Review SoundMagic E10 – Salah satu fungsi “tambahan” smartphone yang relatif sangat sering digunakan oleh pemiliknya adalah sebagai alat pemutar musik.

Sangat mungkin, seseorang memiliki dua buah smartphone dan salah satunya cenderung digunakan hanya untuk mendengarkan musik, sedangkan yang lain untuk keperluan yang lebih umum.

Satu hal yang pasti, saat menikmati musik melalui smartphone tersebut, peranti tambahan berupa earphone atau headphone wajib untuk digunakan.

Bukan apa-apa, kamu tentunya ingin menikmati musik tersebut dengan lebih “khusyuk” bukan? Mendengarkan musik tanpa earphone atau headphone tentu tidak bakal bisa fokus, lagipula pasti akan mengganggu orang yang berada di sekitar.

Jika kamu tergolong perfeksionis, kamu tentu menginginkan earphone yang berkualitas bagus, agar bisa mendengarkan musik dengan lebih nikmat.

Biasanya, saat membeli smartphone, di dalam paket pembeliannya sudah disertakan earphone, di samping charger dan kabel data.

Namun meskipun ada satu dua earphone bawaan yang kualitasnya bagus, secara umum earphone bawaan paket pembelian ini standar saja kualitasnya.

Salah satu earphone yang kualitasnya bagus adalah SoundMagic dan kebetulan di meja redaksi BOY sudah ada salah satu produknya, yaitu SoundMagic E10. Yuk mari kita simak review SoundMagic E10 ini.

Kemasan SoundMagic E10

SoundMagic E10 dikemas dalam kemasan kardus yang kualitas kertasnya bagus dan tebal. Pada kemasannya ini ada penjelasan mengenai kelebihan dan spesifikasi earphone SoundMagic E10.

SoundMagic menyebut produk E10 ini sebagai in-ear headphone, tapi untuk memudahkan pembahasan selanjutnya, akan saya sebut earphone saja.

Pada kemasannya tertulis panjang total kabel earphone ini adalah 1,2 m. Cukup panjang, relatif lebih panjang dari earphone sejenis.

Di bagian belakang kemasan SoundMagic E10 ada jendela sehingga kamu bisa melihat wujud earphone-nya.

Earphone tersebut tertancap rapi pada sebuah spons tebal yang berfungsi sebagai peredam benturan.

Ketika earphone dikeluarkan, di bagian dalam kemasan masih ada barang lain, yaitu pouch atau dompet yang berfungsi untuk menyimpan earphone saat hendak dibawa-bawa, lalu ada eartip tambahan, serta sebuah penjepit yang digunakan untuk menjepitkan kabel ke kerah baju supaya tidak melambai ke mana-mana.

Kualitas Body SoundMagic E10

Bagian body earphone ini, atau dengan kata lain bagian-bagian selain kabel, terbuat dari logam ringan yang berkualitas tinggi. Mulai dari jack, Y splitter, hingga earbud, semua tampil dengan penampakan premium berkat bahan berkualitas tinggi yang digunakan.

Seperti kebanyakan earphone lainnya, SoundMagic E10 menggunakan colokan jack 3,5mm untuk ditancapkan ke peranti pemutar musik.

Sekadar informasi, selain antarmuka jack 3,5mm, sekarang sudah mulai ada earphone yang menggunakan antarmuka USB type C, di samping tentunya earphone yang bersifat wireless.

Kedua earbud SoundMagic E10 memiliki model yang sama persis, jadi tidak nampak mana yang sebelah kiri dan mana yang sebelah kanan. Namun jangan khawatir karena di bagian earbud tertulis R dan L untuk membedakan mana yang kanan dan mana yang kiri.

Eartip SoundMagic E10 terbuat dari bahan yang empuk dan nyaman, sehingga tidak menyakitkan lubang telinga ketika earbud dipasang.

SoundMagic E10 dilengkapi dengan beberapa eartip cadangan, jadi jika kamu merasa eartip-nya tidak nyaman di telinga, kamu bisa menggantinya dengan yang lain supaya lebih cocok dengan lubang telingamu.

Kualitas Audio SoundMagic E10

SoundMagic E10 sudah tentu tidak hanya mengandalkan kualitas body saja. Ketika ditancapkan pada sebuah pemutar musik (saya menggunakan Asus Zenfone 5), suara yang dihasilkan sungguh luar biasa.

Treble yang dihasilkan begitu mantap tanpa terdengar mendesis, bass-nya nendang tanpa mendentum.

Eartip selain berfungsi agar lubang telinga tidak sakit saat earphone dipasang, juga berfungsi sebagai noise cancelling pasif. Eartip tersebut bisa benar-benar menutup lubang telinga sehingga suara dari luar akan diminimalisir.

Dengan begitu, kenikmatan mendengarkan musik melalui SoundMagic E10 menjadi maksimal karena tidak terganggu suara dari luar. Jadi perlu diperhatikan bahwa sangat tidak disarankan menggunakan earphone SoundMagic E10 ini sambil mengemudi kendaraan.

Kesimpulan

Jika kamu membutuhkan earphone dengan kualitas yang memadai dengan harga relatif terjangkau, SoundMagic E10 ini cocok dijadikan pilihan.

Harga SoundMagic E10 di beberapa toko online berkisar antara Rp400.000.

Follow me on social media:
Review SoundMagic E10
Tagged on:             

5 thoughts on “Review SoundMagic E10

  • 24/07/2019 at 5:14 pm
    Permalink

    Ringkas banget dibawa kemana-mana ya om. Pas kebetulan earphone yg lama masuk jaket dan kecuci kemarin. hahahaha.

    Reply
    • 24/07/2019 at 5:27 pm
      Permalink

      Iya, enak banget ada pouchnya

      Reply
  • 24/07/2019 at 5:17 pm
    Permalink

    sama merk earphone jeruk enakan mana om? kebetulan headsetku hilang je :-(

    Reply
    • 24/07/2019 at 5:28 pm
      Permalink

      Belum pernah nyoba yg jeruk 🤭

      Reply
  • 30/07/2019 at 10:30 pm
    Permalink

    membaca review karakter suaranya, kayaknya lumayan juga ini untuk disandingkan dengan IM50 saya yang jack 3.5mm nya mulai terkikis. Jadi galau, nambah ini atau buat ganti jack saja ya
    :D

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.