Prosesor Masa Depan AMD

Sudah pada tahu khan ya kalo kemarin saya ke Singapore menghadiri acara AMD yang bertajuk Future of Compute. (upss) Sekaligus ini permohonan maaf saya kalau saya belum menanggapi komentar-komentar di blog ini.

Dalam acara ini AMD mempresentasikan inovasi mereka yang diyakini akan mengubah proses komputer di masa depan. Ada banyak hal yang mereka presentasikan, sebagian kecil sudah bisa dibaca melalui live blogging saya di tulisan sebelumnya.

AMD Future of Compute

Nah, salah satu yang mereka telurkan adalah prosesor yang bakal menjadi trend di masa yang akan datang, yaitu APU (Accelerated Processing Unit) generasi terbaru mereka, Carrizo.

Seperti apa Carrizo itu?

Carrizo adalah system-on-chip (SOC) berperforma tinggi dan merupakan bagian dari keluarga AMD Mobile APU di tahun 2015. Carrizo memiliki adik yang relatif lebih rendah performanya (supaya lebih “umum”) dan diberi nama Carrizo-L.

Yang menarik, perhatikan kata “Mobile” yang muncul di sana. Ya, meski rada telat, akhirnya AMD nyebur juga ke kategori ini.

Di event ini, ada juga pembicara yang berasal Microsoft dan Samsung, serta hadir pula beberapa petinggi Acer dan Asus. Jadi sepertinya bisa diduga bahwa ke depan bakal hadir ponsel atau tablet dari berbagai pabrikan yang bermesinkan AMD.

Sepertinya bakal klop. Klop gimana? Ponsel atau tablet bagi sebagian penggunanya adalah alat untuk bermain game, padahal AMD selama ini dikenal sebagai produsen prosesor yang digemari oleh gamer. Apalagi Carizzo bakal mendukung Microsoft® DirectX 12, OpenCL® 2.0, AMD’s Mantle, AMD Freesync, dan bakal mendukung juga Windows 10.

Apalagi prosesor baru AMD ini bakal lebih hemat energi. Sejak 2008, AMD mampu menekan konsumsi energi hingga 10 kali lipat. Pasti josss kalo dipakai di gadget. Main game terus tapi baterai gak habis-habis.

Nah, sepertinya itu dulu yang bisa saya ceritakan. Maklum sudah capek. Besok lanjut lagi ya.

Follow me on social media:

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.