Review Singkat Fedora 9

Ah, akhirnya kesempatan untuk menginstall Fedora 9 datang juga. Saya bisa menuntaskan rasa penasaran terhadap Fedora 9 sekaligus bisa menggali ide baru untuk artikel Linux di majalah INFO Komputer.

Sejak Fedora 6, saya selalu mencari media instalasi yang berformat DVD. Maklum, kalau pakai yang CD, saya harus menenteng 5 buah CD ke mana-mana. Apalagi katanya Fedora 9 ini menggunakan 6 buah CD. Semakin gemuk saja.

Fedora 9

Dan ternyata, saat instalasi, saya menemukan cukup banyak paket baru yang disertakan pada media instalasinya. Dua di antararanya yang sempat membuat saya bersorak kegirangan adalah Drupal dan WordPress. Jadi saya tidak perlu repot lagi mendownload kedua CMS itu serta menginstallnya secara manual.

Seperti biasa, proses instalasi berjalan mulus. Tidak ada hambatan yang berarti. Hanya saya harus selalu berhati-hati untuk memilih letak partisi karena harddisk saya penuh dengan sistem operasi yang lain. :mrgreen:

Walaupun secara default menggunakan Gnome namun saya selalu memilih KDE sebagai desktop manager. Apalagi Fedora 9 telah diperlengkapi dengan KDE 4. Ternyata kehebohan pra dan pasca rilis KDE 4 bukan sekedar euphoria saja. KDE 4 memang benar-benar bagus. Apalagi didukung dengan Xorg versi 1.5. Tampilannya jadi benar-benar mak nyussss.

Seperti biasa, desktop Fedora selalu bersih dari ikon. Buat saya itu sungguh menyenangkan. Namun bila Anda menyukai desktop yang penuh dengan aksesori, Anda dapat menambahkan berbagai macam widget ke dalamnya. Arahkan saja mouse pointer ke sudut kanan atas desktop hingga muncul tombol Add Widget, klik tombol tersebut, pilih widget yang disukai.

Satu hal yang agak mengganggu, driver nVidia yang tersedia dari Livna belum ada yang mendukung Xorg 1.5. Saya belum menyelidiki apakah di situs resmi nVidia sendiri sudah ada drivernya. Mudah-mudahan nanti saya ada kesempatan untuk ngoprek hal ini.

Yang bikin saya senang, tab Replace di fitur AutoCorrect OpenOffice.Org bawaan Fedora sudah dimunculkan. Inilah yang dinanti-nantikan oleh sekian banyak penggemar Fedora sejak Fedora Core 5. Terima kasih Fedora, ternyata engkau memiliki “telinga” untuk mendengar kebutuhan penggemarmu.

Oh ya, kalau Anda pecinta mp3, video, dan animasi flash, bersiaplah untuk sedikit berupaya mencari piranti lunak yang tepat karena pengembang Fedora tetap bersikukuh untuk tidak menyertakannya.

Follow me on social media:

Similar Posts

35 Comments

  1. Wah..bingung dah….
    Vavai baru cerita soal LiveUSB di OpenSUSE.
    P’ Yahya ngomporin Fedora 9.
    Di rumah, Hardy Heron belum sempat tersentuh…

    Yang mana yang dicobain duluan ya….?

  2. Oh ya, kalau Anda pecinta mp3, video, dan animasi flash, bersiaplah untuk sedikit berupaya mencari piranti lunak yang tepat karena pengembang Fedora tetap bersikukuh untuk tidak menyertakannya.

    . Kan udah ada livna? 😀

  3. hati-hati kalo pake aplikasi CMS bawaan distro, karena seringkali kalo upgrade bisa jadi bermasalah, apalagi kalo sudah di-tweak sana sini ama Fedoranya sendiri

  4. hoho.. saya lebih suka turunan Debian.. 😀

    apt-get-nya itu loh.. manstab.. tentunya dibutuhkan koneksi internet dahsyat..

    dan saya juga lebih suka pake GNOME daripada KDE..

    tapi, apapun pilihannya, minumnya tetep teh poci..

    gyahahaha…

  5. Berarti DVD Fedora 8 ku yang kemarin sudah basi hhehee.. padahal baru sempat testing install belum diapa2ain .. :D.

    Pak request ya, kapan2 review Centos ..

  6. ya yang ditunggu-tungu datang juga, mudah mudahan dikit masalahnya, terutama ketika melakukan upgrade system lama

  7. #17
    Wah, saya ndak punya Centos 🙂

    #18
    Pengalaman teman saya yang suka upgrade sih biasanya ndak ada masalah

    #19
    Sama-sama, mas. Silakan langsung mencoba sendiri kecanggihan Fedora. BTW, “Core”-nya udah nggak dipake lagi.

  8. wah.. saya baru fedora 7!
    gimana dengan hardware pak? apa fedora 9 rakus hardware?
    baru coba yg live cd-nya, pengen upgrade, tapi lagi-lagi alasan waktu, duh…

  9. hallo yahya… salam kenal kembali 😉 ini kali pertama ria mampir disini jugaaa, hihihi.. sumprit gag mudeng sm topic di atas ;p maklum buta yg kaya gtuan hihihihi………

  10. fedora man punya jadwal release 6 bulan sekali yak?
    malah jadi pengen yang 10, lho!!
    (fedora8-cihui, compizfusion-cihui, mplayer-masih diutak atik biar-cihuy)

  11. pak tanya. ak biz download tp yg fedora 9 yg cd. mklm klo dvd mbuthkan wktu berjam2. mknya yg cd az biar cpt gt. masalahnya ak dah terbiasa pk gnome, yg ak donlot it pk kde 4. gmn spy bs tdpt 22nya, ato klo ndk ak pengen yang gnome. thengs bifor;-)

  12. alasan milih kde apa ya pak?
    saya nyoba f8 ama f9 livecd gagal install..ngehang dia..ya udah..gak jd.. 🙁
    terakhir f7 yg bs..tp kan dah ngga di-support lg..

  13. akhirnya berhasil pasang fedora 9 walau booting live cd agak lambat (ram 256) dan gnome panel trouble.. 🙂

  14. Kalo pake fedora 9 miniaml spek hardware apa aja? Pentium II bisa ga yach, terima kasih

  15. mas, newbie nih aq mau pake browser mozilla di fedora 9 gmn ya?? udah koneksi ke internet. tolong step by step nya ya + url tuk donlot kl ada?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *