Pada tulisan sebelumnya saya telah memberikan review saya terhadap Hisense Pureshot+. Sekarang saya hendak bercerita tentang skenario penggunaan kartu GSM atau CDMA di Hisense Pureshot+ ini.

Pada review saya sempat menyebutkan bahwa kedua slot kartu dapat diisi baik oleh GSM maupun CDMA. Kedua slot kartu juga mendukung penggunaan 4G LTE. Namun koneksi 4G LTE tidak bisa aktif keduanya sekaligus.

Berikut ini adalah kombinasi penggunaan kartu GSM dan CDMA yang sudah sempat saya coba di Hisense Pureshot+.

Skenario pertama adalah slot 1 diisi dengan kartu CDMA dan slot 2 diisi dengan kartu GSM.

Jika slot 1 diisi dengan CDMA dan paket internet (3G hingga 4G LTE) diaktifkan, slot 2 yang berisi kartu GSM hanya bisa 2G saja.

Baca Juga
Baterai Zenfone Boros? Ah, Enggak Kok

Jika kartu GSM pada slot 2 yang diaktifkan paket internetnya (3G/4G LTE), slot 1 yang berisi CDMA akan non-aktif.

Saya pikir skenario ini akan berjalan sama bila urutan CDMA atau GSM dibalik, kartu GSM di slot 1 dan kartu CDMA di slot 2.

 

Skenario kedua, kedua slot diisi dengan GSM.

Jika salah satu diaktifkan paket internetnya (3G/4G LTE), maka yang lain hanya bisa 2G saja.

 

Pengaturan kartu di slot mana yang hendak diaktifkan paket internetnya dilakukan melalui Settings > General Settings > More > Dual card settings. Anda tinggal masuk ke tab Slot 1 atau tab Slot 2 dan mengaktifkan opsi Primary network pada salah satu tab untuk mengaktifkan paket data pada slot yang bersangkutan.

Baca Juga
Review Zenfone Max Pro M1 4/64

Setiap kali terjadi perubahan primary network, sistem akan memberikan peringatan seperti nampak pada gambar-gambar berikut.

Hisense Pureshot+

Peringatan pada gambar di atas berarti bahwa jika belum pernah dilakukan konfigurasi kartu, sistem akan meminta pengguna untuk melakukan konfigurasi dan mengingatkan bahwa CDMA hanya bisa digunakan pada primary network.

Hisense Pureshot+

Peringatan pada gambar di atas berarti bahwa jika kartu pada slot 2 dijadikan primary network, maka CDMA yang ada di slot 1 akan non-aktif.

Hisense Pureshot+

Peringatan pada gambar di atas berarti bahwa jika ada perubahan primary network dari slot 1 ke slot 2 atau sebaliknya, maka koneksi data akan diputuskan. Untuk mengaktifkannya kembali, Anda bisa membuka notification center dan mengetuk tombol Mobile data nomor 1 atau nomor 2, sesuai dengan slot mana yang saat itu menjadi primary network.

Baca Juga
Asus Zenfone 5, Teman (Kerja) Yang Menyenangkan

Hisense Pureshot+

Dengan demikian, Hisense Pureshot+ menjadi ponsel yang relatif paling luwes dalam kombinasi penggunaan kartu GSM dan kartu CDMA.

Follow me on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.