Mau Kuliah? Install Kooliah Dulu

Salah satu tujuan utama yang hendak dicapai oleh seorang pelajar adalah melanjutkan studi ke perguruan tinggi alias kuliah. Namun seringkali, si pelajar sendiri kadang masih bingung menentukan, ke mana dia akan melanjutkan studinya. Nah, untuk lebih mengenal akan ilmu-ilmu yang nantinya bakal dipelajari di bangku kuliah, tak ada salahnya menginstall Kooliah, sebuah aplikasi yang tersedia untuk Android.

Kooliah merupakan sebuah aplikasi yang menyajikan berbagai artikel yang berhubungan dengan ilmu-ilmu yang dipelajari di perguruan tinggi. Saat ini Kooliah masih berstatus beta, masih dalam tahap pengembangan. Kategori ilmu yang tersedia masih relatif terbatas, yaitu Ilmu Ekonomi, Ilmu Kesehatan, dan Peternakan, serta dua kategori yang berupa Opini dan Penelitian.

Dengan demikian sebenarnya Kooliah tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang ingin kuliah, namun juga bagi yang sudah kuliah.

Saat membuka artikel, pengguna bisa melakukan share artikel tersebut melalui aplikasi yang ada di ponsel, misalnya Facebook, Twitter, Line, WhatsApp, dan lain-lain. Yang di-share adalah URL ke artikel tersebut. Pengguna bisa juga mengumpulkan berbagai artikel ke dalam Koleksi, tidak harus artikel dalam satu kategori ilmu yang sama.

Kooliah

Pengguna bisa mengatur apakah notifikasi berupa audio akan muncul saat tersedia artikel baru atau menonaktifkannya. Maklum, bila nantinya sudah semakin banyak artikel baru bermunculan, notifikasi audio tersebut bisa berbunyi terus dan tentu saja akan dirasakan sebagai gangguan.

Saat ini aplikasi Kooliah memang lebih cenderung berupa aggregator atau RSS Feed, dengan tambahan ftur komentar. Artinya pengguna bisa melakukan “review” terhadap sebuah artikel maupun saling bertanya jawab dengan sesama pengguna.

Ke depannya, kategori ilmu yang disajikan di Kooliah akan dikembangkan lebih banyak lagi, plus fiturnya juga akan ditambah. Bisa jadi nantinya Kooliah memiliki fitur soal latihan dan video. Plus mudah-mudahan bisa segera tersedia pada platform lainnya, misalnya iOS maupun komputer dekstop.

Informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ini bisa didapat melalui web resminya¬†atau email [email protected] Anda yang berminat untuk menjadi kontributor pengisi artikel juga dipersilakan untuk melakukan kontak ke email tersebut.

Follow me on social media:

Leave a Comment