Menyambung tulisan yang kemarin, kali ini saya akan berbagi soal konfigurasi multi boot di Windows 7 Beta. Di tulisan yang kemarin itu sudah sempat saya jelaskan bahwa di komputer saya terdapat 4 buah OS, yaitu Windows XP, Windows Vista (yang akhirnya berganti ke Windows 7 Beta), Fedora 10, dan Ubuntu 8.10.

Untunglah kendali booting sebelumnya memang telah ditangani oleh Windows Vista, jadi tidak ada kesulitan berarti saat Windows Vista ditimpa oleh Windows 7 Beta. Saat restart, saya tetap dapat memilih untuk booting ke Windows XP maupun Linux (selain Windows 7 Beta itu sendiri tentunya).

Namun perubahan itu tetap ada. Sekarang opsi booting default ada di Windows 7 dan time outnya berdurasi 30 detik. Bagaimana mengubahnya?

Baca Juga
Masalah Dual Boot Linux-Windows

Sebenarnya mudah saja, Windows 7 Beta masih menggunakan BCD sebagai pengendali booting. Jadi urusan penyuntingan BCD tersebut dapat dilakukan dengan perintah bcdedit.exe.

Namun kalau cuma sekedar mengganti opsi booting default, Anda tidak perlu susah-susah menggunakan perintah bcdedit.exe tersebut. Cara mengganti opsi booting default adalah sebagai berikut:

  1. Klik kanan ikon Computer yang terdapat pada Start Menu dan pilih Properties hingga muncul jendela berisi informasi dasar tentang komputer Anda.
  2. Klik link Advanced system settings yang terdapat pada sisi kiri jendela tersebut hingga muncul kotak dialog System Properties.
  3. Klik tombol Settings pada bagian Startup and Recovery hingga muncul kotak dialog Startup and Recovery.
  4. Pada drop down Default operating system, pilih sistem operasi yang ingin dijadikan default.
  5. Bila perlu, gantilah nilai Time to display list of operating systems dari 30 menjadi nilai lain yang Anda inginkan.
Baca Juga
Menambahkan Favicon di Blog

 

Barangkali hal yang tidak disukai adalah entry yang mengacu ke sistem operasi lama (dalam hal ini adalah Windows XP). Entri tersebut berbunyi "Earlier Version of Microsoft Windows". Rasanya kok gak afdol ya. Bagaimana untuk menggantinya?

Kali ini mau tidak mau harus menggunakan perintah bcdedit.exe. Jalankan Command Prompt sebagai administrator dan ketikkan perintah berikut:

bcdedit /set {ntldr} description "Windows XP"

Nah, sekarang entri untuk booting ke Windows XP akan berganti dari "Earlier Version of Microsoft Windows" menjadi "Windows XP".

Follow me on social media:

12 Comments

najib · 17/02/2009 at 5:44 pm

Mas, sorry…really really out of the topic.
Dimana saya bisa download gardu jaga-nya rakosa ya ? Barangkali sampean bisa menunjukkan link-nya
(sempet mampir ke plurk anda)

Yahya Kurniawan · 17/02/2009 at 6:15 pm

#4
Wah, itu dulu saya pernah rekam langsung dari radio rakosa. Jadi bukan download dari mana-mana. Tapi cuma punya 1 kok :mrgreen:

Sariyatno · 19/02/2009 at 10:56 pm

makasih, pak buat konfigurasi multibootnya, akan saya coba.
salam kenal, dari saya.

dodik · 20/02/2009 at 9:04 am

mantabs tenan bisa nyoba windows 7 pak,

menunggu hardware mumpuni dolo, biar ga dicibir sama win7 . hehe

trims pak

armin · 28/02/2009 at 7:14 am

tolong info…persyaratan hardware untuk instal windows 7 beta…thanks sebelumnya

hanfies · 08/06/2009 at 9:13 pm

bisa ga multiboot dari windows 7 baru instal windows xp soalnya di 7 masih banyak yang belum kompatibel dan saya terlanjur menginstal windows 7. bisa beri tahu langkah nya juga? thanks. (scenic)

rahman · 11/09/2009 at 5:50 pm

mas tadi saya udah nyoba ngubah boot option pd kompter dual boot sya xp-7.tapi kog masih ga bisa…tlong beri tahu saya langkiah demi langkah selengkapnya,dan dikirim ke email saya.rahman_scorpio@yahoo.co.id
terima kasih sebelumnya…..?

edysusanto · 07/10/2010 at 9:34 am

Mas saya pakai BCD 2.2 dan os saya win7 dan linux sabily tapi waktu set bcd di win7 saya defaoult ke linux sabily jadinya win7nya gak bisa kebuka gimana caranya mas ya
terima kasih sebelumnya

ari giduk · 01/08/2011 at 7:56 pm

sukses selalu gan, salam blogger

Kamus Malesbanget Blog » Yahya Kurniawan: Konfigurasi Multiboot Windows 7 Beta · 17/02/2009 at 11:16 am

[…] Planet Terasi […]

Windows Vista » Konfigurasi Multiboot Windows 7 Beta · 17/02/2009 at 11:16 am

[…] Blog Yahya Kurniawan wrote an interesting post today on Konfigurasi Multiboot Windows 7 BetaHere’s a quick excerptMenyambung tulisan yang kemarin , kali ini saya akan berbagi soal konfigurasi multi boot di Windows 7 Beta. Di tulisan yang kemarin itu sudah sempat saya jelaskan bahwa di komputer saya terdapat 4 buah OS, yaitu Windows XP, Windows Vista (yang akhirnya berganti ke Windows 7 Beta), Fedora 10, dan Ubuntu 8.10. Untunglah kendali booting sebelumnya memang telah ditangani oleh Windows Vista, jadi tidak ada kesulitan berarti saat Windows Vista ditimpa oleh Windows 7 Beta. Saat restart, saya tetap d […]

Windows Vista » Yahya Kurniawan: Konfigurasi Multiboot Windows 7 Beta · 17/02/2009 at 12:10 pm

[…] Laptop – Notebooks Drivers Updates wrote an interesting post today on Yahya Kurniawan: Konfigurasi Multiboot Windows 7 BetaHere’s a quick excerpt…saat Windows Vista ditimpa oleh Windows 7 Beta. Saat restart, saya tetap dapat memilih untuk booting ke Windows XP maupun Linux (selain Windows… […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.