|

Jaconda, Bot Cerdas Telegram

Beberapa hari terakhir ini, setidaknya di lingkaran pertemanan saya, aplikasi Telegram sedang naik daun. Tahu khan ya Telegram itu apa. Atau jangan-jangan ndak tahu? Telegram itu aplikasi chatting yang mirip-mirip dengan WhatsApp. Kalau WhatsApp sampai gak tahu ya kebangetan. (upss)

Telegram ini bisa mencuri hati para pengguna gadget di antaranya adalah karena memiliki feature untuk memention user lain dan reply suatu post, dua feature yang sangat bermanfaat khususnya saat berinteraksi di dalam sebuah grup.

Namun sepertinya yang menjadi “gong”-nya bukan itu, melainkan si Jaconda. Apa atau siapa itu Jaconda?

Jaconda adalah bot cerdas telegram yang bisa digunakan untuk melakukan beberapa tugas tertentu, seperti melakukan pencarian kata kunci tertentu melalui google, mencari gambar tertentu, dan mencari video tertentu. Sebenarnya sih ya tidak bisa dibilang istimewa banget tapi unsur kejutan yang muncul dalam setiap hasil pencarian Jaconda itu yang menyebabkan penggunaan Telegram menjadi menyenangkan.

Langkah untuk mengaktifkan Jaconda cukup mudah. Mula-mula, bikin chat baru dengan Jaconda. Meskipun Jaconda belum ada di daftar kontak Anda, jangan khawatir, cukup di-search saja nanti pasti ketemu. Jaconda ini akan bertindak seolah-olah dia adalah user Telegram biasa pada umumnya.

Setelah itu, Jaconda akan menyapa Anda dan meminta alamat email Anda. Silakan di-reply dan Anda akan mendapatkan jawaban kurang lebih seperti terlihat pada gambar.

Jaconda

Untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan oleh Jaconda, ketikkan pesan /intro atau /help. Secara umum, perintah-perintah yang dikenal oleh Jaconda adalah:

  • /g [kata kunci] digunakan untuk melakukan pencarian kata kunci tertentu.
  • /gif [kata kunci] digunakan untuk mencari gambar animasi dengan format gif sesuai dengan kata kunci yang diberikan.
  • /img [kata kunci] digunakan untuk mencari gambar sesuai dengan kata kunci yang diberikan.
  • /video [kata kunci] digunakan untuk mencari video sesuai dengan kata kunci yang diberikan.

 

Supaya lebih “gayeng”, Anda bisa mengundang Jaconda untuk masuk ke dalam sebuah grup. Jika diundang ke dalam sebuah grup, Jaconda akan memperkenalkan diri dan setelah itu perintah-perintah di atas dapat digunakan di dalam grup tersebut. Semua anggota grup dapat menggunakannya meskipun sebelumnya dia belum pernah berinteraksi dengan Jaconda.

OK, mari kita have fun dengan Telegram dan Jaconda.

 

Update:

Saya diingatkan oleh teman saya Arya Perdhana yang memiliki akun twitter @kelakuan, bahwa Jaconda bukan sekedar bisa digunakan untuk having fun saja, melainkan ke hal yang lebih serius seperti integrasi ke GitHub, Asana, mail client, bahkan nantinya juga bisa PayPal. Info lengkap mengenai hal tersebut bisa dibaca di sini.

Follow me on social media:

Similar Posts

16 Comments

  1. nah, akhirnya saya tau jg apa itu telegram, asli baru tau penjelasannya habis baca postingan ini, ehehe tp msh blm tertarik nginstal, sejauh ini whatssap aja sdh cukup utk komunikasi selain sms & telepon 😀

    1. Ya gapapa. Nanti kalo ilngkaran pertemanan makin banyak yang pake, pasti tak kuasa menolaknya, hehehe (upss)

  2. Wah ternyata telegram semakin istimiwir yak. Jaconda ini bisa jadi mainan baru yang mbahaya ini. hahahah nice info om. *brb instal telegram lagi*

    1. Umumnya bot tsb harus diadd dulu di kontak atau minimal diajak chat. Setelah kontaknya muncul, tinggal di add ke grup seperti halnya add kontak yang lain

    1. Mohon maaf saya belum pernah pake bot tsb. Barangkali ada aturan tertentu yg harus dipenuhi, bisa cek di situs resmi pengembangnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.