Dark mode WhatsApp telah lama hadir untuk versi Android dan iOS, sehingga kamu bisa menikmati tampilan gelapnya agar mata tak cepat lelah dan baterai lebih irit.

Namun saat menggunakan WhatsApp Web, tentu akan terkaget-kaget lagi karena tampilannya belum gelap. Maklum, mode gelap di WhatsApp Web belum tersedia dari settingan di dalam aplikasi WhatsApp Web tersebut.

Jangan khawatir, ternyata ada kok cara mengaktifkan dark mode WhatsApp Web meskipun belum resmi dari pengembang WhatsApp-nya.

Yuk, kita coba yuk.

Google Chrome

Jika kamu menggunakan Google Chrome, kamu bisa menggunakan ekstensi Stylus untuk mengaktifkan dark mode WhatsApp Web. Stylus adalah style manager yang bisa mengubah wajah Google Chrome.

OK, jadi sekarang bukalah link ini untuk mendapatkan Stylus di Chrome Web Store, lalu klik tombol Add to Chrome. Jika muncul kotak dialog, tentu saja kamu harus mengklik tombol Add extension.

Setelah Stylus terpasang, langkah berikutnya adalah mendapatkan dark theme untuk pengguna Stylus di sini. Dark theme tersebut bernama Dark WhatsApp Theme by Mew. Klik tombol Install Style untuk memasangnya.

Setelah Dark WhatsApp Theme by Mew terpasang, sekarang bukalah WhatsApp Web dan nikmatilah mode gelapnya.

Eh, ternyata kok gak suka ya, jelek malahan. Ya sudah, dinonaktifkan saja, klik tombol Stylus yang ada di kanan atas dan pilih opsi Turn All Style Off. Jika perlu, ekstensi Stylus-nya diuninstall sekalian jika memang tidak ingin menggunakannya lagi.

Mozilla Firefox

Jika kamu adalah pengguna Firefox, pada dasarnya langkahnya sama dengan Chrome, yaitu menginstall add-on bernama Stylus. Klik di sini untuk menemukan add-on Stylus tersebut. Klik tombol Add to Firefox untuk memasangnya.

Temukan Dark WhatsApp Theme by Mew dengan mengklik link ini. Klik tombol Install Style untuk memasangnya.

Setelah terpasang, buka WhatsApp Web maka secara otomatis akan masuk ke mode gelap.

Jika tidak suka juga, nonaktifkan mode gelap WhatsApp Web tersebut dengan cara yang sama seperti Chrome tadi, klik tombol Stylus di kanan atas dan pilih opsi Turn All Styles Off.

Opera

Bagaimana dengan peramban Opera? Lagi-lagi caranya sama. Pasang Stylus terlebih dahulu pada Opera. Setelah itu pasang Dark WhatsApp Theme by Mew.

Sama juga dengan Chrome dan Firefox tadi, add on Stylus di Opera juga bisa dinonaktifkan bahkan dihapus jika dirasa dark mode WhatsApp Web malah jelak.

Follow me on social media:
Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp Web

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.