Hands On Lenovo IdeaPad 120S

Hands On Lenovo IdeaPad 120S

Hands On Lenovo IdeaPad 120S – Pada sebuah event, saya berkesempatan mencoba sebuah laptop dari Lenovo, yaitu IdeaPad 120S. Sayangnya, waktu yang tersedia amat sangat singkat, jadi belum bisa dikatakan sebuah review melainkan hands on (pegang-pegang, hehe) saja.

Namun setidaknya, seperti yang sering saya katakan, paling tidak bisa memberikan gambaran seperti apa notebook ini.

Lenovo IdeaPad 120S ini merupakan notebook berukuran layar 14 inci yang tak nampak jika dia berukuran 14 inci. Pasalnya, notebook ini benar-benar kompak dan ringan. Bobotnya kurang lebih sekitar 1.4 kg saja.

hands on lenovo ideapad 120S

Dengan dimensi yang kompak tersebut, Lenovo IdeaPad 120S relatif nyaman dibawa-bawa. Meski ringan, body-nya nampak kokoh sehingga tak berkesan ringkih.

Saya sempat ragu, apakah dengan ukuran yang kompak ini, bakal nyaman digunakan untuk mengetik?

Ternyata dugaan saya meleset karena saat digunakan untuk mengetik, keyboard chiclet-nya nyaman banget.

Nyaris tak terasa bedanya dibandingkan dengan mengetik dengan keyboard PC biasa. Sebabnya, ukuran lebar dan jarak antar tombol keyboard Lenovo IdeaPad 120S sama dengan keyboard PC, tentu tidak termasuk bagian numpad-nya ya.

Menggunakan sistem operasi Windows 10 Home Edition, Lenovo IdeaPad 120S tidak nampak keteteran menjalankan sistem operasi tersebut. Termasuk juga ketika menjalankan aplikasi tertentu seperti pengolah kata.

Hal ini dimungkinkan karena Lenovo IdeaPad 120S menggunakan prosesor Intel Celeron N3350, RAM 4 GB, dan SSD 128 GB.

Ya tentu jangan berharap laptop ini piawai untuk bermain game ya. Itu seperti berharap mobil LCGC dipakai untuk balapan di sirkuit. Ya bisanya sih bisa tapi pasti gak ada apa-apanya dibandingkan dengan Ferrari misalnya.

Di dalam body yang tipis dan ringan tersebut, tersimpan port yang lumayan komplit. Ada 2 USB 3.0, 1 USB Type C, HDMI, dan Micro SD Card reader. Tentu tersedia juga colokan untuk melakukan isi ulang baterai.

Baca Juga
10 Alasan Kuat Membeli Asus Zenfone 3 ZE520KL

 

Nah, omong-omong soal pengisian ulang baterai ini, konon katanya bisa dilakukan menggunakan port USB Type C. Sayangnya saya tak sempat mencobanya.

Lenovo IdeaPad 120S bisa didapatkan dengan harga Rp 3.749.000,- Dengan kemampuan dan spesifikasi yang ditawarkan, tentu harga ini termasuk mengejutkan karena nyaris bisa dipastikan notebook lain yang sekelas pasti berada di kisaran harga Rp 4.000.000,- ke atas.

Jadi, bisa disimpulkan, Lenovo IdeaPad 120S ini cocok buat mereka yang memiliki mobilitas cukup tinggi karena tipis dan ringan, meskipun bukan yang tertipis dan terringan di kelasnya.

Dan meski tipis dan ringan, Lenovo IdeaPad 120S tak mengabaikan performa. Sehingga meskipun sedang mobile, kerjaan tetap tak terpinggirkan.

Semua itu tadi bisa didapatkan dengan harga yang relatif terjangkau. Murah tapi bukan murahan.

Follow me on social media:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *