Kemarin istri saya mengalami insiden kecil dengan Microsoft Word 2010. Mula-mula dia membuat bagan kerja seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Setelah itu, karena hendak menyisipkan teks di atas bagan, maka dia menekan enter beberapa kali untuk mendapatkan ruang yang luas. Alhasil dokumennya jadi terlihat seperti gambar di bawah ini.

Terlihat pada gambar, bagian bawah bagannya terpotong. Jadi bukannya menambah halaman, tetapi gambar bagan itu malah “bersembunyi”, seolah masuk ke dalam bagian bawah halaman tersebut. Rupanya istri saya tidak menyadari hal itu dan lalu menyimpan dokumen tersebut.

Saat akhirnya dibuka lagi, istri saya bingung, kok gambar bagan yang sudah dibuat banyak yang hilang. (biyayakan)

Ketika dia bertanya pada saya, mulanya saya pun bingung kok bisa bagannya hilang. Untungnya istri saya sempat mencoba menghapus bagian atas dokumen sehingga bagan naik dan muncul kembali.

Akhirnya saya ambil kesimpulan bahwa bila kursor belum mencapai halaman kedua, halaman tersebut tidak akan ditampilkan, meskipun ada objek-objek gambar berada di bawah kursor tersebut.

Jadi untuk menghindari insiden seperti dialami istri saya di atas, kalau hendak membuat bagan panjang atau objek apapun yang memanjang ke bawah, persiapkan terlebih dahulu beberapa halaman dengan menekan Enter agar kursor turun terus ke bawah dan membuka halaman berikutnya atau bila ingin cepat, tekan kombinasi tombol Ctrl+Enter.

Follow me on social media:
Insiden Dengan Microsoft Word 2010
Tagged on:

4 thoughts on “Insiden Dengan Microsoft Word 2010

  • 09/03/2012 at 7:59 pm
    Permalink

    Tulisan yang menarik..
    *salim*

    Reply
    • 09/03/2012 at 8:30 pm
      Permalink

      salim juga ndal

      Reply
    • 09/03/2012 at 8:30 pm
      Permalink

      Waduh, aku ndak pernah pake Latex

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *