Ngeblog Itu Masih Asyik Kok – Menulis itu baik. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan melalui menulis.

Menulis melatih orang untuk mengemukakan pemikirannya secara teratur sekaligus pada akhirnya akan membuat kemampuan berbahasanya meningkat.

Bagi orang tertentu, menulis juga merupakan sebuah stress release, melepaskan diri dari ketegangan yang menekan.

Salah satu media yang paling mudah digunakan untuk menulis adalah blog. Menulis di blog tidak membutuhkan seleksi, tulisanmu sudah pasti bakal dimuat. (Ya, blogmu sendiri khan, hehe)

Dengan sedikit usaha, tulisanmu bakal bisa dibaca oleh banyak orang.

Malah jika tulisan kamu benar-benar bagus, potensi untuk menjadi terkenal melalui blog sangat besar. Pada tahun 2006-2008, banyak blogger yang sudah membuktikannya. Mulai dari bukan siapa-siapa, berkat tulisannya di blog kini menjadi selebriti.

Sayangnya, munculnya platform media sosial seperti Twitter dan Facebook perlahan-lahan “membunuh” semangat menulis di blog.

Menulisnya sih masih tetap, tapi sekarang berganti di media sosial.

Keuntungan menulis di media sosial adalah lebih cepat dan lebih interaktif. Umumnya yang ditulis hanya tulisan pendek dan sifatnya spontan, sehingga tidak perlu terlalu banyak berpikir.

Tanggapan dari para pembaca juga sifatnya spontan dan bisa langsung berbalas-balasan.

Namun dengan model penulisan seperti ini, sebenarnya tidak meningkatkan kemampuan berbahasa secara signifikan. Juga karena spontan, keteraturan pola pikir sedikit diabaikan.

Baca Juga
Honeypot, Gantinya Captcha

Selain karena faktor munculnya media sosial, kesibukan pekerjaan juga turut andil dalam mengendurkan semangat menulis di blog.

Mereka yang tadinya mahasiswa, kini sudah harus bekerja, sebagian kemudian menikah, punya anak, sehingga tentunya kesibukan bertambah. Yang sudah punya anak ketika mulai ngeblog juga anaknya tentu bertumbuh besar dan membutuhkan perhatian lebih.

Untunglah masih ada blogger “lawas” yang masih aktif menulis walaupun mungkin frekuensinya menurun dan bermunculan pula blogger-blogger baru.

Diharapkan dengan masih ada banyak blogger ini, bertebaran pula konten positif di internet.

Ngeblog itu sebenarnya masih asyik kok. Bahkan tentu sudah pada tahu kan jika bukan hanya popularitas yang bisa diraih melalui ngeblog, melainkan juga materi?

Di satu sisi, popularitas memang bisa mendatangkan materi, misalnya setelah kita populer sebagai blogger, kita bisa dilirik produsen berbagai macam produk (tergantung dari tema blog kita) untuk menulis tentang produk mereka di blog kita. Endorse gitu lah bahasa kerennya.

Dengan menulis ulasan produk tertentu di blog kita, tentu kita akan dibayar. Minimal dengan produk yang kita ulas tersebut atau bisa juga dengan sejumlah uang.

Saya contohnya, sesekali mendapatkan smartphone baru untuk diulas, meskipun sebenarnya sebagian besar smartphone yang saya ulas di blog ini adalah pinjaman, hehe.

Baca Juga
[Update] Rekaman Talkshow Eltira FM Jogja

Ya gapapa, toh dengan demikian personal branding kita juga akan naik dan pada akhirnya mendatangkan kesempatan yang lebih besar lagi.

Sekali lagi saya sendiri sebagai contohnya. Bukan cuma dapat smartphone tapi juga bisa bagi-bagi smartphone melalui sebuah lomba.

Nah, supaya bisa meraih hal-hal seperti yang saya contohkan tersebut, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

 

Menggunakan Domain Sendiri

Yang pertama adalah ngeblog pada blog dengan domain kita sendiri, bukan ngontrak pada layanan gratisan seperti wordpress.com atau blogspot.com.

Dengan menggunakan domain sendiri, blogger akan nampak lebih serius dan profesional. Ada berbagai parameter penilaian juga lebih diutamakan jika menggunakan domain sendiri, misalnya kemudahan pencarian melalui search engine.

Penggunaan nama domain sendiri juga membuat alamat blog kita lebih mudah diingat oleh orang lain.

Pada akhirnya berbagai kelebihan domain sendiri tersebut membuat para produsen bisa melirik blog kita dan berpotensi memasang iklan atau content placement.

 

Menggunakan Hosting Sendiri

Jika kamu memiliki nama domain sendiri, bisa saja hostingnya masih menggunakan layanan WordPress atau Blogspot. Tentu hal ini tidak salah.

Namun ada baiknya jika selain menggunakan nama domain sendiri, sekalian juga menggunakan hosting sendiri.

Baca Juga
Posting Dengan Flock

Pasalnya, dengan menggunakan hosting sendiri kamu lebih bebas memasang aplikasi (atau plugin) apapun juga pada blogmu sehingga blog tersebut menjadi lebih mudah ditemukan oleh search engine, tampil lebih cantik, manajemen lebih mudah, dan berbagai keuntungan lainnya.

Salah satu jasa hosting yang patut untuk dicoba adalah Hostinger Indonesia.

 

Memilih Paket Hosting

Bagi pemula, ada baiknya memilih paket hosting yang tidak terlalu besar dulu, baik dari sisi ruang simpan maupun performa, karena sudah jelas bakal berimbas pada biaya sewa hosting yang harus dikeluarkan.

Untuk Hostinger Indonesia, paket yang disediakan bisa dilihat di hostinger.co.id/web-hosting.

web hosting Hostinger

Pada promonya tertulis bahwa domain akan diberikan secara gratis, jadi pada dasarnya kamu cuma tinggal memilih paket hosting saja.

Jika masih benar-benar pemula, artinya belum pernah ngeblog sebelumnya, ada baiknya mencoba paket terkecil dulu, seperti Web Hosting Single.

Jika sudah lumayan berpengalaman, bisa mengambil paket di atasnya seperti Web Hosting Premium atau bahkan Web Hosting Bisnis.

Jika masih bingung dengan pengelolaan hosting, tak perlu khawatir karena Hostinger Indonesia menyediakan banyak tutorial dengan mengklik menu Tutorial di bagian atas.

Selain itu, support 24/7 pun siap membantu kamu.

Follow me on social media:

2 Comments

Zam · 27/09/2018 at 9:49 am

So far Hostinger ini oke kok. aku pake buat salah satu project mainan..

    Oom Yahya · 27/09/2018 at 10:58 am

    Sip, makasih testimoninya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.