Rumor itu akhirnya menjadi kenyataan. Posterous bakal segera menutup layanannya. (doh) Sudah pasti bakal banyak yang kecewa. Tapi ya mau gimana lagi, wong itu layanan gratisan, kita tidak bisa menuntut apa-apa.

Nah, jangan terlalu larut dalam kekecewaan. Post di Posterous bisa dipindahkan ke WordPress. Meski platform Posterous memiliki sensasi yang beda dengan WordPress, setidaknya lumayan lah, posting tidak hilang.

Bagaimana caranya memindahkan Posterous ke WordPress? Tidak sulit kok.

Mula-mula, buat backup dulu terhadap post yang ada di Posterous. Caranya adalah login dulu ke Posterous, lalu klik Manage (optional bila sudah masuk ke Dashboard Posterous) dan selanjutnya klik tombol Backup > Request Backup. Nantinya kamu akan dapat informasi via email tentang lokasi download backup post tersebut. Atau kalau lama gak muncul juga via email, buka lagi Dashboard Posterous, siapa tahu tombol Backup sekarang sudah berubah jadi tombol Download.

Setelah didownload, di dalam file backup tersebut ada satu file bernama wordpress_export_1.xml. File inilah yang nanti digunakan untuk mengkonversi post Posterous ke WordPress.

Sekarang login ke WordPress (bisa self hosted atau pakai layanan WordPress.com). Masuklah ke Dashboard > Tools > Import > Posterous. Klik tombol Choose File lalu pilih file wordpress_export_1.xml tadi. Klik Upload.

Sebelum proses upload dimulai, kamu diminta untuk mengimpor informasi penulis. Nama penulis di Posterous akan dikonversikan ke nama penulis di WordPress. Klik Submit.

Tunggu saja beberapa saat, WordPress akan segera mengkonversi post di Posterous ke WordPress.

Saya sudah mencoba cara di atas dan berhasil memindahkan Posterous saya ke WordPress, tapi bukan di blog ini, blog satunya. :mrgreen:

Bagi yang suka dengan cara posting via email seperti yang dilakukan di Posterous, kamu tetap bisa melakukannya di WordPress. Ikuti petunjuk yang ada di sini.

Selamat memindahkan Posterous ke WordPress, semoga sukses.

Update: ternyata kalau pakai WordPress yang self-hosted malah tidak bisa! (doh)

Follow me on social media:

4 Comments

sandalian · 23/02/2013 at 10:23 am

Untuk yang self hosted bisa menggunakan plugin Posterous Importer Mas.

Nanti diminta username dan password Posterous dan akan langsung terdownload ke server hosting.

Oom Yahya · 23/02/2013 at 10:25 am

Wah, makasih infonya, Ndal :D

maharrani · 30/04/2013 at 6:51 am

Iya aku lagi coba nih pake plugin itu. Udah 20 menit nih belum selesai importing *deg degan*

Posterous will turn off on April 30 | dudu.WEB.ID · 18/02/2013 at 7:25 am

[…] ada caranya memindahkan konten dari posterous ke wordpress (tapi bukan yang self hosted) di sini. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.