20 Alasan Memilih Zenfone 3

Adakah di antara Anda yang pernah nonton film Facing The Giants? Dalam salah satu adegan film itu diceritakan bahwa seorang pelatih tim american football mendorong anak asuhnya untuk mengeluarkan segenap kemampuan terbaiknya. Nah, artikel ini saya tulis dengan kondisi yang serupa. Sebenarnya saya sudah pernah menulis tentang 10 Alasan Membeli Zenfone 3 namun oleh ASUS saya ditantang untuk memberikan yang lebih baik lagi, 20 alasan!

Baiklah. Saya terima tantangannya dan inilah 20 alasan tersebut.

1. Teknologi Sensor

Zenfone 3 adalah ponsel yang dibangun untuk fotografi, sesuai dengan moto yang diusung pada saat peluncurannya, yaitu Built for Photography. Hal pertama yang harus dicapai untuk mendapatkan foto terbaik tentunya adalah menggunakan sensor terbaik pula. Itulah yang dilakukan oleh ASUS dengan menyematkan sensor kamera Sony® IMX298.

Sensor Sony® IMX298 ini memiliki struktur Back-illuminated yang membuatnya memiliki sensitivitas tinggi dan mengurangi noise. Model struktur tersebut mempertinggi kualitas gambar dan secara radikal menata ulang struktur pixel gambar dari front-illuminated ke back-illuminated. Selengkapnya bisa dilihat di sini.

Selain itu, sensor tersebut memiliki teknologi DTI (Deep Trench Isolation) yang bisa mencegah kebocoran berkas cahaya ke pixel yang tidak “berhak”.

Kombinasi keduanya adalah pencahayaan dan warna yang lebih realistis.

2. Resolusi Tinggi

Untuk mendapatkan gambar yang tajam dan detil yang lebih baik, Zenfone 3 dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi, yaitu 16 MP (kamera belakang) dan 8 MP (kamera depan). Dengan teknologi Pixel Master, resolusi tersebut seolah bisa digandakan empat kali lipat, jadi untuk kamera utama, seolah-olah Zenfone 3 memiliki kamera dengan resolusi 64 MP.

Makanya, dengan Zenfone 3, foto bisa dizoom tanpa terlihat pecah-pecah. Keuntungannya, Anda bisa dengan mudah memotong (crop) foto pada posisi yang diinginkan dan bila dicetak, hasilnya bagus dan tajam.

3. Lensa

Lensa pada kamera bagaikan kornea mata. Jika kotor atau luka/tergores, maka hasilnya tak akan sempurna lagi. Oleh karena itu lensa pada Zenfone 3 benar-benar dilindungi dengan ketat. Lapisan paling luar dari lensa dilapisi dengan kaca safir (sapphire) agar tak mudah tergores.

Alasan kuat membeli Zenfone 3

Bukaan lensa pada angka f/2.0 membuat lebih banyak cahaya yang tertangkap oleh sensor dan tentu hasilnya akan lebih baik.

4. Image Stabilizer

Kecuali menggunakan tripod, relatif sulit memotret dalam keadaan stabil. Sestabil apapun tangan saat memegang ponsel, pasti ada goyangan walaupun sedikit. Dengan Zenfone 3, Anda tak perlu khawatir hasil potret akan menjadi kabur (blur) karena bergoyang, sebab Zenfone 3 dilengkapi dengan Image Stabilizer 8 arah yang menjamin hasil foto tidak kabur (blur) seolah Anda menggunakan tripod.

5. Autofocus

Pada kebanyakan kasus, jarak antara objek yang akan dipotret dengan pemotretnya sangat mudah berubah, entah objeknya yang bergerak entah pemotretnya yang bergerak. Saat terjadi pergerakan itu, fokus akan mudah berubah.

Teknologi autofocus Zenfone 3 memungkinan fokus dikunci dengan cepat. Teknologi yang disebut dengan TriTech Autofocus tersebut meliputi 3 macam teknologi autofocus yang dikombinasikan, yaitu Laser Autofocus yang mampu mengunci fokus dalam waktu 0.03 detik, Phase Detection Autofocus yang umumnya ada di kamera DSLR, dan Continuous Autofocus yang memungkinkan fokus mengunci benda bergerak, misalnya mainan kereta api.

