Menghapus File WhatsApp di iPhone – Storage atau ruang simpan sampai kapanpun bakal menjadi masalah di bidang teknologi informasi. Bukan soal kualitas ya, karena teknologi ruang simpan makin canggih aja. Justru soal kuantitas.

Pengguna komputer dan pengguna hape itu sangat rakus dalam menghabiskan ruang simpan mereka. Aplikasi aja sekarang makin lama makin gendut aja.

Itu baru aplikasinya, belum datanya. Apalagi jika datanya berupa multimedia, seperti foto, audio, dan video.

Bicara ukuran aplikasi, kebanyakan aplikasi di iPhone memiliki ukuran yang lebih besar daripada aplikasi yang sama di Android. Belum lagi data yang dihasilkan oleh aplikasi tersebut.

Karena itu, wajar jika pengguna iPhone mudah mendapati storage-nya cepat habis, apalagi jika kebetulan memiliki iPhone dengan storage kecil (seperti saya, hehe).

Simpan data di cloud memang bisa menjadi salah satu solusi, hanya saja penyimpanan data di cloud biasanya untuk data yang berupa “karya” kita, seperti foto, dokumen, musik, dan lain-lain.

Sementara data yang dibuat oleh sebuah aplikasi dalam mendukung berjalannya aplikasi tersebut secara umum tidak bisa disimpan pada cloud.

Jika kamu kebetulan memiliki masalah yang serupa dengan saya, coba cek seberapa aktif kamu di WhatsApp. Jika sangat aktif, maka hampir bisa dipastikan WhatsApp-lah tersangka utama pemakan ruang simpan.

WhatsApp memiliki kemudahan dalam mengirimkan file berupa foto, audio, video, bahkan juga file dalam format lain. File ini tentunya perlu disimpan jika ingin dinikmati atau digunakan.

Bahkan sekadar melihat foto yang dikirim melalui grup WhatsApp saja itu sebenarnya sudah menyimpan foto tersebut.

Jadi jika kamu aktif di WhatsApp dan rajin saling mengirim foto, video, audio, dan lain-lain, maka storage kamu pasti cepat penuh.

Nah, tulisan kali ini akan memberikan tutorial untuk menghapus file WhatsApp di iPhone.

Namun proses menghapus file WhatsApp di iPhone ini akan dilakukan secara borongan, jadi jika ada file yang kamu anggap penting, selamatkanlah terlebih dahulu dengan menyimpannya di folder lain.

Inilah langkah-langkah untuk menghapus file WhatsApp di iPhone.

1. Buka WhatsApp dan masuklah ke Settings dengan mengetuk tombol Settings di kanan bawah.

menghapus file whatsapp di iphone

2. Pada halaman Settings tersebut, ketuk Data and Storage Usage.

3. Pada halaman Data and Storage Usage, ketuk Storage Usage

menghapus file whatsapp di iphone

4. Pada halaman Storage Usage akan muncul daftar conversation dan di sebelah kanan ada kapasitas storage yang dikonsumsi oleh conversation tersebut.

menghapus file whatsapp di iphone

5. Ketuk salah satu judul conversation dan ketuk Manage yang ada di bagian bawah.

6. Beri tanda centang pada item yang akan dihapus, lalu ketuk Clear yang ada di bagian bawah. Perhatikan baik-baik, jika kamu tidak ingin percakapan WhatsApp terhapus, jangan centang opsi Text.

7. Jika sudah yakin, ketuk Clear sekali lagi dan proses pembersihan file untuk conversation ini akan dilakukan.

Lakukan langkah penghapusan di atas untuk conversation yang lain.

Nah, sekarang lihatlah free storage-nya, pasti sudah jauh lebih lega.

Itulah tadi cara menghapus file WhatsApp di iPhone. Saya juga menyediakan tutorial dalam bentuk video YouTube. Sekalian disubscribe ya gaes.

Follow me on social media:
Menghapus File WhatsApp di iPhone
Tagged on:     

One thought on “Menghapus File WhatsApp di iPhone

  • 23/06/2020 at 3:46 pm
    Permalink

    sudah seminggu lebih, proses penghapusan message di android gue ga selesai selesai.
    itu pun masih 5%,
    kayanya bakal selesai bulan depan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *