Excel 2007 Tips: Judul Tabel Di Setiap Halaman

Pada pembuatan tabel di sebuah spreadsheet, baris pertama — atau setidaknya baris-baris awal — pastilah berisi judul kolom. Bila pada suatu saat Anda mengerjakan tabel yang panjang sehingga halaman spreadsheet harus digulung ke bawah, judul kolom pastilah akan “hilang” ke atas. Hal ini sering menimbulkan kesulitan bagi sebagian orang tertentu karena setiap kali ia harus menggulung spreadsheet ke atas untuk melihat judul kolom.

Solusi bagi masalah seperti itu saat sedang berada di depan komputer cukup mudah. Baris yang mengandung judul kolom tinggal dibekukan (freeze) sehingga bila baris di bawahnya digulung ke atas, baris judul kolom tersebut akan tetap nampak di layar monitor.

Bagaimana sekarang bila tabel hendak dicetak dan hasil cetak tersebut terdiri dari beberapa halaman? Tentu tidak lucu bila Anda sedang membaca halaman ke empat misalnya, Anda harus membuka kembali halaman pertama hanya untuk melihat judul suatu kolom. Untuk masalah seperti ini, Anda dapat mencetak judul kolom di setiap halaman, jadi Anda tidak perlu bolak-balik ke halaman pertama lagi hanya untuk melihat judul kolom.

Pada Excel 2007, hal tersebut dapat dilakukan dengan masuk ke Ribbon Page Layout dan mengklik tombol kecil di group bar Page Setup.

Dengan melakukan hal tersebut, akan muncul kotak dialog Page Setup. Masuklah ke tab Sheet.

Tentukan baris yang akan dicetak di setiap awal halaman melalui kotak teks Rows to repeat at top. Gampangnya, klik saja tombol di sisi kanan kotak teks tersebut, lalu lakukan seleksi terhadap baris yang diinginkan.

Mudah, bukan? Selamat mencoba.

Follow me on social media:

Similar Posts

9 Comments

  1. Kalau yang freeze panes sudah lama saya pakai.
    Tapi kalau yang untuk di-print (rows to repeat at top) barusan saya coba dan berhasil.

    Trims buat tips nya. Ditunggu tips-tips yang lain 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.