Setelah upgrade ke Windows 10, mungkin sebagian dari Anda akan menyadari kalau ruang kosong di harddisk (khususnya drive C) akan menyusut drastis. Kalau Anda tidak/belum sadar, ya sekarang tak kasih tau, lihatlah ruang kosong di drive C komputer Anda. (upss)

Mengapa bisa begitu? Karena Windows 10 akan mem-backup Windows versi sebelumnya sehingga kalau ada apa-apa, upgrade ke Windows 10 bisa dibatalkan dan sistem operasi akan dikembalikan ke versi Windows sebelumnya. Backup itulah yang memakan tempat di harddisk.

Nah, kalau Anda betul-betul sudah mantap untuk move on dan meninggalkan mantan Anda (mantan OS maksudnya), backup sistem operasi lama itu bisa dihapus supaya ruang kosong di harddisk lega kembali. Cara menghapus backup tersebut ternyata relatif mudah.

Klik kanan drive C dan pada menu yang muncul pilih Properties. Pada kotak dialog Properties, pastikan tab General yang aktif, lalu klik tombol Disk Cleanup.

Drive C Properties

Disk Cleanup mula-mula akan melakukan kalkulasi terhadap file-file yang bisa dibersihkan. Setelah itu, Disk Cleanup akan menampilkan kategori file apa saja yang bisa dihapus.

Disk Cleanup

Perhatikan bahwa di bagian bawah terdapat tombol Clean up System Files. Klik tombol tersebut agar aplikasi Disk Cleanup juga menyertakan file backup sistem operasi lama sebagai file yang harus dihapus. Nah, perhatikan sekarang bahwa pada daftar yang ditampilkan oleh Disk Cleanup terdapat kategori Previous Windows Installation(s).

Disk Cleanup

Pastikan item tersebut dicentang dan bila perlu centang juga kategori lain yang ingin Anda hapus, lalu klik OK. Proses pembersihan akan dilakukan dan kini harddisk Anda akan mempunya ruang kosong yang lebih lega.

Follow me on social media:
Harddisk Penuh Setelah Upgrade Windows 10? Ini Solusinya
Tagged on:     

6 thoughts on “Harddisk Penuh Setelah Upgrade Windows 10? Ini Solusinya

  • 04/08/2015 at 10:08 am
    Permalink

    Kalau sudah dihapus tapi masih pengen balikan sama mantan gimana om? soalnya yang baru ini konon cuma free services hanya setahun, jadi kadang masih terbayang-bayang si-mantan om. :D

    Reply
    • 04/08/2015 at 10:18 am
      Permalink

      Kalo sudah dihapus ya tamat riwayat si mantan (lmao)
      Kudu install ulang.
      Free service setahun? Siapa bilang? Upgrade kalau dalam 1 tahun setelah rilis itu free dan selamanya akan dapat service, lewat 1 tahun setelah rilis baru kalau mau upgrade harus bayar.

      Reply
  • 20/05/2017 at 9:33 pm
    Permalink

    Om boleh bertanya ga?

    Reply
    • 26/05/2017 at 10:37 pm
      Permalink

      Ya tentu saja boleh :D

      Reply
  • 17/11/2017 at 3:44 pm
    Permalink

    om , kok saya pas udah ke disk cleanup , liat daftar yang namanya previous windows instalitation nya gak ada ?, jadi hapusnya gimana ?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.