Mantle dan FreeSync dari AMD Mengubah Segalanya

OK, melanjutkan cerita saya kemarin tentang teknologi terbaru yang diusung oleh AMD. Jika kemarin saya bercerita soal Carizzo, prosesor mobile AMD, kali ini saya akan bercerita soal Mantle dan FreeSync yang semakin memantapkan AMD sebagai prosesornya para gamer.

Mantle adalah Application Programming Interface (API) yang mampu meningkatkan performa dan kualitas visual khususnya untuk aplikasi game. Tentunya peningkatan performa ini juga harus diimbangi oleh monitor yang mumpumi, kalau gak ya percuma. (upss)

Karena itu perlu menggunakan monitor yang diperlengkapi dengan teknologi FreeSync.

Salah satu pihak yang sudah memanfaatkan teknologi Mantle adalah Capcom, pengembang game dari Jepang. Mantle secara signifikan meningkatkan performa engine Panta-Rhei yang dikembangkan oleh Capcom, padahal aslinya engine itu dikembangkan untuk platform konsol.

Perwakilan dari Capcom juga hadir untuk menyampaikan kesan-kesan mereka terhadap Mantle ini.

Untuk mengimbangi performa dahsyat dari Mantle ini, AMD mengembangkan teknology FreeSync untuk monitor dan monitor produksi massal pertama yang menggunakan teknologi tersebut adalah Samsung UD590 (23.6-inch dan 28-inch) dan UE850 (23.6-inch, 27-inch, dan 31.5-inch). Bahkan nantinya seluruh jajaran monitor UHD (Ultra High Definition) dari Samsung akan menggunakan teknologi FreeSync.

Dengan kombinasi Mantle-FreeSync tersebut, dijamin main game akan jauh lebih mengasyikkan karena gambar yang muncul gak bakal patah-patah.

AMD Mantle

Monitor-monitor tersebut bakal bisa dinikmati sekitar Maret 2015. Jadi bagi yang sudah mau beli monitor (dan PC) baru, mending ditahan dulu dah, 4 bulan gak lama kok. (upss)

Follow me on social media:

Similar Posts

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.