Video Conference Pengganti Zoom – Sejak digalakkan WFH (Work From Home) alias kerja dari rumah, aplikasi video conference langsung naik daun, mulai dari yang sederhana seperti WhatsApp video call hingga ke aplikasi yang relatif lebih “rumit” seperti Skype, Google Hangout Meet, Microsoft Team, Webex, dan lain-lain. Namun yang paling terdengar gaungnya adalah Zoom.

Sayang sekali, ada banyak review kurang baik terhadap Zoom dari sisi keamanannya. Ada banyak akun yang dibobol dan diperjualbelikan di dark web, lalu ada video conference yang disusupi, termasuk video presentasi dari Wantiknas (Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional) yang disusupi dan pada layar muncul video porno.

Nah, daripada selama video conference merasa khawatir bakal ada pembobolan, mending cari alternatif lain. Salah satu alternatif video conference pengganti zoom yang tersedia adalah Jitsi.

Di Platform Windows/Mac Cukup Pakai Browser

Jitsi merupakan aplikasi video conference yang bersifat open source. Seperti halnya aplikasi open source lainnya, Jitsi terkenal andal dalam hal security. Sudah begitu, Jitsi relatif mudah digunakan.

video conference pengganti zoom

Pada platform Windows atau Mac, tak perlu ada aplikasi apapun yang perlu diinstall. Cukup buka browser dan arahkan ke meet.jit.si.

Saat pertama kali dipanggil, Jitsi akan menawarkan apakah kamu hendak menginstall ekstensi pada browser yang kamu gunakan. Ekstensi ini digunakan untuk mengintegrasikan Jitsi dengan Google Calendar atau Office 365 sehingga kamu bisa mengelola jadual konferensi video dengan lebih baik. Abaikan jika kamu tak membutuhkannya.

Untuk memulai konferensi video, kamu tinggal mengetikkan nama room (ruang pertemuan) pada kotak Start a new meeting lalu klik Go. Tentukan nama room tersebut seunik mungkin, jangan terlalu generik supaya tidak ada yang menyamai. Contoh nama room yang unik misalnya: OomYahyaPresentasiLaptop16042020.

Setelah kamu mengklik Go, browser akan meminta izin untuk menggunakan mikrofon dan kamera. Tentu saja kudu kamu izinkan dengan mengklik allow.

Browser kemudian akan menampilkan apa yang tertangkap oleh kamera PC/laptop kamu (dalam hal ini adalah wajah kamu).

Untuk mengundang peserta konferensi video, kamu tentu saja harus memberitahukan nama room atau langsung menggunakan URL meet.jit.si/namaroom.

Peserta yang menggunakan laptop bisa langsung join dengan mengklik URL yang dibagikan atau membuka meet.jit.si dan memasukkan nama room pada kotak Start a new meeting lalu klik Go.

Aplikasi Jitsi di Android dan iPhone

Jika kamu ingin menggunakan Jitsi di platform Android dan iPhone, kamu wajib install aplikasi terlebih dahulu.

Pengguna Android silakan klik link ini untuk menginstall Jitsi.

Sedangkan pengguna iPhone silakan klik link yang ini.

video conference pengganti zoom

Saat pertama kali menggunakan aplikasi Jitsi, baik pada Android maupun iPhone, kamu harus mengizinkan penggunaan kamera dan mikrofon.

Fitur-fitur yang ada pada aplikasi Jitsi mobile ini sama seperti fitur Jitsi yang dibuka melalui browser, hanya mungkin bagi orang-orang tertentu kurang menyenangkan karena layarnya jauh lebih kecil.

Pengaturan Jitsi Saat Konferensi Video

Saat melakukan konferensi video dengan Jitsi, ada tiga buah tombol utama yang terdapat di bagian bawah. Ketiga tombol ini sama baik pada versi desktop maupun mobile.

video conference pengganti zoom

Ketiga tombol tersebut adalah tombol pengaturan mikrofon, tombol untuk mengakhiri panggilan video, dan tombol pengaturan kamera.

Pada smartphone, baik Android maupun iPhone, tombol pengaturan mikrofon dan kamera hanya memiliki satu fungsi saja, yaitu menonaktifkan/mengaktifkan mikrofon dan kamera.

Pada desktop, khususnya bila menggunakan PC, ada kemungkinan pada tombol mikrofon dan kamera terdapat fungsi tambahan selain menonaktifkan/mengaktifkan, yaitu memilih device mikrofon dan kamera yang akan digunakan (dengan catatan bila pada PC yang digunakan adalah lebih daripada satu device mikrofon dan/atau kamera).

Pada desktop ada juga pengaturan lain yang diwakili melalui tombol-tombol yang ada di bagian bawah layar, misalnya tombol untuk mengaktifkan share desktop, tombol untuk chat, tombol untuk mengatur tampilan video menjadi tile, tombol info, lalu ada tombol menu yang di dalamnya ada beberapa menu pengaturan lain.

Sedangkan pada versi mobil, pengaturan disembunyikan di dalam menu. Maklum, ruang layarnya relatif kecil.

Kelebihan dan Kekurangan Jitsi

Jika kamu serius ingin mempertimbangkan penggunaan Jitsi untuk konferensi video, berikut kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Jitsi adalah:

  • Free dan open source, bisa diinstall di server sendiri.
  • Security dan privacy sangat diperhatikan.
  • Tak ada batasan peserta, yang membatasi adalah spesifikasi server, makin bagus spesifikasi server, maka makin banyak peserta yang bisa ditampung.
  • Tak ada batasan waktu.
  • Memiliki fitur chat.
  • Bisa share isi layar, termasuk share aplikasi yang ada di layar, dan juga video Youtube.
  • Konferensi video bisa diberi password.
  • Ada statistik lamanya masing-masing peserta berbicara.
  • Bisa untuk live stream.
  • Layar bisa direkam.

Sedangkan kekurangannya adalah:

  • Nama room bebas membuat sendiri, tidak digenerate oleh Jitsi. Jadi host wajib membuat nama yang unik, jangan terlalu generik karena ada kemungkinan disamai oleh orang lain.
  • Tidak ada approval terhadap peserta, jadi siapapun yang tahu nama room bisa join. Cuma ya kalau dipikir-pikir, misalnya pesertanya 200 gitu, apa ya gak repot kalau harus approve satu persatu.
  • Kualitas audio kurang begitu baik.

Kesimpulan

Terlepas dari berbagai kekurangannya, Jitsi sangat layak dipilih sebagai alternatif video conference pengganti Zoom karena toh kelebihannya banyak.

Apalagi karena open source, ada beberapa pihak yang juga membuat layanan video conference berbasis Jitsi menggunakan server di dalam negeri, otomatis lebih hemat bandwidth. Salah satu contohnya adalah https://meet.biznetgio.com/.

Follow me on social media:

6 Comments

Eddy Fahmi · 18/04/2020 at 2:19 pm

Secara teknis jitsi sudah ok. Tapi kalo teman2 maunya meeting via zoom ya gimana lagi. Seperti telegram sebenernya juga bagus, tapi saya sendiri lebih banyak ngobrol via whatsapp – ya karena teman2nya eksis di whatsapp bukan telegram.

Bang Emmet · 18/04/2020 at 3:10 pm

Wah, keren nih kayaknya Jitsi. Mau pake ah ?

Zam · 19/04/2020 at 6:18 pm

untuk alternatif sih oke. kita lihat apakah bisa sepopuler Zoom?

deddyhuang.com · 20/04/2020 at 8:15 am

Makasih om yahya udah perkenalkan jitsi

Robi Setiawan · 21/04/2020 at 2:38 pm

Berarti kalau tidak ada fitur waiting room, bakal senasib juga seperti zoom bombing ya pak? Hehe.

Halodoc, Aplikasi Konsultasi Kesehatan Online - BOY: Blog Oom Yahya · 26/05/2020 at 10:42 am

[…] Untungnya, teknologi memudahkan kita untuk bisa bertemu dengan dokter tanpa secara fisik harus berdekatan. Dahulu komunikasi bisa dilakukan via telepon, sekarang jauh lebih mudah lagi, karena internet memungkinkan kita tak hanya sekadar melakukan percakapan suara tapi juga percakapan video. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *