Kudus, sebuah kota kecil di belahan utara Jawa Tengah, cukup spesial bagi saya. Saya sering berkunjung ke sana karena ada banyak saudara saya yang tinggal di sana.

Kudus bukan hanya terkenal dengan industri rokok dan penghasil atlet bulu tangkis legendaris. Kudus juga terkenal dengan ragam masakannya yang lezat. Sebut saja Soto Kudus, Nasi Pindang, Nasi Gandul, dan Sate Kerbau. Uniknya, daging yang digunakan pada masakan-masakan tersebut adalah daging Kerbau.

Selain masakan-masakan yang sudah cukup populer tersebut, ada satu lagi masakan khas Kudus yang relatif masih kurang bergaung bila dibandingkan "saudaranya", yaitu Lenthog.

Lenthog boleh dibilang merupakan "kawin silang" antara opor dan sayur gori (nangka muda). Isi Lenthog adalah ketupat, gori, tahu, tempe, dan berkuah yang mengandung santan. Bagi yang suka pedas, tersedia juga kuah pedasnya.

Di Kudus, ada satu daerah yang menjadi sentra penjualan Lenthog. Ada beberapa warung sekaligus yang berjualan Lenthog dan lokasinya berderet-deret.

Di luar Kudus, warung atau restoran yang menjual Soto dan Pindang relatif mudah dijumpai, namun hampir tidak ada yang menjual Lenthog. Dan saya sangat senang ketika tahu bahwa ternyata di Jogja ternyata ada yang menjual Lenthog, yaitu di rumah makan Omah Kudus, tepat di sebelah utara SPBU Monjali.

Lumayan, bisa jadi "tombo kangen" (pemuas rasa rindu) tanpa harus jauh-jauh datang ke Kudus.

Yuk, mari makan.

Follow me on social media:
Categories: Kuliner

32 Comments

dtrs · 17/04/2009 at 10:51 am

jujur saya baru dengar nama makanan ini…
lenthog ya???
wah, jadi pengen nyobain… kayaknya enak dimakan pas sarapan atw makan malem kali ya….??

Chic · 17/04/2009 at 11:27 am

cih! melapaaaar :-&

meong · 17/04/2009 at 11:49 am

wuahhhhh….thanks bgt artikelnya, mas :)

udah lamaaa mo nyobain menu satu ini, tp krn msh asing, seringnya selalu kalah sama soto kudus :D

thanks juga dg adanya fotonya.
sipppp…sipppp….
*lgsg masukin list menu yg harus dicoba*

btw aku msh penasaran sama brongkos yg pernah sampeyan tulis itu lho, di belakang kranggan ya?
sayang e kok esuk bianget…. :p

Yahya Kurniawan · 17/04/2009 at 11:53 am

#1
Kalo di Kudus memang hanya dijual di pagi hari.

#2
Yuk makan Chic (ninja)

#3
Sip, apa mau kopdar makan brongkos dan kopdar makan lenthog?

indra · 17/04/2009 at 12:53 pm

Bagaimana dengan swikee, ikan panggang?

Di Kudus memang daging kerbau lebih disukai dibanding daging sapi. Jadi, soto, sate lebih banyak dari daging sapi.

imho, sega gandul bukannya banyak di daerah Pati, Jepara?

fahmi! · 17/04/2009 at 1:00 pm

wah aku belom pernah makan yg beginian ini, sepertinya menarik.
laparr!!

meong · 17/04/2009 at 2:14 pm

AFAIK, pake daging kebo karena kebiasaan ketika masih jaman para walisongo. dulu, kudus banyak pemeluk hindu d mana sapi adalah binatang suci. jadi sunan kalijaga, utk menghormati kepercayaan mereka, pake daging kerbau kalo mo daging2an.

getu….

cK · 17/04/2009 at 2:55 pm

belom pernah nyoba… :|

Yahya Kurniawan · 17/04/2009 at 3:02 pm

#5
Swikee kayaknya khas Purwodadi. Kalo nasi Gandul banyak juga di Kudus yang jual.

#6
Saatnya untuk mencoba :mrgreen:

#7
Yup, sepertinya begitu

#8
Makanya nyoba

bodrox · 17/04/2009 at 8:27 pm

uenak banget sepertinya…. maknyus…
doh bisa dikirim fia fedex ngak seh :)

geblek · 17/04/2009 at 8:43 pm

seperti gudek :)

LuXsmaN · 18/04/2009 at 4:43 am

baru tau ada makanan seperti ini…..

Joo · 18/04/2009 at 6:50 am

yaww…..
jadi laperrrr……… ngomongin Lontong….
pageĀ² enak neh opor….

goen2x · 19/04/2009 at 7:26 am

ah, untung bukan mbak med yg review.

bolehlah ini dipercaya! :mrgreen:

antobilang · 20/04/2009 at 12:16 pm

(kepruk) (idiot) pentung2 cuma pamer, gak ada oleh2 buatku!

zam · 21/04/2009 at 10:34 am

pengaruh Hindu di Kudus membuat sapi menjadi hewan suci yang haram dikonsumsi. maka dipakailah daging kerbau.. :D

tapi sekarang banyak juga soto yg pake daging sapi di kudus, ya mas? :D

Grace · 21/06/2009 at 5:47 pm

waaah,,, jadi pengobat rasa rindu ni…. sejak kuliah d bandung jadi jarang pulang Kudus… jadi yha… jarang makan lenthog, sate kerbau…
(yahoo)

debm · 29/07/2009 at 7:40 pm

(hassle) jadikan lentog menjadi kuliner andalan kota kudus

Dian rosarini ikasari · 19/10/2009 at 10:28 am

Diplgkaraya gak ada lenthog,jd kngen bgt,pengenx plg kds,trs mkn lenthog,soto,pindang,jenang,garangasem…

ririn · 24/10/2009 at 6:20 pm

kgen ama lentog tanjung…………………!!!!!!!!!

pgen pulang…

ihsan · 16/11/2009 at 4:10 pm

makanan favorit waktu tinggal sekolah di kudus

tony · 01/12/2009 at 5:08 pm

:mrgreen: di pasar dawe, kuga terdapat lentog yng enak,beserta telur puyuh.. manyus? sabi/bisa.

ndutimudh · 03/12/2009 at 6:31 pm

wuiiiiiiiiiiich…. kangen pgen mkan lenthog… mau plg kdus aaahh

dany · 30/12/2009 at 11:15 pm

besok sabtu pulang, baca artikel ini jadi pengen..
thanks

Sholie_poenya PC · 30/06/2010 at 6:59 pm

Dilhat dari foto sepertinya enak dehhh tapi gk tau juga ya,,, enak apa gak.

Sholie_poenya PC · 30/06/2010 at 7:00 pm

Dilhat dari foto sepertinya enak dehhh tapi gk tau juga ya,,, enak apa gak. (hungry) (hungry) (smileydance)

nanda nasukha · 08/09/2010 at 11:53 am

saya suka ama lenthog tanjung tapi porsinya sedikit banget!!!!

kharisma nasukha · 08/09/2010 at 11:58 am

saya dr cengkareng pernah kekudus makan lenthog pake iwak kutuk rasane ejib bangeeeeet (mmm) (hungry)

Bu Djoko · 23/10/2016 at 6:26 am

Di Omah Kudus sudah tidak jual lentog kudus. Kemarin saya beli di jl Tino Sidin Yogyakarta, depan toko besi Mega jaya. Ancer2: pom bensin kadipiro ke utara. Lumayan sbg tombo kangen.

    Oom Yahya · 25/10/2016 at 10:03 am

    Wah, terima kasih informasinya.
    Kapan2 saya coba yg di jl. Tino Sidin

Kudus: Tak Sekedar Kota Kretek | normaulia · 14/01/2016 at 4:07 pm

[…] juga gitu, ini mungkin lontong tapi salah tulis. Hahaha. Dan ternyata benar makanan ini sejenis lontong opor tapi ada nangkanya, enak siih sayangnya lidah terbiasa makan masakan Jawa Timur, jadi saat memakannya rasa lenthog ini […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *