ZUK? Apa itu ZUK? Banyak orang pasti akan mengernyitkan dahi saat mendengar nama ZUK ini. Kalo Lenovo? Aaah itu baru tahu. Nah, ZUK ini adalah anak perusahaan Lenovo yang sekarang tak mau kalah dengan induknya. Ya, ZUK ini baru saja meluncurkan sebuah produk ponsel cerdas yang kata orang zaman sekarang “menginternasional”. Namanya ZUK Z1.

Tanggal 7 Desember 2015 kemarin, Indonesia terpilih menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memasarkan ZUK Z1. Sebelumnya, peluncuran global ZUK Z1 digelar pertama kali di Dubai pada 26 Oktober dan Berlin pada 30 Oktober. Sejak peluncurannya, ponsel ini mendapatkan apresiasi hangat di Eropa dan Timur Tengah.

Mengapa Indonesia terpilih menjadi yang pertama di Asis Tenggara? Jin CHEN, CMO ZUK mengatakan, “Indonesia adalah negara dengan pasar smartphone tertinggi dengan penetrasi seluler yang baik. Oleh karena itu kami percaya dan merasa yakin bahwa ZUK Z1 dapat diterima dengan baik di Indonesia, mengingat ZUK Z1 menawarkan spesifikasi yang mumpuni.”

Spesifikasi yang mumpuni. Itu kata kuncinya. Sebagai pendatang baru, tentunya ZUK harus menawarkan sesuatu yang spesial supaya orang tertarik untuk minimal mencoba dan bahkan akhirnya berniat membelinya. Dan memang spesifikasinya mumpuni. Seperti apakah?

ZUK Z1 hadir dengan ukuran layar 5.5”, ukuran yang relatif mainstream saat ini. Dan itu diimbangi dengan resolusi 1920×1080. Sudah gorilla glass pula. Body-nya tampil menawan dan bagian sampingnya dikelilingi bingkai logam, membuatnya lebih kokoh. Tak seperti Android lainnya, ZUK Z1 hanya memiliki sebuah tombol di bagian bawah.

Zuk Z1

Layar besar doang tak akan bermakna bila tak dilengkapi dengan otak yang mumpuni. ZUK Z1 menggunakan prosesor Qualcomm MSM8974AC, Snapdragon 801 yang menjamin performa bagus dan hemat daya. RAM-nya 3 GB, lebih daripada cukup untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan (multitasking). Media simpan internal-nya 64 GB. Sayang seribu sayang, ZUK Z1 tidak mendukung penggunaan MicroSD.

Sistem operasi yang digunakan adalah Cyanogen 12.1 sehingga mereka yang suka ngoprek ponselnya akan mendapatkan ruang yang luas untuk melakukan improvisasi. Basis Android yang digunakan adalah Lollipop namun kelak bisa diperbaharui hingga Marshmallow.

Kamera yang disematkan pada ZUK Z1 memiliki resolusi 13 MP dan dilengkapi dengan berbagai fitur yang menjamin pengambilan gambar dengan hasil yang bagus. Kamera depan 8 MP, bisa digunakan untuk selfie dengan hasil yang tak memalukan.

Port USB yang digunakan oleh ZUK Z1 telah mengadopsi USB 3.0 Type C, digunakan untuk charge maupun sinkronisasi data. Port USB ini juga bisa digunakan untuk OTG.

Oh ya, ngomong-ngomong soal charge, ZUK Z1 dilengkapi dengan teknologi fast charging, sehingga meskipun baterainya 4100 mAh, waktu yang dibutuhkan untuk mengisinya dari nyaris kosong hingga penuh kurang daripada 3 jam. Baterai besar ini jugalah yang menjamin ZUK Z1 bisa dipakai seharian.

Bila tertarik mendapatkan spesifikasi lengkap ZUK Z1, Anda bisa mengunduhnya di sini.

ZUK Z1 hadir di Indonesia melalui situs belanja online Blibli.com dan saat artikel ini ditulis, stoknya sudah habis. Luar biasa! Jadi jika Anda ingin membelinya, harus menunggu sampai stoknya datang lagi, hehe.

Zuk Z1

Pihak Blibli.com melalui CEO-nya, Kusumo Martanto mengatakan, “Sebuah kehormatan untuk Blibli.com menjadi mitra resmi ZUK di Indonesia, dan diberikan kepercayaan menjadi mitra e-commerce untuk meluncurkan ZUK Z1 untuk pertama kalinya di negara-negara Asia Tenggara. ZUK Z1 adalah salah satu upaya dalam memberikan kepuasan pelanggan dengan terus menghadirkan pilihan produk berkualitas secara online di Indonesia bagi konsumen yang mencari produk baru bergaransi resmi dengan harga yang terjangkau”.

Ah, hampir lupa. ZUK Z1 ini sudah mendukung koneksi 4G LTE, jadi jika ingin memanfaatkannya dengan maksimal, pastikan operator yang Anda gunakan sudah mendukung 4G LTE dan kartu SIM Anda juga sudah ditukar dengan yang terkini. Ukuran kartu yang digunakan oleh ZUK Z1 berukuran nano. Seperti kebanyakan juga ponsel Android lainnya, ZUK Z1 juga dilengkapi dengan 2 port kartu SIM dan keduanya aktif.

Follow me on social media:

4 Comments

hayrold · 13/02/2016 at 6:58 am

mau tanya om, service center zuk z1 di indonesia dimana ya.

    Oom Yahya · 14/02/2016 at 6:27 am

    Terus terang saya belum tahu. Coba nanti saya carikan info dulu ya

Koran Yogyakarta · 05/10/2016 at 3:04 pm

apa kabar ya ni hp sekarang.. kayaknya kurang greget ya..

    Oom Yahya · 07/10/2016 at 6:56 pm

    Iya, kurang terdengar sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.