|

Mematikan Centang Dua Biru di WhatsApp

Fasilitas baru di WhatsApp, yaitu centang dua biru, ternyata menimbulkan kegalauan bagi sebagian penggunanya. Banyak yang menganggap hal tersebut sebagai gangguan terhadap privacy. Pengembang WhatsApp ternyata tanggap dan di versi WhatsApp yang terbaru, yaitu mulai 2.11.44, fasilitas centang dua biru tersebut bisa dinonaktifkan.

Jadi dengan mematikan fasilitas tersebut, pengirim pesan tidak dapat melihat apakah Anda sudah membaca pesan atau belum tetapi juga berlaku sebaliknya, Anda tidak bisa melihat apakah pesan Anda sudah dibaca oleh orang yang Anda kirimi pesan. Fair jadinya.

Nah masalahnya, versi terkini WhatsApp di Google Play Store masih 2.11.352, versi yang belum bisa diatur fasilitas centang dua birunya. Trus gimana dong? Ya update manual saja. Caranya?

Gampang kok. Pastikan Android Anda bisa membuka paket instalasi dari sumber selain Google Play Store. Masuklah ke Settings > Security dan aktifkan opsi Unknown Source (Allow installation of apps from unknown sources). Jika ada peringatan dari Android, ketuk OK.

Sudah? Sekarang downloadlah file APK WhatsApp terbaru tersebut dari situs resminya, yaitu www.whatsapp.com/android. Buka alamat tersebut dengan browser ponsel Anda dan kemudian ketuk tombol Download Now.

Setelah berhasil di-download, ketuk file APK tersebut untuk melakukan instalasi. Anda tidak perlu menguninstal versi yang lama karena data yang ada di dalamnya akan hilang.

Setelah WhatsApp versi terbaru ini berhasil diinstal, lakukan langkah berikut:

  1. Jalankan WhatsApp
  2. Ketuk gambar tiga buah titik di kanan atas.
  3. Ketuk menu Settings.
  4. Masuklah ke Account > Privacy.
  5. Non-aktifkan opsi Read receipts

Naaaah, kini centang dua biru sudah tidak lagi menjadi masalah buat Anda.

Follow me on social media:

Similar Posts

16 Comments

  1. waaaaah mengurangi insecurity dan perasaan ndak enak saat lagi males buka watsap :)) biar gak biru jadi gak dibuka aja sekalian

  2. Bukan fitur layanannya yg merepotkan tapi para penggunanya.
    Kl tnp notifikasi bs bikin penasaran. Pakai notifikasibjg bikin penasaran knp gak ada respons.

  3. Om saya pake zenfone5 kok setiap mau share foto di path langsung ada tulisan “sayangnya path telah berhenti” tp kalo mau share yg selain foto bisa, itu kenapa ya?
    Terimakasih

    1. Coba fotonya dipindah ke memori internal dulu atau diresize dulu. Soalnya kalau ukuran terlalu besar memang suka gitu

Leave a Reply

Your email address will not be published.