Reply

Your email address will not be published.