|

Cara Cepat Shutdown Windows 8

Satu hal yang kurang menyenangkan saat menggunakan Windows 8 adalah saat melakukan shutdown. Yang pertama adalah karena kita harus berpisah sementara dengan Windows 8 *lebay ahย  (kepruk) * dan yang kedua adalah karena langkah untuk melakukan shutdown tidak praktis.ย Bagaimana tidak, kita mesti membuka Charm Bar dulu, klik ikon Settings, lalu klik ikon Power, lalu pilih item Shutdown.

Ingin melakukan shutdown dengan lebih cepat? Gampang sih, coba ikuti trik berikut:

  1. Klik-kanan ruang kosong di desktop (ingat ya, desktop, bukan Start Page).
  2. Pada menu yang muncul pilih New > Shortcut.
  3. Pada kotak teks tersedia ketikkan “shutdown /s /t 30” untuk melakukan shutdown dengan delay 30 detik atau “shutdown /s /f” untuk melakukan shutdown seketika. (tentu tanda kutip tidak perlu dituliskan).
  4. Klik Next.
  5. Berilah nama untuk ikon tadi, paling mudah ya tentu saja pake nama “Shutdown”.
  6. Klik Finish.

Nah, shortcut Shutdown tadi bisa digunakan untuk melakukan shutdown dengan cepat.

Supaya lebih “cantik”, ikon standar shortcut Shutdown tersebut bisa diganti. Caranya adalah dengan melakukan klik-kanan pada ikon tersebut dan pilih Properties. Pada tab Shortcut, klik tombol Change Icon dan gantilah ikon dengan ikon yang Anda suka. Beberapa ikon shutdown yang cantik bisa diperoleh di sini.

Terakhir, klik-kanan lagi pada ikon Shortcut tersebut dan pilih Pin to Taskbar supaya bisa diakses dari Taskbar. Bila perlu, boleh di-pin pula di halaman Start.

Nah, itulah cara cepat shutdown Windows 8.

Follow me on social media:

Similar Posts

18 Comments

  1. udah lama ga pake win8 yang trial itu, cakep emang tampilannya, tapi aga kurang terintegrasi dengan aplikasi yang saya butuhkan.. nuhun info na kang ๐Ÿ™‚
    Oni Zamroni

  2. Ini ada cara yg lebih keren om forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1898501

    Baru tau ternyata window 8 punya hybrid shutdown

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *