Pengguna layanan mobile di Yogyakarta bakal makin dimanjakan dengan hadirnya layanan 4G LTE yang dihadirkan oleh Smartfren. Smartfren memiliki basis pelanggan yang cukup besar di Yogyakarta sejak saat masih bernama Fren dengan layanan CDMA-nya. Saya sendiri dulu juga termasuk pelanggannya sebelum berhenti karena hape CDMA saya sakit-sakitan dan akhirnya tewas. :(

Ketika mendapatkan undangan untuk menjajal layanan 4G LTE smartfren ini pada tanggal 26 Agustus lalu, tentu saja saya tidak menolak. Saya pikir ini kesempatan untuk menjajal kemampuan LTE yang ada di Zenfone 2 saya. Tapi ternyata hal tersebut tidak pernah kesampaian. Bukan, bukan karena saya tidak jadi hadir, melainkan karena saya tidak perlu membuka casing Zenfone 2 saya untuk memasukkan SIM Smartfren. Pasalnya, pihak Smartfren memberikan sebuah Andromax Q untuk menjajal kekuatan sinyal 4G LTE Smartfren tersebut. Betul, Anda tidak salah baca, diberi, bukan dipinjami, hehe. (evilsmirk)

Baca Juga
Mengembalikan 4G LTE Setelah Update MIUI 8

Singkat kata, saya diajak menyusuri kota Yogyakarta untuk mencoba kekuatan sinyal Smartfren. Hasilnya cukup menakjubkan.

Di sepanjang perjalanan, teks LTE yang menghiasi bagian kanan atas hape Andromax Q tak pernah berubah menjadi 3G, meski tak selalu full. Artinya, sinyal 4G LTE Smartfren relatif sudah menjangkau banyak tempat di Yogyakarta. Bisa dibilang, area di dalam Ring Road Yogyakarta sudah 100% tercover.

Gambar berikut menunjukkan area yang sudah tercover layanan 4G LTE Smartfren.

4G LTE Smartfren

Maaf, posisi duduk saya tidak strategis, jadi ya gitu deh hasilnya. Namun setidaknya sudah bisa memberikan gambaran.

Ketika dites dengan aplikasi SpeedTest, kecepatan yang ditawarkan oleh Smartfren tidak mengecewakan. Selalu di atas 5 Mbps. Rekor saya adalah 27 Mbps sedangkan rekan seperjalanan saya saat itu ada yang mencapai 40an Mbps. Sedikit disayangkan, bila memasuki gedung, angka-angka itu langsung drop meskipun masih sangat memadai.

Baca Juga
ZUK Z1 Hadir di Indonesia

4G LTE Smartfren Speedtest

Selain SpeedTest, salah satu bukti lain yang menunjukkan bahwa kecepatan internet Smartfren benar-benar top adalah nonton YouTube tanpa baper …. Eh buffer. (lol)

Sedikit menyinggung soal Andromax Q, jujur sejujurnya, yang bisa diandalkan dari gadget tersebut hanyalah dukungannya terhadap LTE. Beberapa kali saya mengalami lag ketika menggunakan hape tersebut, layar sentuhnya kurang sensitif, hasil potretnya juga tidak istimewa. Yach, bagaimanapun, Smartfren memang lebih condong ke arah layanan operator. Namun ada sedikit bocoran nih, tak lama lagi Smartfren akan meluncurkan produk gadget yang lebih premium. Kita nantikan saja.

Follow me on social media:

2 Comments

Retno ari · 30/08/2015 at 8:03 pm

Kalo mau beli kartu 4g lte smartfren dmn om? Kalo di daerah kaliurang signal lte nya lancar om ?

    Oom Yahya · 30/08/2015 at 8:26 pm

    Kalau di toko2 terdekat belum ada, mungkin harus ke galeri smartfren, jl. Kenari (dekat SMA Negeri 8 dan pabrik SGM).
    Kemarin terus terang saya belum nyoba di daerah kaliurang, mungkin bisa ditanyakan ke galerinya apakah di daerah kaliurang sinyal LTE-nya bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.