Laporan Euro 2012: Spanyol Yang Terbaik

Tuntas sudah gelaran Euro 2012. Spanyol adalah yang terbaik dengan mengalahkan Italia 4-0.

Sungguh antiklimaks buat Italia. Awalnya mereka tidak tampil buruk dan tidak keder menghadapi Spanyol. Bahkan ketika ketinggalan 1-0, Italia juga masih melawan. Namun sayangnya lini belakang Italia tampil buruk. Koordinasi mereka kurang baik. Tambahan lagi, Chiellini cedera.

Ini tentu secara psikologis lebih “memukul” pemain Italia ketimbang bila Chiellini sudah cedera sebelum bertanding dan tidak ambil bagian sama sekali. Barangkali mudahnya Fabregas menembus Chiellini pada proses terciptanya gol pertama adalah karena Chiellini sudah mulai tidak fit. (Barangkali loh).

Gol kedua Spanyol tercipta dari sisi kanan, sisi pertahanan yang ditempati Abate. Entah kenapa Prandelli memilih Abate ketimbang Balzaretti yang jelas tampil bagus saat melawan Jerman. Apa karena dia penyebab penalti Jerman dan dihukum? Entahlah.

Gol kedua inilah yang rasanya meruntuhkan mental Italia. Apalagi di menit 60, Thiago Motta harus keluar karena cedera, padahal Italia sudah menggunakan 3 pemain cadangan. Ketinggalan 2-0, harus bermain 10 orang pula. Habis sudah. Gol tambahan Spanyol tinggal menunggu waktu saja. Dan benar saja, 2 gol lagi terjadi. Andai saja Italia tetap bermain 11 orang, mungkin setidaknya masih bisa memberi perlawanan, setidaknya mungkin skor akan 2-1 atau 3-1, tidak 4-0 seperti semalam.

Sepertinya memang puncak permainan Italia ada saat melawan Jerman. Puja dan puji terhadap mereka seolah membuat mereka sudah “juara”. Namun di luar itu, memang Spanyol tampil luar biasa dan layak menjadi juara Eropa dua kali berturut-turut, bahkan diselipi dengan Juara Dunia. Selamat, Spanyol.

Follow me on social media:

Similar Posts

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.