7 Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Beli Vivo V17 Pro – Belum lama ini Vivo meluncurkan Vivo V17 Pro, sebuah smartphone menarik dengan 4 kamera belakang dan dua kamera depan.

Vivo sendiri merupakan salah satu brand yang pertumbuhannya di Indonesia cukup baik dan nangkring di posisi 5 besar smartphone terlaris di Indonesia.

Hal ini juga yang membuat saya penasaran dengan smartphone Vivo dan memutuskan beli Vivo V17 Pro saat akhirnya saya merelakan smartphone lama saya untuk diasuh orang lain.

Setelah beli Vivo V17 Pro, tentu saya butuh waktu untuk menggunakannya terlebih dahulu sebelum nanti bikin reviewnya. Jadi harap bersabar ya.

Cuma tentunya saat pertama kali pakai setelah beli Vivo V17 Pro, ada hal-hal tertentu yang perlu untuk segera dilakukan agar Vivo V17 Pro tersebut nyaman saat digunakan sehari-hari.

Beli Vivo V17 Pro

Yang perlu digarisbawahi, hal yang akan saya bahas ini adalah hal yang perlu dilakukan setelah beli Vivo V17 Pro, bukan harus atau wajib. Beberapa hal menurut saya cukup penting untuk dilakukan, tapi barangkali ada juga yang sudah merasa puas dengan kondisi defaultnya. Ya tidak masalah, setidaknya artikel ini memberikan info bahwa ada alternatif tertentu terhadap setting default yang mungkin bisa membuat Vivo V17 Pro jadi lebih nyaman digunakan.

Beli Vivo V17 Pro

Membalik Hasil Kamera Selfie Vivo V17 Pro

Vivo dihadirkan dengan kekuatan pada kamera selfienya. Otomatis, setelah beli Vivo V17 Pro, pastilah kamera selfie ini bakal sering dipakai.

Masalahnya, hasil jepretan kamera selfie Vivo V17 Pro ini terbalik. Barangkali buat beberapa orang tidak masalah. Hanya saja, kadang kan kita selfie dengan latar belakang yang memiliki tulisan, misalnya di pintu gerbang gedung tertentu atau pintu masuk destinasi wisata tertentu. Tulisan ini bakal terbalik.

Ya memang sih, dengan aplikasi pengolah gambar, membalik gambar bisa dilakukan dengan relatif mudah. Masalahnya, kalau ada watermark-nya, watermark itu bakalan jadi kebalik juga dong kalau gambar dibalik dengan aplikasi pengolah gambar.

Nah, supaya hasil foto kamera selfie Vivo V17 Pro tidak terbalik, lakukan cara ini:

  1. Aktifkan kamera.
  2. Masuk ke mode selfie.
  3. Ketuk Settings (ketuk gambar roda gigi di kanan atas).
  4. Pada halaman Settings, non aktifkan Mirrored selfie.

Setelah opsi Mirrored selfie ini dinonaktifkan, maka hasil kamera selfie Vivo V17 Pro tidak akan terbalik lagi. Perlu diperhatikan, pada waktu membidik untuk selfie, apa yang terlihat di layar pasti akan terbalik, tapi nanti hasilnya tidak terbalik.

Menampilkan Watermark Kamera Vivo V17 Pro

Tadi saya sempat menyinggung tentang watermark pada hasil jepretan kamera Vivo V17 Pro. Kemarin setelah beli Vivo V17 Pro, salah satu hal yang langsung saya coba adalah kameranya. Ternyata, tidak ada watermark pada hasilnya.

Untuk mengaktifkan watermark pada kamera Vivo V17 Pro, lakukan langkah berikut ini:

  1. Aktifkan kamera.
  2. Masuk ke Settings (ketuk gambar roda gigi di kanan atas).
  3. Ketuk Watermark.
  4. Pada halaman Watermark, aktifkan watermark yang ingin kamu tampilkan.

Watermark yang tersedia adalah Time dan Model Watermark. Time Watermark akan menampilkan tanda air berupa tanggal saat foto diambil sedangkan Model Watermark akan memberikan tanda air berupa model smartphone.

Untuk Vivo V17 Pro, watermark yang ditambahkan pada hasil foto kamera belakang berbeda dengan watermark pada hasil kamera selfie.

Pada foto kamera belakang, watermark yang ditambahkan adalah Vivo V17 Pro 48MP AI Quad Camera, sedangkan watermark untuk foto kamera selfie adalah Vivo V17 Pro 32MP Dual Pop-Up Selfie.

Mematikan atau Mengganti Suara Pop Up Kamera

Vivo V17 Pro menggunakan model kamera depan tersembunyi dan baru akan muncul (pop up) saat hendak digunakan.

Saat pop up tersebut, akan muncul suara tertentu, mengiringi kemunculan kamera. Nanti saat kamera masuk lagi, juga ada suaranya.

Bagi beberapa orang, suara-suara ini keren, tapi ada juga yang merasa suara itu mengganggu atau bikin malu.

Jika kamu tergolong tidak suka dengan suara pop up kamera, matikan saja suara itu. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Aktifkan kamera, tidak harus masuk moda selfie.
  2. Masuk ke Settings (ketuk gambar roda gigi di kanan atas).
  3. Ketuk Camera pop-up sound.
  4. Pada halaman Camera pop-up sound, pilih Mute.

Jika kamu suka dengan suaranya dan hendak memilih alternatif suara lain, tentu saja jangan pilih Mute. Pilih salah satu dari tiga alternatif suara yang tersedia, yaitu Sci-Fi, Machine, dan Rhytm.

Gunakan Wi-Fi Only pada Google Play Store

Beberapa hari setelah beli Vivo V17 Pro, saya sempat terkejut karena muncul notifikasi seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Notifikasi tersebut menyatakan bahwa Google Play menggunakan data network untuk melakukan download atau update aplikasi.

Langsung saat itu juga saya mengatur agar Google Play Store menggunakan Wi-Fi saja saat hendak melakukan instalasi atau update aplikasi, supaya menghemat kuota data saat menggunakan jaringan mobile.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Google Play Store.
  2. Ketuk menu hamburger di kiri atas (gambar tiga buah garis).
  3. Ketuk Settings.
  4. Pada halaman Settings, ketuk App download preference.
  5. Pada kotak dialog App download preference, pilih Over Wi-Fi only.
  6. Ketuk Done.

Sekarang, Google Play Store hanya akan menggunakan Wi-Fi saja saat download atau update aplikasi.

Mengubah Posisi Tombol Back Vivo V17 Pro

Sebelum beli Vivo V17 Pro, barangkali kamu adalah pengguna smartphone Android lain yang tombol back-nya terletak di sebelah kiri. Nah ternyata, secara default tombol back Vivo V17 Pro terletak di kanan.

Kamu bisa mengambil satu dari tiga pilihan tersedia, yaitu membiasakan diri menggunakan tombol back di kanan, memindah tombol back tersebut ke kiri, atau justru sama sekali tidak menggunakan tombol Android, melainkan menggunakan gesture.

Jika kamu memilih yang pertama, ya sudah tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Tinggal membiasakan diri menggunakan tombol back di kanan atau memang sudah terbiasa menggunakan tombol back di kanan.

Jika kamu memilih memindahkan tombol back Vivo V17 Pro ke kiri, lakukan langkah berikut ini:

  1. Buka Settings.
  2. Ketuk System navigation.
  3. Pada halaman System navigation, ketuk Order and styles of navigation keys.
  4. Pada halaman Order and styles of navigation keys, pilih tombol back di sebelah kiri dan pilih juga modelnya seperti apa.

Jika kamu memilih menggunakan gesture, lakukan langkah berikut ini:

  1. Buka Settings.
  2. Ketuk System navigation.
  3. Pada halaman System navigation, ketuk Navigation gestures.

Jika ini adalah untuk pertama kalinya kamu memilih Navigation gestures, maka Vivo V17 Pro akan memberikan tutorial cara penggunaannya.

Ketuk Ganda Untuk Mematikan Layar

Cara yang umum untuk mematikan layar adalah menekan tombol power. Vivo V17 Pro menyediakan cara lain untuk mematikan layar yaitu dengan ketuk ganda layar home screen, pada tempat yang “kosong”, dalam arti tidak ada launcher atau widget apapun di area tersebut.

Cara ini akan membuat tombol power menjadi lebih awet karena lebih jarang dipencet. Untuk mengaktifkan double tap to turn off ini, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Masuk Settings.
  2. Ketuk Smart motion.
  3. Pada halaman Smart motion, ketuk Smart turn on/off screen.
  4. Pada halaman Smart turn on/off screen, aktifkan opsi Double tap to turn off screen.

Nah, sekarang cobalah ketuk ganda home screen pada bagian layar yang kosong, maka layar akan mati.

Menentukan Aplikasi Default

Vivo V17 Pro telah dilengkapi dengan berbagai aplikasi default untuk membuka pekerjaan tertentu. Contoh paling mudah adalah untuk berselancar di dunia maya, tersedia aplikasi Browser.

Hanya saja saya yakin, kamu bakal lebih nyaman menggunakan Google Chrome daripada Browser bawaan Vivo.

Untuk mengganti aplikasi default tersebut, lakukan langkah berikut:

  1. Buka Settings.
  2. Ketuk More settings.
  3. Pada halaman More settings, ketuk Permission management.
  4. Pada halaman Permission management, ketuk Default app settings.
  5. Pada halaman Default app settings, pilih jenis aplikasi yang hendak diganti default aplikasinya.

Jika ingin mengganti default browser bawaan menjadi Chrome, ketuk Browser lalu pada kotak dialog Select application, pilih Chrome. Lakukan hal yang sama untuk jenis aplikasi lain yang ingin kamu ganti aplikasi defaultnya.

Follow me on social media:
7 Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Beli Vivo V17 Pro
Tagged on:                             

2 thoughts on “7 Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Beli Vivo V17 Pro

  • 18/10/2019 at 5:22 pm
    Permalink

    saya pengen punya ini Vivo V17 semoga terwujud aminnnn baru saya ikutin sarannya om

    Reply
    • 18/10/2019 at 5:43 pm
      Permalink

      Semoga terkabul dan bisa segera meminang V17 Pro

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.