Persaingan antara produsen smartphone, khususnya di kelas menengah ke bawah, semakin sengit. Bahkan, persaingan ini sudah menyerupai sengitnya pertandingan di liga sepakbola Eropa yang setiap akhir pekan kita nikmati di layar televisi.

Ada tim-tim yang mapan secara tradisional, seperti Juventus, Barcelona, Liverpool, dan masih banyak lagi. Ada juga tim-tim handal yang saat ini sedang mengalami penurunan prestasi, misalnya Manchester United, AC Milan, dan barangkali bisa dimasukkan di kategori ini adalah Real Madrid. Namun ada juga tim-tim yang baru-baru ini melejit prestasinya (meskipun sudah didirikan sejak puluhan tahun yang lalu) berkat suntikan dana gila-gilaan dari orang-orang atau perusahaan yang sangat kaya, sebut saja Manchester City, Chelsea, dan PSG.

Jika diibaratkan tim-tim sepakbola tadi, produsen smartphone juga mengalami pasang surut. Xiaomi misalnya, bisa diibaratkan tim mapan yang sedang mengalami penurunan prestasi, khususnya di Indonesia. Sedangkan realme merupakan pendatang baru yang berkat naungan nama besar BBK Electronics, perusahaan yang juga menaungi Oppo, vivo, dan OnePlus, mampu membuat gebrakan yang cukup melejitkan namanya.

Kebetulan, pada bulan Oktober 2019 ini, kedua produsen ini mengeluarkan beberapa varian baru yang dua di antaranya bisa dibilang merupakan kompetitor yang berhadapan langsung, baik dari segi harga maupun spesifikasi. Kedua smartphone baru tersebut adalah realme XT dan Xiaomi Redmi Note 8 Pro.

Nah, jika kamu memiliki dana pada rentang 3-4 juta Rupiah, manakah yang sebaiknya dipilih di antara kedua smartphone tersebut?

Apapun nanti yang bakal kamu pilih, kamu bisa membelinya pada toko online terkemuka, misalnya Shopee.

realme XT

realme XT adalah produk pertama realme yang memiliki resolusi kamera besar, yaitu 64 megapixel. Jumlah kameranya ada empat tetapi belum termasuk kamera depan.

Tentu tidak semua kameranya memiliki resolusi sebesar 64 megapixel, melainkan hanya kamera utamanya saja. Resolusi sebesar 64 megapixel ini tentu bakal menghasilkan foto dengan detail yang baik.

Lensa kamera yang kedua memiliki resolusi sebesar 8 megapixel dan memiliki sudut tangkapan yang lebar, mencapai 120°. Lensa kamera ketiga digunakan sebagai lensa portrait, jadi kamu bisa mengambil foto bokeh dengan bantuan lensa ini. Terakhir, lensa keempat digunakan untuk macro, dengan jarak ideal penangkapan gambar adalah 4 cm.

Tidak hanya handal untuk pengambilan foto, performa realme XT dalam mengambil video juga tidak kalah oke. realme XT mampu mengambil video hingga resolusi 4K pada 30 fps. Fitur Slow motion juga didukung dengan kecepatan 960 fps.

Layar realme XT memiliki ukuran diagonal 6.4 inci dan resolusi 2340×1080, dengan demikian rasionya adalah 19,5:9. Layar ini menggunakan teknologi AMOLED, jadi bisa dipastikan tampilan yang diproduksi bakal mengagumkan. Kamera depan diletakkan di bagian atas layar dengan model dew drop dan resolusi 16 megapixel.

realme XT dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 712 AIE. Prosesor ini memiliki performa yang bagus dan irit daya. Untuk baterai, realme XT hadir dengan kapasitas 4000 mAh serta mendukung teknologi pengisian ulang VOOC.

Harga realme XT adalah Rp3.799.000,-

Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Xiaomi Redmi Note 8 Pro merupakan smartphone pertama di Indonesia yang memiliki kamera dengan resolusi 64 megapixel. Seperti realme XT, Xiaomi Redmi Note 8 Pro hadir dengan empat kamera.

Empat buah kamera tersebut masing-masing adalah kamera utama yang memiliki resolusi tinggi 64 megapixel, kamera sudut lebar 120° dengan resolusi 8 megapixel, serta dua buah lensa kamera yang masing-masing memiliki resolusi 2 megapixel, berfungsi sebagai lensa macro dan sensor kedalaman.

Jadi foto resolusi tinggi, foto melebar, foto macro, dan foto bokeh, semua bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Xiaomi Redmi Note 8 Pro.

Fitur perekaman videonya juga cukup mumpuni karena mampu merekam hingga resolusi 4K pada 30fps. Ingin selfie? Jangan khawatir, kamera depan Xiaomi Redmi Note 8 Pro memiliki resolusi yang cukup tinggi untuk menghasilkan foto selfie yang bagus, yaitu 20 megapixel.

Pada jantung komputasi, Xiaomi Redmi Note 8 Pro menggunakan prosesor Helio G90T, yang lebih fokus ke performa. Mendengar kata performa, tentu tak salah jika kita mengasosiasikannya dengan game. Sepertinya memang dengan prosesor Helio G90T ini, Xiaomi Redmi Note 8 Pro bakal cocok digunakan untuk bermain game.

Bermain game dengan durasi lama tentu identik dengan panas, tapi kamu tak perlu khawatir karena Xiaomi Redmi Note 8 Pro dilengkapi dengan teknologi pendingin LiquidCool yang mampu menurunkan suhu hingga 6°C.

Xiaomi Redmi Note 8 Pro memiliki satu keunggulan yang jarang dimiliki smartphone sekelasnya, yaitu NFC. Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4500 mAh yang dapat diisi ulang dengan cepat menggunakan charger 18W.

Harga Xiaomi Redmi Note 8 Pro 6/128 adalah Rp3.499.000,-

Kesimpulan

Nah, sebaiknya mana yang dipilih dari kedua smartphone ini?

Keduanya memiliki kelebihan kekurangan masing-masing, jadi sebaiknya sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Kalau kamu butuh NFC, jelas Xiaomi Redmi Note 8 Pro yang harus dipilih. Harganya juga lebih murah, jadi bagi yang dananya mepet, Xiaomi Redmi Note 8 Pro merupakan pilihan bijak. Penggemar gaming juga lebih disarankan memilih Xiaomi Redmi Note 8 Pro.

Jika kamu menyukai smartphone yang tahan kamu gunakan seharian, misalnya karena mobilitas kamu cukup tinggi, sepertinya realme XT bakal lebih cocok karena arsitektur prosesor Snapdragon 712 yang menggunakan fabrikasi 10nm bakal lebih irit daya dibandingkan Helio G90T yang menggunakan fabrikasi 12nm.

Layar AMOLED yang dimiliki realme XT juga lebih memukau, cocok bagi kamu yang suka akan keindahan tampilan layar.

Follow me on social media:
Pilih Mana: Realme XT vs Xiaomi Redmi Note 8 Pro
Tagged on:             

2 thoughts on “Pilih Mana: Realme XT vs Xiaomi Redmi Note 8 Pro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.