6. High Dinamic Range

Saat memotret objek yang memiliki kecerahan yang timpang, misalnya karena menghadap sinar matahari, fitur HDR (high dinamic range) akan membantu menangkap detil objek yang gelap dan menyeimbangkan sinar yang terlalu terang.

Kamera Zenfone 3 secara default dilengkapi mode HDR serta secara khusus memiliki mode HDR Pro untuk hasil yang lebih baik.

7. Real Tone Flash

Penggunaan flash seringkali menimbulkan dilema bagi fotografer. Tanpa flash gambar jadi gelap, dengan flash malah jadi terlalu putih, misalnya saat memotret wajah. Dengan Real Tone Flash yang dimiliki oleh Zenfone 3, memotret wajah kini menjadi lebih menyenangkan karena hasilnya nampak lebih alami. Ini dimungkinkan karena adanya dual led flash alias dua lampu flash yang berbeda warna, keduanya saling menyeimbangkan.

8. Manual Mode

Anda ingin tantangan memotret yang lebih menggairahkan? Gunakan mode manual. Mode ini akan melatih ketrampilan fotografi Anda sehingga lebih terasah. Pengaturan yang tersedia antara lain adalah nilai ISO, white balance, dan mengatur fokus.

9. Slow Speed

Item ini masih berhubungan dengan item sebelumnya. Slow speed alias pengaturan bukaan rana dengan rentang waktu besar tersedia pada mode manual Zenfone 3. Nilai maksimal yang tersedia adalah 32 detik sehingga Anda bisa mengambil foto dengan efek long exposure.

Zenfone 3 Long Exposure

10. Low Light

Ingin mengambil foto dalam kondisi agak gelap namun ingin mempertahankan “kegelapan” tersebut? Jangan gunakan lampu flash namun gunakan mode low light. Mode low light mampu meningkatkan intensitas cahaya pada hasil foto hingga 400%. Mode low light di Zenfone 3 telah mengalami kemajuan cukup pesat dibandingkan dengan Zenfone generasi sebelumnya.

11. Layar

Apalah artinya kamera yang bagus jika ponsel itu sendiri tidak mampu melihat hasilnya dengan bagus pula. Karena itu ASUS memperlengkapi Zenfone 3 dengan layar beresolusi Full HD alias 1920 x 1080. Selain memberikan detail gambar yang tajam, layar tersebut juga tetap jelas dilihat di bawah terik matahari berkat kecerahan 600 nits yang dimilikinya.

12. Aplikasi Kamera

Selain menyediakan mode manual, ASUS tetap menyediakan berbagai mode lainnya pada aplikasi yang digunakan untuk memotret. Ini sangat bermanfaat bagi yang sedang belajar memotret maupun memberikan efek secara langsung pada hasil potret tanpa harus ribet mengatur berbagai setingan.

mode-kamera

Aplikasi Kamera Pixel Master 3.0 kini juga dilengkapi dengan 11 filter yang mampu memberikan efek instan pada hasil foto.

13. Desain

Salah satu yang menjadi kekurangan Zenfone sebelum generasi ketiga ini adalah desainnya yang kurang terasa mewah. Zenfone 3 menghapus semua itu dengan memberikan desain yang spektakuler.

The Incredible Zenfone 3

Bagian depan dan belakang dilapisi kaca super kuat Gorilla Glass yang memiliki efek 2.5D (sedikit melengkung di bagian tepi) dan bagian pinggirnya (bezel) menggunakan material aluminium kuat yang biasa digunakan di dunia penerbangan.

The Incredible Zenfone 3

Screen to body ratio cukup besar, mencapai 77.3% sehingga layar nampak luas.

14. Otak Pintar

Zenfone 3 tidak hanya jago fotografi namun juga jago di bidang lain berkat otaknya yang pintar. Dapur pacu Zenfone 3 diperkuat dengan prosesor Snapdragon 625 64bit 2.0 GHz serta pengolah grafis Adreno 560.

Tak heran berbagai aplikasi Android lancar-lancar saja dijalankan di Zenfone 3 tanpa keluhan lag atau panas.

15. Daya Efisien

Selain pintar, prosesor Snapdragon 625 juga hemat daya. Ketika saya bandingkan dengan Zenfone 2 yang notabene baterainya lebih besar, ternyata Zenfone 3 justru lebih irit. Jadi baterai berkapasitas kecil pasti boros itu mitos karena harus dilihat juga efisiensi prosesornya.

16. 4G + 3G

Zenfone 3 termasuk ponsel langka yang saat satu SIM masuk ke jaringan 4G, SIM yang lain bisa berada di jaringan 3G. Umumnya, saat satu SIM berada di jaringan 4G, SIM yang satunya akan terkunci di jaringan 2G. Menarik bukan?

Jadi bila SIM 1 Anda gunakan sebagai paket data dan beroperasi di 4G, SIM 2 bisa bertelepon ria di jaringan 3G yang tentunya lebih lega dan cepat dibandingkan jaringan 2G.

17. Audio

Desain speaker Zenfone 3 mengalami peningkatan cukup signifikan dibandingkan dengan Zenfone sebelumnya. Dengan desain baru ini, terdapat 5 magnet chamber yang menghasilkan kinerja audio 40% lebih baik. Saya sempat membandingkan dengan Zenfone 2 dan ternyata memang nampak nyata peningkatannya.

Selain itu, saat digunakan untuk menelepon, teknologi NoiseZero Talk akan menihilkan suara latar belakang yang berisik, sehingga suara Anda bisa didengar oleh lawan bicara dengan lebih jelas.

18. 4K Video Recording

Tidak banyak ponsel yang memiliki kemampuan rekam video hingga 4K. Umumnya hanya ponsel kelas premium yang harganya jauh lebih mahal daripada Zenfone 3. Padahal Zenfone 3 sudah memilikinya. Saat menggunakan resolusi full HD, Zenfone 3 mampu merekam hingga 60fps, nyaris 2 kali lipat kompetitornya.

19. Stabilizer Video

Mirip dengan stabilizer gambar, stabilizer video juga berfungsi mengurangi guncangan saat merekam video. Stabilizer video ini bekerja secara elektronik, memiliki 3 sumbu (axis) dan mampu mengkompensasi gerakan pada 6 arah. Dengan demikian video yang diambil saat naik mobil misalnya, akan tetap nampak stabil.

20. ZenUI 3.0

ZenUI 3.0 merupakan antarmuka Android khusus Zenfone 3. Zenfone 3.0 tampil lebih cantik dibandingkan sebelumnya dan yang terpenting, bloatware-nya berkurang relatif banyak. Kalaupun dianggap masih ada, bisa dihapus dengan relatif mudah.

Alasan kuat membeli Zenfone 3

ZenUI 3.0 memiliki beberapa aplikasi baru yang tidak ada di versi sebelumnya, salah satunya adalah Mobile Manager yang bisa mengelola Zenfone 3 Anda untuk menjadi lebih efisien.

Alasan kuat membeli Zenfone 3

 

Spesifikasi Lengkap

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap Zenfone 3 ZE520KL

Model ASUS ZenFone 3 ZE520KL
CPU Qualcomm Snapdragon 625 octa core 64-bit 2GHz
GPU Adreno 506 650MHz
RAM 4GB / 3GB RAM
Storage 32GB + 5GB ASUS Webstorage gratis
Micro SD Yes (up to 64GB)
Connectivity WIFI 802.11ac, MiMO Wi-Fi, Bluetooth 4.2, USB Type-C, Fingerprint sensor
Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100, LTE band 1 (2100), 2 (1900), 3 (1800), 5 (850), 8 (900), 26 (850), 28 (700), 39
(1900), 40 (2300), Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat6 300/50 Mbps
SIM Card Micro SIM slot + Nano / MicroSD slot
Navigation GPS, AGPS, GLONASS, Beidou
Display 5.2” FHD 1920 x 1080, Super IPS+ display with 178’ wide view angle, Corning Gorilla Glass 3 display
Video Video Recording MPEG-4 1080 @30fps, Playback MPEG-4 up to 1080p
Battery 3.000 mAh / 2600 mAh non removable
Main Camera 16MP
Sony Exmor RS™ IMX298, f/2.0, Laser/Phase Detection Autofocus, OIS (4-axis), dual-LED (dual tone) flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Front Camera 8MP, f/2.0, 1080p
Sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Audio Dual Microphone dengan Noise Cancellation, ASUS SonicMaster untuk suara lebih jernih dan bass lebih dalam dengan 5 magnet sound chamber
OS Android M with next-gen ZenUI 3.0
Dimension 146.9 x 74 x 7.7mm / 152.6 x 77.4 x 7.7mm
Weight 144g
Warna Sapphire Black, Moonlight White, Shimmer Gold
Kisaran Harga Rp 4.099.000,-
Follow me on social media:

Similar Posts

16 Comments

      1. Lah kalo telpon biasa kan ga perlu pake jaringan 3G sgala rupa kan ya kalo ndak salah lho

        1. Iya betul, telepon biasa memang cuma mensyaratkan jaringan 2G tapi bisa juga memanfaatkan 3G dan jaringan 3G jelas lebih “lega” daripada 2G.

  1. Om saya mau nanya,kenapa asus zenfone max saya kalo di cas sampai penuh 100% pas dihidupkan berkurang jadi 94% begitu terus,pas saya restart kurang lagi jadi 90%,apanya yg salah ya om?

    1. Mohon maaf karena kesibukan yang padat, saya baru sempat menanggapi sekarang.
      Coba firmwarenya diupdate dulu, ada firmware versi tertentu yg agak bermasalah dengan display persentase baterai.

  2. Om saya mau nanya,kenapa asus zenfone max saya kalo di cas sampai penuh 100% pas dihidupkan berkurang jadi 94% begitu terus,pas saya restart kurang lagi jadi 90%,apanya yg salah ya om? Kejadian pertama gara2 waktu hp saya baterainya tinggal 19% saya matikan untuk di cas tapi malah tidak bisa dihidupkan dan di cas saya bawa ke konter katanya tidak apa2 tapi malah jadi kaya gini

  3. Om mau tanya nih asus max saya (gak pake 3 wkwkw) itu baru setengah hari d gengaman tapi banyak hal buruk yg terjadi pertama hp lelet tp sekarang udh lumayan pas stelah d update firmware , kedua layar suka geser2 sendiri padahal saya gak pencet ataupun geser dan hal itu terjadi saat buka aplikasi maupun hal lain seperti sedang berkirim mengetik pesan tiba2 masuk k setting dan sekarangpun lg ngetik malah ng zoom sendiri dll. Mohon bantuanya om hal sekecil apapun sangat berharga masalahnya ini hp baru bukan hp yang sudah bertahun tahun dengan aplikasi yg membludak.

    1. Mohon maaf karena kesibukan yang padat, saya baru sempat menanggapi sekarang.
      Kalau soal layar yang geser2 sendiri, nampaknya ada kerusakan di LCD. Jika masih garansi, sebaiknya dibawa ke service center saja.
      Kalau sudah tidak garansi, barangkali bisa coba ke service non resmi lalu minta dibersihkan dulu bagian dalamnya, siapa tahu menolong. Kalau tidak bisa ya berarti memang kena LCD-nya, mau tidak mau harus ganti.

  4. Om tq buat assistnya akhirnya beli ze3520kl.susah nyari yg warna emas dan item.akhirnya pke warna putih…
    Cpu&memnya asik bisa switch antar aplikasi bisa. Cepat….ct capture gambar ccctv dan sgr kirim ke wa dan email….skrg bisa loncat antar aplikasi dgn cepat sesuatu yg mustahil dilakukan p780…
    Sensor sidik jarinya asoy..buat buka kunci ga kelamaan…paling lama klo salah jari xixixixi
    Kamera asik bgt yg yahuud ..kita bisa akses kamera wlu phone terkunci…jadi klo ada moment kita bisa menembak lebih cepat dari bayangan kita sendiri ,,(lebay)
    4g sim*pti bnr bnr ngebut …browsing serasa gunain indihome..
    Tx Om buat nasehatnya…

Leave a Reply

Your email address will not be published.