Ubuntu 12.04 yang diberi nama Precise Pangolin sebentar lagi bakal rilis. Biasanya sih saya menunggu hingga versi rilis, baru melakukan instalasi tetapi karena ada pesanan tulisan sehubungan dengan fitur-fitur baru Ubuntu 12.04 tersebut, maka beberapa hari yang lalu saya melakukan instalasi Ubuntu 12.04 versi beta.

Satu hal yang membuat saya terkesan adalah HUD. Apa itu HUD?

HUD adalah singkatan Head Up Display. Pada dasarnya, HUD adalah pengganti menu.

Jadi selama ini, untuk mengerjakan sesuatu pada lingkungan berbasis grafis, umumnya kita mengandalkan menu untuk mengakses perintah tertentu. Kelebihan menu adalah susunannya yang teratur dan terstruktur. Namun terkadang saking terstrukturnya, kita malah sulit menemukan suatu item menu karena tersembunyi di dalam sub-sub-sub menu.

Microsoft sudah mencoba terobosan baru dengan menggunakan model ribbon pada beberapa aplikasinya, yang terpopuler tentu saja adalah Microsoft Office. Namun ribbon sebenarnya cuma menggantikan model menu teks dengan gambar ikon.

HUD pada Ubuntu 12.04 ini mengambil pendekatan berbeda. Mula-mula HUD kita aktifkan dulu dengan menekan tombol Alt, lalu pada area HUD kita cukup mengetikkan kata kunci perintah yang hendak dijalankan. Pada area HUD tersebut akan muncul daftar perintah yang sesuai dengan kata kunci perintah tadi.

Keuntungan penggunaan HUD adalah kita bisa dengan cepat menemukan perintah yang sesuai dengan keinginan. Misalnya saja kita sedang bekerja dengan LibreOffice Writer dan ingin mencetak, ketikkan saja “Print” pada HUD. Atau katakanlah kita ingin memberi efek bayangan saat bekerja mengolah gambar, ketikkan saja “shadow” pada HUD.

Ke depan, HUD akan terintegrasi dengan voice command, jadi akan makin cepat lagi akses ke suatu perintah karena kita tidak perlu mengetikkannya, cukup dengan ngomong.

Jika Anda penasaran dengan HUD dan ingin mencobanya, jalankan perintah berikut:

  • sudo add-apt-repository ppa:unity-team/hud
  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get dist-upgrade

Demo HUD bisa dilihat di sini.

Follow me on social media:
Categories: Linux

3 Comments

rotyyu · 15/03/2012 at 8:58 pm

Sudah lama tak upgrade Ubuntu. Versi yg hingga kini masih jalan di laptop adalah 10.04

alfa · 05/05/2012 at 11:07 pm

tulisan yg sgat bgus om yahya. Sy byk belajar dr anda, t’utama tentang wp. Dl ps msh sma sy p’nah pinjem buku wp krangan yahya kurniawan. Dr sanalah sy tw mengenai blog.
Slm kenal y om. Jgn lp knjungi blog sy, n jgn lp kmentar ny .

Plurk · 06/07/2012 at 4:50 pm

Besok nyoba ah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.