Teknologi dan estetika seringkali berjalan beriringan. Coba perhatikan benda-benda teknologi sekarang yang memiliki desain cantik dan unik.

Namun bisa dibilang, semua berkembang sesuai zaman. Benda teknologi tercanggih pada tahun 2010 juga memiliki model cantik sesuai dengan perkembangan desain pada tahun 2010 juga.

Jika bicara tentang dunia komputer, trend desain komputer sekarang ini cenderung mengarah ke desain yang tipis.

Tipis identik dengan ringan, sehingga mampu mendukung mobilitas manusia yang sekarang ini begitu tinggi.

Tipis juga bisa berarti sedikit memakan tempat, sehingga tempat yang ada bisa dimaksimalkan untuk keperluan lain. Contohnya monitor yang berbingkai tipis sehingga layarnya lebih luas.

HP Spectre x360 Baru

Hewlett Packard (atau lebih dikenal dengan HP) sebagai salah satu nama besar di bidang teknologi komputer tentu juga mengikuti trend ini.

Produk terbaru mereka, HP Spectre x360, merupakan laptop yang memiliki desain tipis nan cantik, tanpa mengorbankan performa.

HP Spectre x360 baru ini ditujukan bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi karena menurut penelitian mereka, pembeli laptop premium menghabiskan hampir setengah dari waktu penggunaan komputer di luar rumah.

Untuk mendukung mobilitas, maka desain HP Spectre x360 baru ini dibuat kecil dan ringkas. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, HP Spectre x360 ini memiliki ukuran 13% lebih kecil.

Ukuran yang kecil ini didapat dengan memperkecil ukuran bezel (bingkai). Jadi, ukuran lebih kecil bukan berarti layar monitor lebih kecil. Malahan dengan bezel tipis tersebut, screen-to-body ratio HP Spectre x360 ini mencapai 90%.

Bezel kecil bukan berarti lalu mengorbankan kamera karena HP mampu menyematkan kamera yang lebih kecil pada bezel layar bagian atas. Jika biasanya lensa kamera memiliki diameter 4 mm, kali ini cukup berdiameter 2.2 mm saja.

Angka 360 pada namanya menunjukkan bahwa layar laptop ini bisa diputar hingga 360°.

Kinerja Kencang

Kecil-kecil cabe rawit, kata-kata ini dapat menggambarkan performa HP Spectre x360 ini. Performa tersebut didapat berkat prosesor yang digunakan.

HP Spectre x360 menggunakan prosesor Intel Ice Lake, yaitu prosesor quad-core 10th Gen Intel® Core™ dengan Iris® Plus Graphics. Hebatnya, prosesor ini pertama kalinya hadir di pasaran melalui jajaran laptop konvertibel HP.

Kinerja prosesor ini diklaim lebih baik dua kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu, adanya kemampuan olah grafis dalam teknologi Iris Plus menjadikan prosesor ini mampu juga merender aplikasi-aplikasi grafis dengan cukup baik.

Sebagai contoh, ketika merender video dengan aplikasi Adobe Premiere, prosesor dengan Intel Iris mampu merender 6900 frame 5 menit lebih cepat dibandingkan dengan prosesor Intel yang menggunakan Intel UHD 620.

Performa yang mumpuni ini tidak menjadikan HP Spectre x360 rakus daya. Malahan laptop mungil ini merupakan salah satu laptop dengan daya tahan baterai terlama karena mampu bertahan 22 jam sekali pengisian ulang.

Layar Kaya Warna

Kinerja yang mumpuni dari HP Spectre x360 ini menjadikannya enteng untuk menjalankan olah grafis atau game. Menyadari hal ini, HP menyematkan layar monitor yang lebih kaya warna agar pengguna lebih dimanjakan saat mengolah grafis atau bermain game.

Kedalaman warna layar monitor HP Spectre x360 adalah 10-bit, lebih kaya warna dibandingkan layar monitor pada umumnya yang masih 8-bit. Resolusinya pun tinggi, yaitu 3840×2160.

Karena layarnya bisa diputar 360°, maka ada posisi tertentu yang membuat HP Spectre x360 ini seolah-olah menjadi tablet. Saat menjadi tablet, tentu tidak lucu jika layarnya tidak bisa dioperasikan dengan disentuh. Jadi ya, HP Spectre x360 menggunakan teknologi layar sentuh yang dilapisi dengan Gorilla Glass.

Pendingin Yang Mumpuni

Salah satu yang menjadikan HP Spectre x360 bisa irit daya adalah pendingin yang mampu menjaga suhu sistem tetap stabil. Jika suhu sistem stabil, maka kinerja prosesor akan berada pada keadaan optimal.

Pendinginan dilakukan dengan menggunakan grafit yang didesain sedemikian rupa sehingga panas mudah memancar keluar dan terbuang.

Supaya bagian keyboard juga tidak terasa panas, HP Spectre x360 didesain dengan lubang inlet di bagian bawah keyboard.

Harga

HP Spectre x360 tersedia di pasaran dengan harga mulai dari Rp19.999.000.

Follow me on social media:
Menembus Batas Kreativitas Dengan HP Spectre x360
Tagged on:                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.