5 Cara Cepat Akses Kamera Zenfone Zoom S

5 Cara Cepat Akses Kamera Zenfone Zoom S – Zenfone Zoom S merupakan produk ASUS yang menonjol kemampuan kameranya. Tentunya fitur kamera yang canggih tersebut tidak akan berguna jika kameranya sulit atau lamban saat diaktifkan. Momen yang berharga akan berlalu begitu saja saat sedang sibuk mengaktifkan kamera. Untungnya, Zenfone Zoom S tidaklah demikian. ASUS membekalinya dengan beberapa cara cepat untuk mengakses kamera. Inilah dia, 5 cara cepat akses kamera Zenfone Zoom S.

1. Geser Ikon Kamera di Lock Screen

Saat menekan tombol power dari posisi stand by, layar akan menampilkan lock screen. Perhatikan bahwa di sudut kanan bawah terdapat ikon kamera. Cukup dengan menggeser ikon tersebut menjauh dari kanan bawah, kamera akan segera diaktifkan.

Meskipun lock screen dikunci dengan PIN atau sidik jari, kamera tetap aktif dan dapat digunakan untuk memotret. Namun saat keluar dari aplikasi kamera, layar akan kembali ke lock screen. Jadi keamanan tetap terjaga.

Cara ini berlaku bukan saja untuk Zenfone Zoom S namun juga untuk kebanyakan seri Zenfone yang lain.

5 cara cepat akses kamera Zenfone

 

2. Menggunakan Touch Gesture

Sejak Zenfone 2, ASUS telah dilengkapi dengan fitur Touch Gesture. Jadi Zenfone yang memiliki fitur Touch Gesture dapat menggunakan cara ini, bukan hanya Zenfone Zoom S saja. Bagaimana itu? Saat layar off, sapukan jari pada layar membentuk huruf C.

Tentu saja, fitur Touch Gesture harus diaktifkan terlebih dahulu. Masuklah ke Settings > ZenMotion > Touch Gesture. Pastikan fitur ini sudah On, lalu aktifkan juga opsi “C” to launch app dan pastikan di bawah opsi tersebut tertulis Camera. Jika belum, ketuklah teks “C” to launch app dan pilih Camera. Nah sekarang, Touch Gesture huruf C tersebut sudah bisa digunakan.

Fitur Touch Gesture ini bisa mem-bypass PIN atau sidik jari. Jadi saat menuliskan huruf C tersebut, kamera akan langsung aktif, namun bila keluar dari kamera, akan kembali ke lock screen.

5 cara cepat akses kamera Zenfone

 

3. Menggunakan Instant Camera

Dari dua alternatif cara sebelumnya, Instant Camera bisa dikatakan merupakan yang tercepat. Dengan Instant Camera, fitur kamera bisa diakses dengan menekan tombol volume dua kali secara cepat, boleh tombol volume up atau tombol volume down. Tapi kalau up ya up semua, down ya down semua, jangan up lalu down, gak ngaruh, hehe.

Fitur Instant Camera ini bisa diaktifkan melalui Settings > Lock Screen, lalu pastikan Instant Camera on. Opsi Instant Camera ini terletak agak di bawah.

Sama dengan yang sudah-sudah, Instant Camera juga akan melewati verifikasi PIN atau sidik jari, namun akan kembali ke lock screen jika keluar dari kamera.

 

4. Ketuk 2 Kali Sensor Sidik Jari

Pada tiga opsi sebelumnya, fitur kamera diaktifkan saat Zenfone dalam keadaan off. Bagaimana sekarang bila dalam keadaan on dan posisinya sedang “jauh” dari fitur kamera? Mudah saja, ketuk 2 kali sensor sidik jari. Dan ini berlaku untuk semua jari, bukan hanya jari yang didaftarkan pada sensor sidik jari tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur ketuk 2 kali sensor sidik jari ini, masuklah ke Settings > Fingerprint, lalu aktifkan opsi Double-tap on the fingerprint sensor to launch the camera when the device is unlocked.

5 cara cepat akses kamera Zenfone

 

5. Menggunakan Quick Access

Cara ini sebenarnya merupakan variasi dari cara pertama. Barangkali tidak semua bisa dengan mudah menemukan ikon kamera di kanan bawah, maka sebagai alternatif bisa menggunakan ikon Quick Access.

Ikon Quick Access adalah tiga ikon pada lock screen dan merupakan salah satu ciri khas ZenUI. Untuk beberapa jenis Zenfone barangkali salah satu ikon Quick Access tersebut adalah kamera, namun untuk kasus Zenfone Zoom S, tidak ada ikon kamera di situ.

Jangan khawatir, kamu tetap bisa menampilkan ikon kamera di situ. Caranya, masuk ke Settings > Lock Screen > Quick Access. Pastikan opsi Customized quick access on. Lalu perhatikan bahwa di bagian bawah ada tiga buah ikon. Ketuk salah satu ikon yang ingin diganti dengan kamera, lalu pilih aplikasi Camera dari daftar yang tersedia. Setelah itu pada ikon kamera akan muncul pada salah satu ikon Quick Access di lock screen.

Sama halnya seperti cara pertama, untuk mengaktifkan fitur kamera, tarik ikon kamera pada Quick Access tersebut menjauh dari posisinya hingga fitur kamera aktif.

5 cara cepat akses kamera Zenfone

 

Nah, dari 5 cara cepat akses kamera Zenfone Zoom S tadi, mana yang kamu suka? Silakan pilih salah satu cara yang menurutmu paling nyaman digunakan.

Follow me on social media:

COMMENTS

Leave a Comment