Belanja online nampaknya bakal terus menjadi trend, termasuk di Indonesia. Meski memiliki sedikit kelemahan seperti tidak memegang langsung barang yang hendak dibeli serta harus menunggu proses pengiriman, namun kelebihannya bisa jadi menutupi kekurangannya, seperti tak perlu keluar rumah, lebih bebas memilih, lebih hemat waktu, bisa sewaktu-waktu, dan lain-lain. Juga tak perlu sungkan sama penjaga tokonya bila tidak jadi beli, hehe.

Hal-hal yang dianggap merugikan tersebut tidak menghalangi minat orang untuk mencoba dan memanfaatkan pembelian melalui toko online. Faktanya, program-program flash sale yang diadakan oleh toko-toko online selalu dipadati pengunjung dan barang yang dijual ludes dalam hitungan jam, kadang malah menit.

Tak heran bila toko online dianggap merupakan ladang bisnis yang menarik, apalagi jika barang yang dijual merupakan barang yang “fast moving” seperti gadget misalnya. Begitu menariknya sehingga JD, sebuah perusahaan online direct sales terbesar di Asia, juga memutuskan hadir di Indonesia. JD Indonesia mulai beroperasi hari Jumat, 30 Oktober 2015 dan hadir dalam bentuk toko online dengan nama domain yang relatif mudah diingat, jd.id.

Perhatikan bahwa TLD .id yang dipilih oleh JD menunjukkan bahwa toko online ini serius membangun bisnis di Indonesia, jadi bukan sekedar menggunakan subdomain atau direktori di domain utama. Apalagi kita sama-sama tahu bila nama domain hanya dua huruf, harganya pasti relatif mahal.

JD

Barang yang dijual oleh JD Indonesia adalah barang yang banyak diminati oleh konsumen online di Indonesia, yaitu gadget. Di samping itu ada pula peralatan elektronik yang lebih besar seperti printer, scanner, dan televisi.

Untuk menarik minat calon konsumen, JD Indonesia bekerja sama dengan Lenovo menjual Lenovo A2010 secara ekslusif dengan harga menarik pula. Bukan cuma Lenovo A2010 yang harganya menarik, beberapa gadget lain pun kalau saya bandingkan dengan toko online sejenis, harganya juga relatif lebih murah, misalnya Samsung Galaxy S6 Edge dan iPhone 6S. Yang iPhone 6S 16 GB malah di bawah 10 jutaan harganya, sementara saya lihat di tempat lain masih di atas 10 juta. JD Indonesia juga menjual iPad Mini 4 yang di toko online lain belum ada.

Wah, kalau begini caranya, bisa gonjang-ganjing dunia e-commerce di Indonesia. :mrgreen:

Follow me on social media:

3 Comments

Kurniawan · 02/11/2015 at 8:47 am

Wah. Boleh nih JD. Meluncur deh, kebetulan lg cari ps4 :D

Alris · 02/11/2015 at 8:59 am

Makin menguntungkan buat konsumen. Persaingan belanja online makin sengit, hehehe…

Pengalaman Berbelanja di JD Indonesia | · 05/11/2015 at 9:40 pm

[…] JD Hadir di Indonesia […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.